Cara Lengkap Membuat Bakso Ikan yang Enak dan Lezat

Komentar

cara membuat bakso ikan via cookpad.com

Variasi bakso kini semakin menarik saja, jika biasanya bakso yang dinimati diolah dengan baik dari daging sapi atau daging ayam. Kali ini, tersedia bakso dari ikan. Yuk ketahui cara membuat bakso ikan yang  mudah dicoba.

Bakso merupakan makanan lezat berupa yang berbentuk bola-bola daging ini memang menjadi salah satu makanan yang paling digemari orang Indonesia, bahkan sampai terkenal ke mancanegara.

Bakso ikan diolah dengan menggunakan daging ikan. Biasanya bakso ikan dihidangkan dengan menggunakan mie kuning, siomay, tahu, serta pangsit goreng dan berbagai hidangan bakso unik lainnya.

Anda tertarik membuat bakso ikan? Nah, kali ini kami akan memberikan trik dan cara membuat bakso ikan. Ikuti petunjuk dan timbang bahan sesuai dengan resep pasti bakso buatan Anda tak mengecewakan.

Baca Juga : Tips Membuat Kambing Guling yang Empuk

Trik dan Cara Membuat Bakso Ikan yang Enak

ilustrasi cara membuat bakso ikan via youtube.com

Berikut ini trik dan cara membuat bakso ikan, mulai dari cara memilih ikan dan cara mengolahnya dengan baik.

1. Memilih Ikan

Jenis dan kualitas ikan sangat menentukan hasil bakso ikan yang kita buat. Pilih ikan bertekstur kenyal dan segar. Contohnya ikan tenggiri yang gepeng. Ikan tenggiri yang bulat kurang lengket teksturnya sehingga hasil baksonya tidak sebagus ikan tenggiri yang gepeng.

2. Mengadoni Bakso

Dinginkan ikan sampai dingin benar sebelum diadoni. Mengadoni ikan bisa dilakukan di dalam blender. Masukkan bahan lainnya satu per satu sambil blender dijalankan.

Air yang ditambahkan ke dalam adonan sebaiknya berbentuk es batu yang sudah diserut agar daging ikan menjadi mengerut dan menghasilkan bakso yang kenyal.

Tepung sagu harus dimasukkan terakhir agar adonan bakso tidak jadi keras. Jangan mengganti tepung sagu dengan tepung sagu aren agar warna bakso lebih putih.

3. Membentuk Bakso

Bakso dibentuk bulat-bulat dengan tangan . Masukkan adonan ke dalam genggaman. Tekan kelima jari. Adonan akan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Lakukan berulang-ulang dahulu sebelum adonan diambil agar bakso yang terbentuk betul-betul kompak.

Masukkan bakso yang sudah terbentuk segera ke dalam air es agar bakso menyatu dan saat direbus tidak pecah.

4. Merebus Bakso

Bakso tidak boleh terlalu lama direndam di dalam air es supaya bakso tidak lembek. Segera angkat bakso bila sebagian adonan sudah dibentuk. Mengangkatnya bisa dengan saringan dan langsung masukkan ke dalam air mendidih. Biarkan sampai matang. Ciri bakso ikan sudah matang, kalau sudah mengembang dua kali lipat (bukan sekadar terapung).

5. Setelah Direbus

Angkat bakso yang sudah matang dan tiriskan di atas peniris. Biarkan hingga dingin. Jangan biarkan bakso di dalam air panas terus menerus. Pemanasan harus segera dihentikan begitu bakso matang agar bakso tiedak jadi lembek.

6. Menyimpan

Bakso yang sudah jadi dan dan dingin, bisa disimpan di dalam freezer, tetapi ketika dikeluarkan bagian dalam bakso akan berlubang-lubang. Karena daging ketika didinginkan akan memuai dan kembali menyusut setelah berada di suhu ruang. Bagian yang memuai tadi akan menimbulkan lubang setelah bakso menyusut.

Untuk menghindari lubang-lubang tadi, rebus daging segera selagi masih beku, supaya tempat yang memuai diisi oleh air. Tetapi rasa bakso ketika dimakan, akan sedikit berair.

Baca Juga : Tips Buat Bunda! Cara Praktis Membuat Telur Asin Enak Dengan Toples dan Bahan Murah ini

Agar lebih jelas, saksikan video cara membuat bakso ikan berikut 


Demikian informasi mengenai trik dan cara membuat bakso ikan. Teman-teman tinggal menghidangkannya bersama dengan bahan pelengkap lain, seperti mie kuning, bihun, bawang goreng, irisan daun seledri dan lainnya.  Yang paling penting kebersihan dan kualitas pentol yang kita buat terjaga dan aman dari bahan-bahan berbahaya yang tidak baik buat kesehatan kita. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.
Top