Sangat Mudah, Cara Membuat Slime dengan Shampo dan Garam

Komentar

cara membuat slime dengan shampo dan garam via idntimes.com

Slime merupakan salah satu mainan yang populer saat ini, baik dikalangan anak-anak maupun remaja. Daripada kamu membeli, mending buat slime sendiri. Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai cara membuat slime dengan shampo dan garam. 

Bermain slime itu menyenangkan! Teksturnya kenyal, lengket, dan asyik untuk diremas dan dicolek.

Slime biasanya dibuat dengan banyak bahan, tapi sekarang slime bisa dibuat cuma menggunakan shampo dan garam saja.

Selain sederhana dan mudah, cara membuat slime dengan shampo san garam ini sangat hemat bahan. Gak usah lama-lama, yuk simak cara membuat slime dengan shampo dan garam yang bisa kamu coba di rumah.

Baca Juga : Mudah Kok, Begini Cara Membuat Hiasan Dinding Kelas dari Kertas Origami

Cara Membuat Slime dengan Shampo dan Garam Agar Kenyal

ilustrasi slime dari sampo dan garam via curvetube.com

Dalam membuat slime, biasanya orang akan menambahkan pewarna ke dalam bahan slime saat akan membuatnya agar mempercantik dan untuk memperindah slime itu sendiri. Berikut cara membuat slime dengan shampo dan garam.

Untuk membuat slime dengan shampo dan garam, pertama yang harus kita siapkan tentu adalah bahan-bahannya, yaitu :
  • Shampo (merk apa saja, tapi saya menganjurkan untuk menggunakan shampoo yang kental seperti merk Dove, Sunsilk, atau Pantene).
  • Garam (hanya boleh garam halus supaya cepat tercampur).
  • Slime activator atau bisa menggunakan obat sariawan GOM yang dijual di apotek.

Setelah bahan-bahan tersebut siap, selanjutnya sediakan wadah plastik dan pengaduk sebagai alatnya. Lalu, terapkan cara membuat slime dengan shampo dan garam sebagaimana langkah-langkah yang telah saya jabarkan berikut ini :
  1. Pertama, masukan kita-kira 4 sendok makan shampoo ke dalam wadah dan tambahkan 2 sendok garam halus. Aduk supaya garam menyatu rata dengan shampoo. Pengadukan garam dan shampoo akan membuat shampoo menjadi kental.
  2. Kemudian, tambahkan slime activator sekitar 1 sendok makan ke dalam adonan. Penambahan slime activator bertujuan agar slime nantinya stratchy, kenyal, dan tidak mudah patah.
  3. Terakhir, masukan adonan ke dalam lemari es kurang lebih selama 20 menit.
  4. Slime dari shampo dan garam pun jadi dan siap dimainkan.

Tips Membuat Slime dengan Shampo dan Garam


ilustrasi slime lengket via lifestyle.kompas.com

Slime yang dihasilkan dengan cara di atas sebetulnya memiliki beberapa kelemahan. Selain tidak awet, alias mudah mencair jika dibiarkan terlalu lama, ia juga sering terasa lengket.

Untuk itu, cara membuat slime dengan shampo dan garam di atas telah saya modifikasi dengan beberapa tips. Tips-tips ini saya temukan dari eksperimen sederhana yang saya lakukan beberapa waktu lalu.

Tips pertama 

Bila setelah jadi slime terasa lengket, Anda bisa tambahkan baby oil ke dalam slime sekitar 3-5 tetes, kemudian menguleninya dengan tangan. Jumlah baby oil tersebut sesuai dengan takaran shampoo dan garamnya. Jika Anda membuat slime dengan takaran shampoo dan garam yang lebih banyak, maka minyak bayi yang ditambahkan juga harus lebih banyak.

Tips kedua

Jika tidak mempunyai slime activator atau dalam proses pembuatannya Anda tidak menambahkan slime activator, maka slime yang dihasilkan akan berwujud seperti shampoo kental saja, yang tidak bisa dimainkan. Untuk itu, mau tidak mau, bila Anda tidak memiliki slime activator, Anda harus menambahkan GOM (obat sariawan) atau Insto dan Rohto (obat tetes mata). Kedua bahan tersebut memiliki fungsi sebagai slime activator yang dapat mengenyalkan adonan slime.

Tips ketiga

Bila slime ingin berwarna, tambahkan sedikit pewarna dalam proses pembuatan slime. Penambahan pewarna dilakukan saat proses pencampuran antara shampoo dan garam.

Tips keempat

Jika slime tidak dimainkan atau dibiarkan di udara terbuka, ia akan kembali encer. Oleh karena itu, simpanlah ia dalam wadah tertutup atau lemari es saat tidak sedang digunakan.

Agar lebih jelas, simak yuk video cara membuat slime dengan shampo dan garam berikut 



Demikian informasi mengenai cara membuat slime dengan shampo dan garam. Cukup mudah bukan? Buruan praktekkan, hitung-hitung untuk mengisi waktu luangmu. Semoga bermanfaat.
Top