Cara Membuat Slime Tanpa Lem, Aman Buat Anak-anak Karena Bisa Dimakan

Komentar

cara membuat slime tanpa lem via japanesian.id

Ternyata bahan dasar slime tidak harus slime lho! Inilah cara membuat slime tampa lem yang aman tanpa bahan kimiawi yang membahayakan anak. Ada yang bisa dimakan lho!

Cara membuat mainan yang sedang trend akhir-akhir ini, yaitu trend mainan baru yang bernama slime. Slime memang menyenangkan untuk dimainkan.

Kebanyakan orang membuat slime dengan menggunakan borax dan lem, namun kali ini kita akan mencoba cara buat slime tanpa lem yang bahkan slime tersebut bisa dimakan lho! ara membuat slime tanpa lem dan borax secara mudah, murah dan aman.

Akhir-akhir ini ada trend yang sedang digandrungi oleh kaum millennial yaitu trend mainan baru bernama slime. Slime merupakan mainan unik yang terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan dan biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat.

Slime sendiri sudah ada sejak lama, namun baru populer akhir-akhir ini. Mainan kenyal ini memiliki banyak ragam dan warna. Ketika tengah populer, orang-orang beramai-ramai membelinya. Ada yang dengan alasan memang untuk penyalur emosi dan bosan, ada pula yang cuma karena ikut-ikutan.

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa slime cuma bisa dibuat dengan lem sebagai bahan utamanya, entah itu lem FOX, lem Povinal, lem UHU, maupun lem kertas lainnya. Namun tahukah Anda jika ternyata pada perkembangannya slime juga dapat dibuat tanpa lem.

Slime dapat dibuat menggunakan bahan-bahan lainnya bahkan tanpa menggunakan jenis lem apapun dalam prosesnya. Penasaran seperti apa  dan bagaimana cara membuat slime tanpa lem itu? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pembahasan berikut ini!

Cara Membuat Slime Tanpa Lem Dengan Mudah

Maka dari itu kali ini kita akan membuat slime tanpa menggunakan borax dan lem.

1. Cara membuat slime tanpa lem dan borax

Bahan :
  • Air bersih 400 ml
  • Tepung kanji 2 gelas
  • Pewarna makanan 2 sdt (Warna sesuai yang diinginkan)
  • Minyak goreng 150 g

Cara membuat slime tanpa lem dan borax :
  1. Masukkan tepung kanji ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk (tangan atau sendok) agar tidak menggumpal.
  2. Tambahkan minyak goreng, sampai dirasa kenyalnya pas.
  3. Tambahkan pewarna ke dalam adonan.
  4. Bagaimana? Ternyata mudahkan cara membuat slime sendiri. Namun tidak berhenti sampai disini saja. Ada banyak cara membuat slime sendiri.

2. Membuat Slime Tanpa Lem dengan Susu Cair

Cara membuat slime tanpa lem  ini merupakan salah satu cara membuat slime yang bisa dimakan. Anda dapat menerapkannya bila khawatir dengan kebiasaan anak Anda yang mungkin suka menelan sesuatu saat bermain.

Untuk membuat slime ini, siapkan bahan berupa susu cair (atau susu kental juga bisa tapi dicairkan dulu dengan air), tepung maizena 1,25 sdm, vanila bubuk ½ sdm, dan pewarna makanan secukupnya.
  • Adapun untuk caranya yaitu panaskan susu cair 1 kotak dalam panci dengan api kecil. 
  • Aduk secara perlahan hingga susu terasa agak hangat. 
  • Setelah itu, tambahkan vanili bubuk dan tepung maizena ke dalam susu sambil terus di aduk. 
  • Jika adonan terlalu kental, tambahkan susu cair, sedangkan jika terlalu encer, tambahkan tepung.
  • Adonan yang terus diaduk lama-lama akan mengental dan setelah mendidih angkat panci dan biarkan hingga dingin. 
  • Setelah dingin, tambahkan pewarna makanan dan aduk hingga rata. 
  • Letakan adonan pada wadah yang tertutup beberapa saat dan slime pun siap dimainkan atau dimakan.

