Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar dalam Islam

Penulis Nadiah Ratna | Ditayangkan 31 Aug 2018

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar dalam Islam

cara mengamalkan ayat seribu dinar via youtube.com

Apakah Anda sudah tahu tentang ayat seribu dinar? 

Ayat seribu dinar adalah ayat yang populer dalam hal doa rezeki atau doa kekayaan. 

Lantas, bagaimana cara mengamalkannya? Yuk simak penjelasannya.

Ayat Ath-Thalaq : 2-3 atau yang dikenal oleh sebagian umat Islam sebagai ayat 1000 dinar memang terkandung pelajaran mengenai pentingnya takwa kepada Allah.

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar dalam Islam

cara mengamalkan ayat seribu dinar © wajibbaca.com

Dimana dalam ayat tersebut, tertera janji Allah bahwasanya Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap cobaan, dan janji bahwasanya Allah akan memberikan rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka, kesemuanya itu ditujukan bagi mereka yang bertakwa kepada Allah.

Baca Juga : Fadilah Istimewa Surah At Talaq

Apa itu Ayat Seribu Dinar?

Mereka mengatakan bahwa ayat seribu dinar adalah ayat kedua dan ketiga dari surat At-Thalaq

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar. dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”

Inilah ayat seribu dinar yang mereka maksudkan. 

Pada ayat tersebut ada janji dari Allah barang siapa yang bertaqwa dengan meninggalkan larangan dan melaksanakan perintah. 

Maka Allah akan menjadikan baginya jalan keluar dari persoalan yang ia hadapi. 

Serta memberikannya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka.

Dalam ayat tersebut juga dijanjikan Allah kepada orang yang bertawakal, bahwa Allah lah yang akan memberinya kecukupan. 

Dan Allah juga memberitakan kepada kita, bahwa Allah pasti mampu untuk melaksanakan apa yang ia tetapkan, dan segala sesuatu telah Allah ukur.

Bacaan Doa atau Ayat Seribu Dinar

"fa i balagna ajalahunna fa amsikhunna bima'rfin au friqhunna bima'rfiw wa asy-hid awai 'adlim mingkum wa aqmusy-syahdata lillh, likum y'au bih mang kna yu`minu billhi wal-yaumil-khir, wa may yattaqillha yaj'al lah makhraj"

Artinya:

"Maka apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya." (QS. At-Talaq:2)

Ibnu Katsir menjelaskan maksud dari doa tersebut, dia berkata: "Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak dia duga."

Kemudian lanjut pada keseluruhan ayat ketiga.

"Wa yarzuq-hu min aiu l yatasib, wa may yatawakkal 'alallhi fa huwa asbuh, innallha bligu amrih, qad ja'alallhu likulli syai`ing qadr"

Artinya:

"dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu." (QS. At-Talaq:3).

Cara Mengamalkan Ayat 1000 Dinar 

Diantara doa rezeki lancar yang diajarkan para ulama adalah melalui wasilah ayat seribu (1000) Dinar. Ayat seribu dinar secara tersurat memang secara terang-terangan menceritakan tentang keterkaitan antara rezeki dan pertolongan Allah dengan takwa. 

Isi ayat Ath-Thalaq : 2-3 adalah sebagai berikut :

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar dalam Islam

ilustrasi ayat seribu dinar via abangjal.blogspot.com

"...Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS Ath-Thalaq : 2-3)

Baca Juga : Keutamaan Doa Seribu Dinar yang Sangat Luar Biasa

Dan diantara sebagian umat Islam tidak sedikit yang menggunakan ayat ini sebagai wasilah untuk membuka atau menarik rezeki dari segala penjuru.

Caranya dengan membaca ayat 1000 dinar dengan jumlah bilangan tertentu pada waktu tertentu. 

Untuk hal yang satu ini ada beberapa ulama yang memberikan cara mengamalkan ayat seribu dinar (ayat Ath-Thalaq : 2-3) yang biasanya bertujuan untuk memudahkan datangnya rezeki.

Namun, datangnya cara mengamalkan ayat seribu dinar ini dengan cara membaca hingga bilangan tertentu memang tidak pernah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. 

Maka hal ini menjadi kontroversi di kalangan umat Islam.

Ada beberapa ulama yang mengatakan amalan ayat seribu dinar tersebut adalah bid'ah menurut pemahaman mereka. 

Namun ada beberapa ulama yang membolehkan cara pengamalan tersebut. 

Perbedaan pandangan ini dikarenakan adanya perbedaan pemahaman mengenai definisi bid'ah itu sendiri.

