Cegah Anak Makan Jajanan ini, Karena Bahayanya Bisa Mendatangkan Penyakit Sangat Ganas

Komentar
Bisa dianggap sepele, tapi bahayanya sangat besar

Anak-anak memang identik dengan kebiasaan beli jajan. Hal itu sudah dianggap lumrah oleh kebanyakan orang tua. Akan tetapi, juga perlu diperhatikan oleh orang tua jajanan yang di beli oleh anak. Bisa saja malah mendatakan penyakit yang sangat berbahaya.

Image from Serumpi.com

Kabar duka tengah berhembus dari artis cantik Denada lantaran putri kecilnya, Shakira Aurum kini harus dirawat di salah satu rumah sakit di Singapura untuk menjalani perawatan intensif penyakit leukimia yang dideritanya.

Leukimia memang bukan penyakit baru di Indonesia, namun ketika penyakit mematikan tersebut menyerang anak-anak sungguh sangatlah memukul hati bagi para orangtua.

Seperti yang dilansir dari health.com, Kabar dari artis cantik Denada tersebut  tentu saja ini jadi berita mengejutkan, sekaligus jadi peringatan kita semua.

Pasalnya, penyakit serius ini bisa disebabkan oleh makanan. Lebih spesifik, makanan ini biasa jadi jajanan sehari-hari anak-anak. Simak info lebih lanjutnya di bawah ini.

Baca juga : Ternyata, Minum Langsung dari Dispenser Dapat Menimbulkan Penyakit Berbahaya

Salah satu makanan yang dapat memicu penyakit leukimia adalah aneka daging olahan. Banyak aneka daging olahan yang beredar di pasaran.

Misalnya saja sosis dengan aneka jenis, atau daging patty pada burger. Meski berakibat kurang baik bagi tubuh, makanan ini justru banyak digemari oleh anak-anak sebagai jajanan mereka.

Berdasarkan penelitian salah satu rumah sakit terbesar di Meksiko, anak-anak yang mengonsumsi produk daging olahan secara reguler akan rentan terkena leukimia 74% lebih besar daripada anak-anak lain yang mengonsumsi sayur dan tofu.


Pasalnya, daging olahan sebagian besar mengandung sodium nitrit dan nitrat. Dua bahan tersebut biasanya digunakan untuk preservatif sehingga makanan terlihat enak untuk dimakan.

Pada tahun 2009, sebuah penelitian menemukan bahwa 2 bahan tambahan ini ada erat kaitannya sebagai penyebab berkembangnya sel kanker, khususnya leukimia.

Baca juga : Terungkap, 9 Kandungan Ajaib Tauge yang Jarang Orang Ketahui

Sebenarnya, kedua bahan ini penting untuk ditambahkan karena juga bisa menurunkan resiko penyakit botulisme, yakni kondisi keracunan serius namun jarang terjadi.

Namun ketika seseorang mengkosumsi dua jenis makanan tersebut dalam jumlah yang cukup banyak, bahan tambahan ini bisa berbalik menjadi penyakit, salah satunya mengaktifkan sel kanker.

Hal ini terjadi lantaran sebenarnya di dalam tubuh nitrit bisa mengkonversi diri menjadi nitrosamin, yang merupakan bahan kimia karsinogenik atau pembentuk kanker.

Nah, mulai dari sekarang orang tua harus lebih aktiv dan teliti dalam mengawasi jajanan anak agar terhindar dari penyakit yang tak inginkan. semoga bermanfaat..

Top