Bagaimana Sih Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami? Yuk Ikuti Tips Ini!

Komentar

cara menghilangkan keputihan secara alami via hellosehat.com

Mengalami keputihan tentu tidak menyenangkan, apalagi jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Penting bagi wanita untuk memahami keputihan yang dialaminya sehingga menemukan cara menghilangkan keputihan yang tepat. Berikut adalah cara menghilangkan keputihan secara alami yang wajib diketahui.

Cara menghilangkan keputihan secara alami sangat banyak ingin diketahui oleh masyarakat saat ini. Keputihan seperti diketahui adalah salah satu permasalahan organ reproduksi wanita yang banyak dialami oleh para wanita.

Keadaan keputihan ini pastinya mengganggu dan tidak baik jika merupakan gejala dari suatu penyakit. Keputihan memang ada yang digolongkan normal dan sehat, namun ada juga keputihan yang tidak sehat, yang harus diobati dengan segera.

Pengobatan terhadap keputihan ini dapat dilakukan dalam berbagai cara. Mulai dari dengan melakukan pengobatan kepada dokter dan mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi keputihan, hingga kepada cara menghilangkan keputihan secara alami .

Bahan-bahan alami sebagai cara untuk mengobati keputihan tentunya menarik untuk diketahui oleh para wanita. Pengobatan dengan bahan alami bersifat fleksibel.

Pengobatan ini bahkan ada dapat siapkan sendiri tanpa biaya yang mahal seperti dengan melakukan perawatan kepada dokter. Anda tentu penasaran apa saja cara menghilangkan keputihan secara alami yang dapat anda lakukan.

Namun, sebelumnya anda perlu mengetahui perbedaan antara keputihan yang normal dan keputihan yang tidak sehat. Pada bagian selanjutnya akan dijelaskan mengenai ciri-ciri keputihan yang harus diwaspadai.

Baca Juga : Bagaimana Proses Menstruasi yang Terjadi Setiap Bulan? Simak Artikel Berikut

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

1. Jaga Kebersihan Vagina

Keputihan sangat berhubungan dengan kondisi kesehatan dan kebersihan pada rongga vagina. Untuk itu menjaga kebersihan juga bisa membantu menghilangkan keputihan secara alami.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci vagina setelah buang air kecil dan besar dengan gerakan dari bagian depan ke belakang. Jika dilakukan terbalik maka kotoran bisa masuk ke bagian liang vagina dan mengganggu keseimbangan pH alami.

Jadi pastikan untuk mencuci bagian ini dengan cara yang benar dan jaga tingkat kelembapan alaminya.

2. Menggunakan Panty Liner

panty liner via ethivalsuperstore.com

Cara mengatasi keputihan yang berbau pada wanita dapat memanfaatkan panty liner. Untuk mengatasi keputihan maka wanita juga bisa menggunakan panty liner.

Pembalut tipis dan nyaman ini akan merubah kondisi pH dalam vagina dan memerangi pertumbuhan bakteri buruk yang berlebihan. Wanita disarankan untuk memilih jenis panty liner yang terbuat dari kapas murni dan bisa membentuk kondisi lingkungan yang nyaman untuk vagina.

Hindari jenis panty liner yang terbuat dari campuran bahan sintetis. Rekomendasi jenis panty liner juga bisa didapatkan dari dokter setelah pemeriksaan. Dokter biasanya merekomendasikan jenis panty liner khusus yang bisa menghentikan keputihan.

3. Makan Yogurt

yogurt via finecooknig.com

Yogurt merupakan makanan yang mengandung sumber probiotik alami yang sangat tinggi. Kandungan bakteri baik dalam yogurt bisa melawan pertumbuhan bakteri jahat di dalam vagina yang menyebabkan keputihan.

Yogurt juga bisa membantu melawan infeksi jamur yang sering terjadi pada vagina. Bahkan yogurt bisa memelihara organ reproduksi dari dalam tubuh.