3. Cara Membuat Slime Tanpa Lem dengan Tepung Maizena

Cara membuat slime tanpa lem  ketiga yaitu menggunakan tepung maizena atau tepung jagung. Cara membuat slime tanpa lem  ini relatif populer di kalangan pencinta slime seluruh dunia. Tepung jagung sendiri dapat menjadi pengganti lem karena sifatnya yang lengket dan rekat jika dicampur air.

Untuk membuatnya, siapkan bahan-bahan sesuai takaran berikut : tepung maizena 175 mL, minyak sayur 475 mL, dan pewarna makanan bila perlu.
  • Setelah bahannya siap, Anda bisa langsung praktekan cara membuat slime tanpa lem dengan tepung maizena yaitu dengan mengadon tepung maizena, pewarna makanan, serta minyak sayur di dalam wadah baskom. 
  • Aduk sampai keduanya bercampur rata dan tidak menggumpal.
  • Dan terakhir simpan adonan dalam lemari es selama 1 hari penuh. 
  • Slime pun jadi dan siap dimainkan.

Perlu diketahui bahwa slime yang dihasilkan dari cara membuat slime tanpa lem ini kerap memiliki kelemahan, yaitu ia tidak bisa awet dan akan mengeras bila dibiarkan di udara terbuka. Agar awet slime ini harus disimpan di wadah tertutup dalam lemari es.

4. Membuat Slime Tanpa Lem dengan Tepung Kanji

Selain menggunakan tepung maizena, slime juga dapat dibuat dengan tepung kanji. Dibanding tepung maizena, tepung kanji atau tepung singkong ini bahkan sering kali bisa menghasilkan slime yang kenyal tapi tidak lengket. cara membuat slime tanpa lem dengan tepung kanji sendiri terbilang cukup sederhana.

Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, di antaranya 2 gelas tepung kanji, 3 sdm pewarna makanan, 150 gr minyak goreng, dan air 400 mL.

Adapun untuk cara membuatnya sendiri bisa diikut langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Pertama, masukan tepung kanji ke dalam baskom atau wadah, tambahkan sedikir demi sedikit air sambil mengaduknya agar tidak menggumpal.
  2. Lalu, tambahkan minyak goreng dan pewarna makanan ke dalam adonan sambil mengaduknya hingga rata.
  3. Setelah itu, masukan adonan dalam plastik, ikat kuat, dan simpan untuk beberapa saat.
  4. Slime yang kenyal meski tanpa lem pun siap dimainkan.

5. Membuat Slime Tanpa Lem dengan Sabun dan Deterjen

Di rumahmu pasti ada sabun cuci piring dan deterjen khan? Kedua bahan ini ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan dalam cara membuat slime tanpa lem . Cara membuat slime tanpa lem kali ini sangat mudah dan sederhana.
  • Pertama, siapkan bahannya, yaitu deterjen bubuk 1 gelas, tepung terigu 3 sdm, sabun cuci piring merk Sun Light atau Mama Lemon 6 sdm, pewarna makanan, dan air secukupnya.
  • Setelah semua bahan tersebut siap, ambilah 1 buah baskom kecil dan masukan tepung, deterjen, sabun cair, ke dalamnya. 
  • Lalu aduk dan tambahkan air bersih sekitar 1 gelas dalam adonan. 
  • Bila terlalu cair, tambahkan tepung lagi secukupnya. 
  • Hingga terasa kental, tambahkan pewarna makanan dan aduk sampai rata. 
  • Terakhir, letakan adonan dalam toples tertutup dan simpan selama 15 menit dalam freezer. Slime pun siap dimainkan.

Nah, itulah 5 cara membuat slime tanpa lem yang dapat saya sampaikan di artikel kali ini. semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat, khususnya bagi Anda yang berencana melakukan uji coba pembuatan slime.
Top