10 Inspirasi Model Cincin Tunangan Favorit Wanita

Komentar

cincin tunangan via tanya.asmaraku.com

Bingung pilih cincin tunangan? Inilah 10 inspirasi model cincin tunangan yang menjadi favorit wanita. Penasaran? Yuk buruan simak artikelnya.

Saat hubungan sudah semakin serius, pasangan pun bersiap menentukan langkah selanjutnya. Ada yang memilih bertunangan atau malah langsung menikah. Mereka yang memilih bertunangan dulu, bisa jadi bertanya-tanya, bagaimana ya model cincin tunangan yang dia suka?

Ketika acara tunangan, pasangan sama-sama menyematkan cincin tunangan yang disaksikan oleh masing-masing keluarga. Ada pula cincin tunangan yang hanya dikenakan oleh wanita saja.

Cincin tunangan ini memiliki makna sebagai simbol keterikatan atau komitmen untuk tetap bersama-sama hingga hari pernikahan dan untuk menunjukkan pada orang lain bahwa dirinya tak lama lagi akan menikah.

Baca Juga : 10 Isi Hantaran Pernikahan yang Unik dan Berkesan

Benarkah 10 Model Cincin Tunangan Ini Favorit Wanita? 

Tunangan menjadi langkah awal yang sakral sebelum menuju pelaminan. Momen yang paling membahagiakan ini ditandai dengan menyematkan cincin di jari manis wanita. Cincin tunangan memang menjadi simbol komitmen untuk mengikat janji dengan pasangan.

Setiap wanita tentu menginginkan cincin tunangan yang sesuai dengan impiannya. Beragam model dan bentuk cincin tunangan pun banyak yang mencuri perhatian. Sebelum Anda memilih sebuah cincin tunangan, tampaknya Anda perlu melihat beberapa model cincin tunangan yang menjadi idaman wanita, berikut ini penjelasannya.

1. Cincin Solitaire

ilustrasi cincin solitaire via indonesian.alibaba.com

Cincin Solitaire merupakan cincin yang hanya menggunakan mata berlian. Cincin solitaire ini menjadi salah satu model cincin yang paling umum digunakan untuk cincin kawin atau pun cincin tunangan. Nah biasanya, bentuk berlian berikut inilah yang paling sering dipilih untuk cincin solitaire:

a. Round Cut
Round cut merupakan bentuk berlian yang paling populer diantara bentuk lainnya. Potongan jenis ini mampu memantulkan cahaya dengan sempurna sehingga  memaksimalkan kilau pada berlian.

b. Princess Cut
Princess cut adalah berlian  dengan potongan persegi. Bentuk berlian tersebut merupakan bentuk favorit kedua setelah bentuk round.

c. Emerald Cut
Emerald mungkin menjadi potongan bentuk berlian paling unik yang pernah ada. Hanya 3% dari berlian di dunia adalah bentuk emerald. Tampilannya yang vintage dan berbeda terlihat begitu cantik saat dijadikan cincin tunangan.

d. Oval Cut
Bentuk berlian oval hampir mirip dengan bentuk berlian round, tapi lebih memanjang. Jika pasangan Anda memiliki tangan yang kecil atau jari yang pendek cocok memilih cincin tunangan dengan bentuk berlian ini. Pasalnya bentuk oval mampu memberi ilusi jari lebih panjang.

e. Marquise Cut
Bentuk berlian ini menyerupai bentuk perahu dengan kedua ujungnya dibuat runcing, tapi ada juga yang menganggap bentuk berlian ini menyerupai bentuk bibir saat tersenyum. Anda yang ingin tampil mewah bisa mengenakan bentuk berlian ini, sebab potongan ini akan memberi ilusi ukuran berlian yang lebih besar.

f. Heart Cut
Potongan berlian berbentuk hati ini pun menjadi salah satu yang popular dijadikan cincin kawin ataupun cincin tunangan. Sama seperti tampilannya yang terlihat manis, Anda bisa memilih cincin berlian  bentuk hati untuk mewakili isi hati Anda.

2. Cincin Three Stone

Selain cincin dengan berlian tunggal, cincin dengan tiga mata berlian atau biasa disebut three stonering juga banyak disukai para wanita. Jumlah berlian ini ternyata memiliki makna tersendiri, lho.

Tiga batu berlian ini dianggap sebagai representasi dari masa lalu, masa kini, dan masa depan hubungan antara Anda dan pasangan. Selain karena kilaunya yang cantik, makna terselubung inilah yang membuat para wanita memilih model cincin tunangan yang satu ini.

3. Cincin Lotus Carat

Cincin tunangan dengan teknik pemasangan berlian Lotus Carat ternyata juga menjadi pilihan para wanita. Apa itu Lotus Carat?

Lotus Carat merupakan model rangka perhiasan yang menyatukan beberapa batu berlian, yaitu satu berlian diletakkan di tengah dan 6 atau 8 berlian lain dengan ukuran berbeda diletakkan mengelilingi berlian pusat tersebut.

4. Cincin Micro Setting

ilustrasi cincin micro setting via tokopedia.com

Mungkin banyak dari kita yang belum dekat dengan istilah Micro Setting. Padahal, cincin dengan teknik pemasangan berlian Micro Setting sering kita lihat pada berbagai model cincin, lho. Mungkin cincin tunangan Anda salah satunya.

