Trik Cepat, Cara Membuat Email di Hp Android dan Komputer

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 30 Aug 2018


Trik Cepat, Cara Membuat Email di Hp Android dan KomputerDaftar email via maslogow.xyz

Membuat email sendiri sebenarnya caranya tidak sulit, tetapi mungkin beberapa orang masih bingung dan tidak mengetahui caranya.

Maka dari itu pada artikel ini akan membahas cara buat email baru gmail lewat hp android, maupun cara buat email baru lewat komputer.

Email adalah salah satu fasilitas yang wajib kita miliki dan penting untuk melakukan kegiatan di internet.

Email juga digunakan untuk banyak membuat sosial media seperti facebook, twitter, instagram, atau yang lainnya

Cara buat email baru di gmail ini sangat banyak digunakan karena gmail merupakan penyedia email yang dimiliki Google. 

Jadinya semua terintegrasi dengan otomatis ke layanan Google seperti google play, youtube, dan lain-lain

Nah dalam artikel ini wajib baca akan memberikan cara mudah buat email baru di android dan lewat komputer

Baca Juga : Cara Terbaru Menghasilkan Uang Dari Internet

Bagaimana cara membuat email di hp android maupun komputer. Khusus buat Anda yang belum mengerti bagaimana caranya simak penjelasannya dibawah ini.

Manfaat menggunakan akun Gmail

Nah sebelum kita masuk ke cara membuat email di hp dan mendaftar ke akun Gmail, berikut beberapa manfaat menggunakan akun Gmail.

1. Penyaringan spam

Memang sebagian besar layanan email menawarkan semacam penyaringan sekarang ini, dan penyaringan spam miliki google sangat efektif. 

Gmail mencoba menyaring adanya upaya spam, virus, dan phising iklan, tapi tidak penyaringan yang 100 persen efektif.

2. Merger dengan google hangouts

Dekstop Gmail menampilkan kontak hangouts di sisi kiri layar, sehingga Anda dapat mengetahui siapa saja kontak email Anda yang menggunakan hangouts. 

Hangouts merupakan sebuah aplikasi messenger yang memiliki kelebihan yakni dapat melakukan video call dengan banyak orang.

3. Akses offline

Anda dapat mengakses gmail secara offline pada komputer Anda meskipun tidak terhubung dengan internet. 

Caranya adalah dengan memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browser Anda.


Trik Cepat, Cara Membuat Email di Hp Android dan KomputerMembuat email via ponselcommunity.com

Cara Buat Akun Email Baru Lewat Komputer

  1. Pertama masuk ke website www.gmail.com pada browser.
  2. Kemudian klik create an account, maka akan muncul sebuah kotak.
  3. Setelah itu isikan data diri anda dengan lengkap.
  4. Setelah pada isian nama, anda bisa memilih nama untuk username.
  5. Jika ternyata ada tulisan "that username is taken, try another" itu tandanya orang lain telah memakai username yang anda pilih, anda bisa merubahnya dengan menambahkan angka..
  6. Setelah itu semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.
  7. Kemudian klik next step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada "I Agree".
  8. Terakhir selesai anda telah membuat akun email baru.

Cara Membuat Email di HP Android Terbaru

  1. Buka menu seting yang ada pada layar hp. Scroll kebawah sampai ketemu Akun atau tambahkan akun. (buka seting - akun).
  2. Perhatikan pada gambar diatas, arah bawah. Ada menu plus (+), itu adalah menu untuk menambahkan akun atau membuat akun baru. Silahkan di tekan, dan kira kira nampak screenshot seperti ini.
  3. Tekan lagi menu Google, kalau punya saya ada pada urutan no 4. 
  4. Cari di layar sobat sendiri, akun Google ada pada urutan berapa. 
  5. Kalau sudah ketemu silahkan di tekan, dan akan muncul langkah awal untuk mendaftar email. 
  6. Isikan nama masing masing, nama gaul tidak masalah. Saya contohkan pakai nama depan zulkarnaen, dan nama belakang id.
  7. Buat username yang nantinya kamu buat sebagai tanda pengenal email. Dengan kata lain ini adalah langkah untuk membuat alamat email, buat menggunakan nama asli atau nama gaul sobat, tulisnya harus digabung semua tanpa spasi.
  8. Setelah mengisi nama, klik Next. 
  9. Kemudian sampai pada step melengkapi data lahir dan jenis kelaimin. Saya isikan Bulan april, tanggal 26 dan tahun 1988. Pilih juga gender atau jenis kelamin, male = pria, female = perempuan dan other untuk yang tidak ingin menyebutkan jenis kelamin.
  10. Saatnya membuat kata sandi untuk akun email. Minimal 8 karakter ya, boleh menggunakan kombinasi huruf, angka dan karakter unik seperti !@#$^& dll. Asalkan paling sedikit 8 karakter dan juga jangan sampai lupa, catat bila perlu. Samakan kolom konfirmasi kata sandi dengan kata sandi yang dibuat diatas. Jika sudah, tekan Next.
  11. Untuk langkah yang satu ini sifatnya optional, terserah sobat mau memasukan nomor hp atau tidak. Jika mau isi silahkan, tapi dalam panduan kali ini saya tidak isi. Biarkan kosong dan tekan Next.
  12. Pada langkah Privacy & Terms kalau mau dibaca silahkan saja, kalau malas bisa langsung scroll kebawah dan ke langkah selanjutnya dengan menekan I AGREE.
  13. Konfirmasi username dan kata sandi yang sobat buat. Jika merasa kurang nyaman dengan username email dan kata sandi, maka di back saja. Tapi kalau sudah yakin, tekan Next untuk melanjutkan.
  14. Setelah di next, aplikasi akan loading. Ini adalah tanda server google sedang menerima pendaftaran email baru sobat. 
  15. Silahkan tunggu, jika koneksi internetmu bagus maka hanya butuh beberapa detik proses.
  16. Langkah untuk seting pilihan pembayaran, gunanya adalah kalau suatu saat nanti sobat ingin membeli aplikasi berbayar di play store. Jika tidak, silahkan pilih No Thanks dan Continue. Tenang saja, nanti bisa diseting lagi kalau sobat ingin membeli aplikasi di play store.
  17. Setelah kamu tekan continue, maka aplikasi akan proses lagi dan menutup dengan sendirinya bila sudah selesai. Kemudian tidak lama ada pemberitahuan baru di notifikasi bar android sobat. Silahkan dibuka dan kurang lebih akan nampak seperti dibawah ini.

Jika Anda juga mendapatkan pemberitahuan seperti di atas, maka selamat Anda sudah berhasil membuat email gmail baru di hp android.

Dan kini Anda sudah bisa menggunakan alamat email, entah untuk mengirim file ke teman ataupun menerima email dari pengirim.

Demikian artikel mengenai cara membuat email di hp adroid terbaru, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.

SHARE ARTIKEL