Untuk menyembuhkan keputihan dengan yogurt maka Anda bisa makan yogurt setiap hari. Ini cara alami yang akan menyeimbangkan kondisi organ reproduksi dari dalam tubuh.

4. Gunakan Rebusan Daun Sirih

rebusan daun sirih via sbelen.wordpress.com

Cara mengatasi keputihan yang gatal dan berbau dengan daun sirih sangat ampuh untuk kesehatan anda.

Jika Anda melihat maka beberapa jenis cairan pencuci vagina terbuat dari daun sirih. Namun cairan yang sudah dicampur dengan bahan kimia menyebabkan racun yang bisa membunuh bakteri baik dalam vagina.

Air rebusan daun sirih yang terbuat dari daun sirih segar bisa membantu membersihkan vagina dan meningkatkan produksi bakteri baik.

Untuk menggunakan cara ini Anda bisa mencoba dengan cara merebus satu atau dua gelas air dengan beberapa lembar daun sirih hingga mendidih. Kemudian saring dan minum airnya selama dua atau tiga kali dalam sehari. Jika dilakukan secara rutin maka bisa menyembuhkan keputihan dengan lebih cepat.

5. Makan Pisang Setiap Hari

pisang via hellosehat.com

Anda juga bisa mengikuti cara menghilangkan keputihan secara alami . Buah pisang menjadi buah yang bisa mengurangi keputihan dengan cara yang alami dan juga menyembuhkan keputihan itu sendiri.

Pisang membantu tubuh mengatasi gangguan reproduksi dengan membantu menyeimbangkan hormon dari dalam tubuh. Untuk menghentikan keputihan dengan pisang Anda bisa mencoba untuk makan pisang selama dua kali sehari.

Pisang juga sangat baik untuk membantu pencernaan yang sehat dan kandungan kalium pisang membantu meningkatkan detak jantung yang sehat.

Cara Mencegah Keputihan

  • Jangan melakukan hubungan seksual secara bebas karena banyak virus, bakteri dan jamur penyebab keputihan yang didapatkan dari hubungan seksual secara bebas.
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran hijau, buah-buahan dan biji-bijian. Makanan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi akibat bakteri maupun jamur.
  • Selalu berusaha untuk menjaga agar daerah di sekitar vagina bersih, kering dan tidak terlalu lembab.
  • Selalu menggunakan jenis pakaian dalam yang mudah menyerap keringat dan tidak panas seperti bahan katun. Bahan katun akan membantu agar vagina menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena infeksi bakteri maupun jamur.
  • Selalu membersihkan vagina baik setelah buang air kecil maupun air besar. Cara membersihkan yang baik adalah dengan gerakan dari depan ke belakang. Jangan salah membersihkan karena jika gerakan salah justru bakteri yang akan masuk ke rongga vagina dan menyebabkan keputihan.
  • Hindari menggunakan pembalut terlalu lama ketika sedang menstruasi. Paling tidak Anda harus segera mengganti pembalut maksimal selama empat jam. Lebih dari itu bisa mengembangkan bakteri pada vagina dan menyebabkan keputihan.
  • Selalu gunakan pembalut yang terbuat dari kapas dan tanpa pewangi ketika sedang menstruasi. Pembalut yang terbuat dari bahan kapas murni akan membantu meminimalisir bakteri dan jamur atau virus penyebab keputihan.
  • Jangan menggunakan bahan cairan kimia untuk berhubunngan seksual seperti pelumas atau cairan vagina.
  • Jangan menggunakan bahan cairan kimia untuk mencuci atau membersihkan vagina.

Keputihan memang akan membuat kondisi yang tidak nyaman dan selalu was-was. Cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengobati keputihan memang sangat banyak. Untuk mendapatkan hasil terbaik memang tidak akan terjadi secara langsung. Namun jika keputihan terjadi dalam waktu yang lama maka harus segera menemui ahli medis untuk mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh. Pemeriksaan akan membantu mengetahui penyebab dan pengobatan sesuai dengan penyebabnya.
Top