Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Komentar

cara mengatasi keputihan secara alami via waktuku.com


Mengalami keputihan tentu tidak menyenangkan, apalagi jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Cara mengatasi keputihan secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan herbal yang dapat diperoleh dengan mudah. Nyatanya, alam telah menyediakan tanaman yang berguna sebagai cara mengatasi keputihan secara alami. Langsung saja simak artikel berikut!

Keputihan memang hal lumrah yang dirasakan oleh semua kaum hawa. Namun jika keputihan terus-menerus dan menyebabkan miss V gatal-gatal dan bau memang nggak banget.

Hal ini dapat menyebabkan rasa percaya diri Anda berkurang karena terus merasa nggak nyaman dan takut orang tahu bahwa Anda bau.

Nah jika ternyata keputihan Anda berbau, bisa jadi itu tanda bahwa keputihan Anda tidak normal. Tentu saja Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini.

Cara mengatasi keputihan secara alami sangat banyak ingin diketahui oleh masyarakat saat ini. Keputihan seperti diketahui adalah salah satu permasalahan organ reproduksi wanita yang banyak dialami oleh para wanita.

Keadaan keputihan ini pastinya mengganggu dan tidak baik jika merupakan gejala dari suatu penyakit. Keputihan memang ada yang digolongkan normal dan sehat, namun ada juga keputihan yang tidak sehat, yang harus diobati dengan segera.

Pengobatan terhadap keputihan ini dapat dilakukan dalam berbagai cara. Mulai dari dengan melakukan pengobatan kepada dokter dan mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi keputihan, hingga kepada cara mengatasi keputihan secara alami.

Baca Juga : Apa Penyebab Keputihan yang Sering Dialami Wanita? Yuk Simak Penjelasannya

Perbedaan Ciri-ciri Keputihan yang Sehat dan Tidak Sehat

Sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya, keputihan yang tidak sehat harus segera diobati. Lalu bagaimana dapat mengetahui apakah keputihan yang anda alami sehat atau tidak sehat. Berikut ini perbedaan ciri-ciri keputihan yang sehat dan tidak sehat.

Keputihan yang tidak normal ditunjukkan dengan rasa nyeri yang muncul di bagian perut bawah.
  • Selain itu, keputihan yang tidak sehat pun ditunjukkan dengan rasa gatal yang muncul di sekitar vagina.
  • Keputihan yang sehat teksturnya seperti gumpalan. Berwarna kekuningan setelah menempel pada pakaian dalam.
  • Sedangkan keputihan yang tidak sehat teksturnya tipis dan basah. Terlihat seperti lendir dan tidak mudah hilang
  • Namun, ada juga keputihan yang teksturnya tipis. Terutama keputihan yang disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi.

Anda bingung bagaimana harus mengatasinya? Ada cara mudah dan murah sebagai pertolongan pertama mengatasi keputihan yang tidak normal yakni dengan cara mengatasi keputihan secara alami.

Nyatanya, alam telah menyediakan tanaman yang berguna sebagai cara mengatasi keputihan secara alami. Langsung saja simak di bawah ini.

Cara mengatasi keputihan secara alami, tradisional, dan cepat pada wanita

1. Kunyit

kunyit via aici.co.id

Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu menghilangkan keputihan membandel pada miss V. Anda hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Lebih jelasnya seperti ini :
  • Kuliti dan bersihkan 2 buah kunyit
  • Parut kunyit
  • Peras sarinya dengan menambahkan air
  • Tambahkan 1 sdm madu
  • Minum 2 kali dalam sehari. Rutin minum perasan kunyit setiap hari agar keputihan segera teratasi.

2. Biji fenugreek

fenugreek via thespicehouse.com

Biji fenugreek mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Biji fenugreek berasal dari tanaman dengan nama yang sama yaitu fenugreek atau bisa juga disebut dengan klabet.Biji fenugreek dapat membantu meningkatan jumlah pH pada miss V Anda.

Caranya adalah dengan merendam 1 sdm biji fenugreek dalam air hangat seharian penuh. Lalu saring airnya kemudian minum. Minum air biji fenugreek secara rutin setiap hari setiap sebelum sarapan.

3. Bawang putih

bawang putih via nakita.grid.id

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan Anda.

Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara menghilangkan keputihan dengan bawang putih.


4. Daun sirih

daun sirih via go-dok.com

Cara mengatasi keputihan secara alami dengan daun sirih juga sudah terkenal. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih. zAt dalam daun sirih juga bersifat sebagai antibakteri dan antijamur.

Caranya pun mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air hanya tinggal setelah. Minum air rebusan daun sirih setiap hari.

5. Daun sambiloto

daun sambiloto via manjadda.com

Daun sambiloto juga dapat menjadi cara mengatasi keputihan secara alami. Caranya sama dengan mengkonsumsi daun sirih. Yaitu dengan merebus daun sambiloto dengan air lalu meminumnya.

Keputihan memang akan membuat kondisi yang tidak nyaman dan selalu was-was. Cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengobati keputihan memang sangat banyak. Untuk mendapatkan hasil terbaik memang tidak akan terjadi secara langsung.

Namun jika keputihan terjadi dalam waktu yang lama maka harus segera menemui ahli medis untuk mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh. Pemeriksaan akan membantu mengetahui penyebab dan pengobatan sesuai dengan penyebabnya.
Top