Cara Membersihkan Diri dari Dosa Zina agar Sepenuhnya Diampuni Allah SWT

Komentar

cara membersihkan diri dari dosa zina via aseplukman.com

Dosa zina adalah dosa paling keji dan paling berat dosanya karena hampir setara dengan membunuh manusia. Perbuatan ini amat dikutuk oleh Allah SWT, bahkan mendekati zina saja kita dilarang apalagi berzina.

Seseorang yang melakukan zina akan hina di hadapan Allah SWT dan juga akan hina di mata orang lain. Alangkah baiknya jangan pernah mendekati zina, apalagi sampai melakukannya.

Telah dijelaskan bahwa zina dalam islam merupakan dosa besar. Perzinahan ini dapat dilakukan oleh siapapun yang lemah imannya. Sebab syaiton selalu mencoba menjerumuskan manusia pada kesesatan. Sedikit saja kita lengah, maka syaiton cepat-cepat membelokan jalan kita. Naudzubillah mindzalik.

Namun, saat ini zina sudah semakin merajalela, orang-orang bisa sangat mudah mendekati perbuatan zina bahkan tanpa merasa bersalah.

Lantas apa yang dapat kita lakukan apabila kita melakukan perbuatan zina dan ingin menghapuskan dosa zina mengingat sebagai manusia kita pernah melakukan kesalahan dan ingin memperbaikinya?

Baca Juga : Agar Anak Tak Terjerumus Dalam Dosa Zina, Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah ini

Zina dan Hukumnya

ilustrasi zina dan hukumnya viakatariau.com 

Zina dalam islam didefinisikan sebagai perbuatan keji yang dilakukan oleh pria dan wanita dan terjadi persetubuhan diantara keduanya. Perbuatan zina adalah salah satu perbuatan yang dikutuk Allah SWT dan sebagai umat islam kita dilarang atau haram hukumnya untuk mendekati zina.

Zina dapat digolongkan menjadi 2. Yakni, zina mukhson atau zina yang dilakukan oleh mereka yang sudah menikah dan zina ghoiru mukhson yang dilakukan oleh mereka yang belum pernah menikah. Adapun hukuman dari perbuatan zina adalah dengan rajam atau lemparan batu hingga mati bagi pelaku zina mukhson dan hukuman dera atau cambuk serta diasingkan satu tahun lamanya bagi mereka yang melakukan zina ghouro mukhson. Sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah SWT :


الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

“Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman”. (QS An Nur ayat 2)

وَاللَّاتِي يَأْتِينَ الْفَاحِشَةَ مِنْ نِسَائِكُمْ فَاسْتَشْهِدُوا عَلَيْهِنَّ أَرْبَعَةً مِنْكُمْ ۖ فَإِنْ شَهِدُوا فَأَمْسِكُوهُنَّ فِي الْبُيُوتِ حَتَّىٰ يَتَوَفَّاهُنَّ الْمَوْتُ أَوْ يَجْعَلَ اللَّهُ لَهُنَّ سَبِيلًا

“Dan (terhadap) para wanita yang mengerjakan perbuatan keji, hendaklah ada empat orang saksi diantara kamu (yang menyaksikannya). Kemudian apabila mereka telah memberi persaksian, maka kurunglah mereka (wanita-wanita itu) dalam rumah sampai mereka menemui ajalnya, atau sampai Allah memberi jalan lain kepadanya.” (QS An Nisa ayat 15)

7 Cara Menghapus Dosa Zina dengan Dzikir dan Amalan

Meskipun zina adalah dosa begitu besar namun bukan berarti Allah tidak mengampuni dosa tersebut. Ada beberapa cara membersihkan diri dari dosa zina dengan amalan dan zikir. Adapun amalan dan dzikir yang bisa menghapus dosa besar ini, diantaranya :

1. Menyesali Perbuatan Zina yang Dilakukan

ilustrasi menyesali zina via karyapemuda.com

Cara membersihkan diri dari dosa zina yang paling utama adalah dengan menyesali perbuatan tersebut. Rasa sesal yang dirasakan oleh seseirang yang berbuat zina dapat mengembalikannya pada jalan yang benar dan kembali pada Allah SWT. Menyesali dosa yang pernah dilakukan dapat membersihkan hati dan memantapkan niat jika rasa sesal itu dijadikan awal dan cambuk untuk bertaubat kepada Allah SWT.