Perhiasan berlian yang menggunakan metode Micro Setting adalah teknik pemasangan batu berlian pada rangka perhiasan dengan cara menyatukan beberapa berlian dengan ukuran yang berbeda-beda.

Cincin micro setting bisa menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan berlian terkesan lebih besar. Selain cantik, harganya pun terjangkau sehingga tak jarang banyak  pasangan terpesona dengan model cincin satu ini.

5. Cincin Halo

Halo berarti lingkaran cahaya. Sesuai artinya, model cincin ini  yaitu beberapa batu berlian berukuran kecil disusun melingkari batu permata di tengah cincin. Model cincin ini juga menjadi favorit wanita karena terlihat begitu berkilau, juga memberikan ilusi lebih besar.

Para selebriti juga menyukai model cincin Halo ini, lho. Sebut saja aktris cantik Amy Adams yang memilih cincin Halo sebagai cincin tunangannya.

6. Cincin Eternity

Cincin berlian dengan model eternity bisa Anda pilih sebagai cincin tunangan karena sangat cocok digunakan pada momen apapun. Bentuk cincin yang ramping serta batu berlian  yang melekat tersusun rapi pada rangka cincin membuat wanita jatuh hati.

Selain itu, batu berlian yang melekat pada rangka cincin membuat wanita merasa aman saat menggunakannya tanpa khawatir berlian terlepas. Selain aman, dibalik keindahannya cincin eternity memiliki makna khusus, yaitu sebagai cincin yang tak terbatas.

7. Cincin Berlian Fancy Color

ilustrasi cincin berlian fancy color via talore-diamonds.com

Jika Anda ingin memberikan sentuhan yang berbeda untuk cincin tunangan. Cincin berlian fancy color bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berlian fancy color bisa ditemukan dengan berbagai warna, seperti merah muda/ pink, kuning, cokelat, ataupun merah. Sayangnya, beberapa berlian fancy color sangatlah langka dan memiliki harga yang tinggi.

8. Cincin Batu Safir

Awal munculnya trend cincin tunangan ini dimulai saat Pangeran William melamar Kate Middleton dengan memberikan cincin bertahta safir biru sebesar 18 karat. Selain berlian, tak ada salahnya Anda memilih cincin tunangan dari batu permata safir.

Batu permata safir merupakan salah satu jenis batu permata yang bisa Anda gunakan untuk cincin tunangan Anda. Warnanya yang cantik membuat siapapun terlena dengan kilauannya.

9. Cincin Mutiara

Walaupun termasuk bebatuan yang lunak dan mudah rusak, ternyata para wanita tetap menjadikan cincin tunangan mutiara sebagai pilihan mereka. Mutiara termasuk dalam kategori batu permata organik.

Cincin mutiara ini cocok untuk Anda yang memiliki keberanian lebih bereksperimen dengan perhiasan. Sebelum Anda memilih salah satu jenis perhiasan mutiara, ada baiknya untuk mengetahui informasi penting atau fakta terkait dengan mutiara.

10. Cincin Custom

Ingin mendesain cincin tunangan sendiri? Anda bisa memberikan sentuhan personal sesuai dengan keinginan  dengan membuat cincin tunangan custom, lho. Jadi, cincin tunangan Anda akan lebih eksklusif dibandingkan dengan cincin lain.

Anda akan bebas berekspresi sesuai dengan keinginan. Akan tetapi, hati-hati, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat cincin custom.

Baca Juga : 10 Contoh Undangan Pernikahan yang Bisa Jadi Referensimu, Ia Kamu yang Masih Jomblo

Tips Mudah Memilih Cincin Tunangan

ilustrasi cincin tunangan via tokopedia.com

Memilih cincin tunangan ternyata tak mudah, terlebih bagi seorang pria. Mereka harus mengetahui dengan benar apa yang diinginkan oleh wanitanya. Ditambah juga dengan desain cincin yang semakin beragam. Ada baiknya Anda mengikuti panduan memilih cincin tunangan untuk pria.

Pertama, Anda harus mengetahui logam apa yang akan Anda gunakan dan pasangan Anda suka untuk model cincin tunangan. Anda bisa memilih jenis logam yang akan digunakan pada cincin tunangan, seperti logam emas kuning, emas putih, emas pink, ataupun platinum.

Kedua, pilih bentuk batu permata yang diinginkan. Apakah berlian atau batu safir? Umumnya, cincin tunangan menggunakan batu berlian sebagai permatanya. Sesuaikan juga bentuk berlian sesuai keinginan dan karakter pasangan Anda. Pasalnya, tiap bentuk berlian bisa menggambarkan kepribadian seseorang.

Langkah terakhir, pilih ukuran berlian yang tepat. Jangan lupa untuk menyesuaikan bentuk berlian dengan budget Anda ya. Semakin besar batu berlian yang dipakai maka harganya pun akan semakin mahal. Jika Anda sudah tak sabar ingin mendapatkan cincin tunangan yang sempurna. Kamu bisa segera pergi ke toko perhiasan untuk segera membelinya.

Baca Juga : Tips Membuat Persiapan Pernikahan, Jangan Sampai Acaramu Memalukan atau Parahnya Gagal

Demikian informasi mengenai 10 inspirasi model cincin tunangan favorit wanita yang bisa membantumu. Semoga bermanfaat dan lancar acara tunangan Anda. Terima kasih.
Top