Cara Mengobati Radang Tenggorokan Sebelum Terserang

Komentar

cara mengobati radang tenggorokan via rawhoneymadumurnimajalengka.blogspot.com

Sebelum anda terkena radang tenggorokan ada baikmya anda mengetahui cara mengoati radang tenggorokan. Inilah cara mengobati radang tenggorokan yang dapat anda buat dengan bahan sederhana.

Obat sakit tenggorokan di apotek tidak banyak membantu? Selama ini pengobatan sakit tenggorokan sering menggunakan antibiotik meski pada sebagian besar penyebabnya adalah virus. Coba obat sakit tenggorokan alami saja.

Nenek moyang kita bahkan punya cara mengobati radang tenggorokan dengan resep-resep herbal yang bertahan dalam hitungan abad. Sakit radang tenggorokan ini bisa dialami di segala usia, radang tenggorokan biasanya terjadi pada anak.

Sebelum mengalaminya, yuk kenali cara mengobati radang tenggorokan. Cara mengobati radang tenggorokan alami berikut bisa dibuat sendiri dengan mudah.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Asam Lambung Dengan Jahe dan Mencegah Agar Tak Datang Lagi

Sakit tenggorokan dapat menjadi pertanda awal dari pilek dan flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan.

Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan dapat benar-benar mengganggu. Anda mungkin tergoda untuk segera mengunjungi dokter, tetapi beberapa tindakan ternyata dapat Anda lakukan untuk meredakannya.

Bisa dialami di segala usia, radang tenggorokan biasanya terjadi pada anak-anak usia 5 hingga 15 tahun. Kondisi ini dapat disertai dengan demam, sakit kepala juga sulit menelan. Karenanya, kenali cara mengatasi radang tenggorokan berikut!

Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang menyebabkan sakit dan bengkak di tenggorokan. Kelompok bakteri Streptococcus umumnya menjadi penyebab infeksi ini.

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami sakit tenggorokan?

Penyebab sakit tenggorokan bisa bermacam-macam, ada yang disebabkan karena infeksi bakteri, virus, iritasi, luka atau sebagai gejala dari penyakit lain yang lebih berbahaya.

Sangat penting bagi Anda mengenali sakit tenggorokan yang sedang dialami itu apakah hanya sakit tenggorokan biasa atau malah gejala dari penyakit yang berbahaya.

Apakah sakit tenggorokan bisa disembuhkan dengan cara alami menggunakan bahan-bahan tradisional?

Ya bisa. Sakit tenggorokan ringan akibat iritasi atau infeksi kuman yang tidak terlalu parah bisa diobati dengan bahan alami.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Alami

Madu + Jahe

Perpaduan madu dan jahe cukup ampuh sebagai pertolongan pertama dalam cara mengobati radang tenggorokan.

  • Ambil beberapa ruas jahe secukupnya
  • Potong-potong lalu dimemarkan/ digeprek
  • Sedu dengan air panas
  • Tambahkan 2-3 sendok madu murni asli
  • Minum selagi hangat-hangat kuku

Madu + Jeruk Nipis atau Lemon

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami bisa juga dilakukan dengan menggunakan ramuan madu dicampur dengan jeruk nipis atau lemon.
  • Siapkan 1 buah jeruk nipis atau lemon, dan madu murni asli
  • Peras lemon, ambil sarinya
  • Masukkan ke dalam gelas kemudian sedu dengan air panas
  • Tambahkan 2 sendok madu murni asli
  • Aduk hingga larut
  • Minum selagi hangat

Madu + Teh

Segelas teh hangat dicampur dengan 2 sendok madu juga bisa menjadi cara mengobati radang tenggorokan. Minuman ini bisa jadi alternatif cara mengobati radang tenggorokan tanpa harus membeli obat-obatan.

Madu + Belimbing wuluh

Cara mengobati radang tenggorokan selanjutnya madu juga bisa dicampur dengan belimbing wuluh untuk mengobati tenggorokan yang perih dan meradang.

Untuk membuat ramuan madu dan belimbing wuluh untuk tenggorokan caranya cukup mudah. Rebus 10 buah belimbing wuluh dalam 5 gelas air, biarkan mendidih dan tersisa 3 gelas.

Rebusan ini bisa digunakan untuk 1 hari dengan campuran 2 sendok madu murni asli setiap 1 gelas yang akan diminum.

Air Hangat + Garam

Cara mengobati radang tenggorokan alami yang bisa dibuat sendiri yang kedua adalah air hangat dan garam. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan 1 gelas air hangat kemudian masukkan 1 sendok teh garam. Aduk hingga garam larut.

Bawang Putih

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami, bawang putih bisa digunakan.

Caranya adalah dengan mengunyah bawang putih mentah sebanyak satu siung. Saat dikunyah mentah-mentah bawang putih akan melepaskan senyawa antibakteri dan antijamur yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi pada mulut dan tenggorokan.

Lemon atau jeruk nipis

Cara mengobati radang tenggorokan  yang bisa dibuat sendiri selanjutnya adalah lemon dan jeruk nipis.
Untuk meringankan sakit tenggorokan caranya:
  • Siapakan 1 buah lemon atau jeruk nipis
  • Ambil sarinya
  • Campurkan dengan segelas air hangat
  • Gunakan untuk berkumur, tahan beberapa detik dimulut
  • Setelah itu boleh dimuntahkan atau ditelan jika tahan dengan asamnya

Permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan adalah cara mengobati radang tenggorokan yang instan dan paling praktis. Disaat Anda sedang dalam perjalanan misalnya, mungkin akan sulit untuk menemukan berbagai bahan alami untuk pengobatan tradisional diatas.

Berkumur baking soda + garam

Berkumur air garam hangat mungkin sudah umum diketahui sebagai alternatif cara mengobati radang tenggorokan  secara alami. Namun ternyata ada satu lagi alternatif bahan yang bisa digunakan yakni baking soda.

Campurkan segelas air hangat dengan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/8 sendok teh garam, aduk hingga larut.

Nah itulah cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang bisa dilakukan sendiri. Namun jika dengan cara mengobati radang tenggorokan tersebut sakit masih saja muncul, segera periksakan ke dokter. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati! Bila kondisi terlanjur terjadi, penanganan sedini mungkin akan memberikan hasil terbaik!
Top