2. Taubat Nasuha

Taubatan nasuha adalah cara menghapus dosa zina paling utama. Taubat artinya menyesali dan tidak mengulanginya lagi. Benar benar menyesal dan berjanji pada Allah untuk tidak mengulangi dosa zina. Allah SWT memberikan janji bahwa ALLAH akan mengampuni dosa-dosa hamba-NYA yang melakukan kesalahan sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah SWT pada surat At Tahrim ayat 8 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS At tahrim ayat 8)

3. Lakukan Sholat Taubat

Seseorang yang ingin bertaubat atas dosa-dosanya dapat meminta ampunan lewat shalat taubat. Shalat taubat itu sendiri adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua hingga enam rakaat pada malam hari selepas shalat isha. cara membersihkan diri dari dosa zina yang telah dilakukan ini bertujuan untuk membersihkan diri dari segala sisa sisa aura negatif setelah sekian lama penuh dengan dosa. Dengan mengerjakan shalat taubat dan tentunya tidak meninggalkan shalat wajib, dosa yang dilakukan akan diampuni oleh Allah SWT sebagaimana yang disebutkan dalam Qu’an surat Al Baqarah ayat 222 :

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ………………

Artinya :
“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS Al Baqarah 222)

4. Membasahi Lisan dengan Dzikir dan Perbanyak Istighfar

Cara membersihkan diri dari dosa zina adalah dengan memperbanyak istighfar. Senantiasa membasahi lisan kita dengan bacaan bacaan dzikir. Bacaan istighfar merupakan kalimat permohonan ampun dari Allah SWT dan dosa-dosa seseorang dapat dihilangkan dengan terus menyebut dan mengingat nama Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT surat Al imran ayat 135 :

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَىٰ مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Artinya :
“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS Al imran ayat 135)

5. Bersedekah dan Berbuat Baik pada Sesama

ilustrasi sedekah via islamidia.com

Cara membersihkan diri dari dosa zina selanjutnya adalah dengan memperbanyak sedekah, memperbanyak kegiatan sosial. Membantu sesama adalah kunci dari dihapuskannya dosa manusia, pahala pun mengalir. Melakukan kebaikan kebaikan seperti memberi makan binatang dan sebagainya seperti yang dikisahkan seorang wanita pelacur yang masuk surga karena memberi minum anjing yang kehausan.

6. Amalan Puasa

Cara membersihkan diri dari dosa zina berikutnya yaitu dengan amalan puasa. Berpuasa adalah salah satu cara melatih hawa nafsu dan kesabaran kita. Puasa juga dapat menghapuskan dosa zina apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh terutama jika melakukan puasa sunnah seperti puasa arafah dan puasa asy syura.

7. Perbanyak Baca Al Qur’an

ilustrasi baca al-quran via kitadakwah.ga

Alqur’an dapat menjernihkan hati, termasuk hati orang yang dahulu pernah berbuat zina. Membacanya Al Qur’an tidak hanya mendatangkan ketenangan, akan tetapi juga menghapuskan dosa seseorang termasuk dosa zina yang sangat keji. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini :

“Bacalah Al Qur`an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat untuk memberikan syafa`at kepada pembacanya” (HR. Muslim)

Baca Juga : Subhanallah, Begitu Dahsyat Doa Ibu Untuk Anak Hingga Mampu Mengubah Takdir Anaknya

Demikianlah beberapa cara membersihkan diri dari dosa zina menurut islam dan dalinya. Semoga kita dijauhkan dari perbuatan keji. Dan kita bisa menjadi seorang hamba yang meyakini rukun iman dan mengamalkan rukun islam . Sehingga nantinya kita dapat merasakan manfaat beriman kepada Allah SWT hingga akhir hayat kehidupan.
Top