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar dalam Islam

ilustrasi rezeki via darunnajah.com

Adapun mengenai cara mengamalkan ayat seribu dinar sebagai amalan pembuka pintu rezeki dengan cara membaca ayat tersebut berulang-ulang hingga jumlah bilangan tertentu seperti yang diajarkan oleh beberapa ulama.

Berikut beberapa cara mengamalkan ayat seribu dinar yang berasal dari berbagai sumber. 

Jika ada sebagian umat Islam yang ingin mengamalkannya maka hal tersebut kami kembalikan kepada mereka sesuai pemahaman mereka terhadap bid'ah.

Cara pertama

Bacalah surat Al-Fatihah pada malam pertama dari tiap-tiap bulan kalender Hijriyah (bukan bulan kalender Masehi) sebanyak 1000 kali dan ayat berikut ini :

قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ السَّمَاء تَكُونُ لَنَا عِيداً لِّأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِّنكَ وَارْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ 

"Isa putera Maryam berdoa: "Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama." (QS Al-Maidah : 114)

Selain ayat di atas, Anda juga bisa mengamalkan ayat berikut ini :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

"...Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS Ath-Thalaq : 2-3)

Masing-masing ayat di atas dibaca sebanyak 21 kali, lalu bacalah asma Allah berikut ini sebanyak 10 kali :

Allaahumma innii as-aluka bismika, yaa razzaaqu yaa fattaahu yaa wahhaabu yaa ghaniyyu yaa mughniyyu yaa baasith.

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Mu dengan nama Mu, wahai Yang memberi rezeki, wahai Yang membuka, wahai yang memberi karunia, wahai Yang Maha Kaya, wahai Yang mencukupi, wahai Yang membentangkan".

Kemudian berdoalah kepada Allah sesuai dengan hajatnya.

(Cara diatas kami dapatkan dari buku "Doa-Doa Kunci Rezeki" karangan Ustadz Yusuf Mansur & Amir Kumadin, S.Ag) pada bab "Cara Mendatangkan Rezeki yang Surprise" Dalam bab tersebut Ustad Yusuf Mansur memaparkan ada 5 cara mendatangkan rezeki yang surprise, dan salah satunya adalah dengan cara di atas.

Baca Juga: Bersyukurlah Rezeki Sedikit Tapi Allah Jamin Halal, Karena Banyak yang Tersiksa Rezekinya Sendiri

Cara kedua

Sahabat Ibnu Abbas ra. pernah berkata,

"Siapa yang membaca ayat-ayat ini (Ath-Thalaq : 2-3) di hadapan penguasa penguasa yang ia takuti kezhalimannya, atau ketika terjadi ombak yang ia takut tenggelam, atau ketika berhadapan dengan binatang buas, maka hal itu tidak akan membahayakan sedikitpun"

(Disebutkan As-Suyuthi dalam Kitab Durrul Mantsur)

Di sini dijelaskan bahwa ayat Ath-thalaq bisa digunakan sebagai wasilah untuk mendapat pertolongan Allah saat menghadapi penguasa zholim, atau ketika kita sedang dalam marabahaya.

Cara ketiga

Membaca ayat At-Thalaq 2-3 sebanyak 1000 kali dalam sehari.

Caranya dapat mendawamkan bacaan 1000 kali dalam sekali duduk, atau membaca seusai sholat fardhu 200 kali. 

Jadi dalam 1 hari total jumlah bacaan adalah 1000 kali. Baca dengan ikhlas sambil meresapi maknanya. 

Setelah itu berdoa kepada Allah sesuai apa yang menjadi hajatnya.

Hajat adalah keinginan, permohonan, yang ingin dikabulkan atau berharap untuk dikabulkan, selengkapnya disini (Baca: Hajat Adalah: Pengertian dan Cara Sholat Hajat)

Cara ini lazim diamalkan oleh sebagian mereka yang mengamalkan ayat 1000 dinar. 

Dari para praktisi spiritual biasanya menerangkan ayat-ayat Al-Qur'an mengandung energi positif yang sangat dahsyat. 

Sehingga membaca ayat secara berulang-ulang akan mengakumulasikan energi positif bagi mereka yang membacanya.

Baca jugaKandungan Doa Dalam Surah Al Insyirah, yang Jauh Jadi Dekat, yang Sulit Jadi Mudah

Demikian beberapa cara mengamalkan ayat seribu dinar yang berasal dari beberapa sumber. 

Semoga artikel di atas bermanfaat, mohon maaf jika ada kekurangan ataupun kesalahan.

SHARE ARTIKEL