Cara Membedakan Pohon Kurma Jantan dan Betina

Komentar

cara membedakan pohon kurma jantan dan betina via dyahpm.wordpress.com

Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu terdiri dari tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Lalu, bagaimana cara membedakan pohon kurma jantan dan betina?

Menentukan jenis kelamin kurma adalah perkara gampang-gampang susah. Gampang bila kita sudah mengetahui dengan pasti ciri-ciri atau tanda-tanda pada bagian tanaman mana yang perlu diamati. Susah bila kita mendapatkan informasi yang kurang jelas ata kabur. Bisa juga karena kita terkecoh dalam membedakan tanda-tanda alami dengan efek yang timbul karena suatu kondisi.

Kurma jantan tidak menghasilkan buah, melainkan hanya yang betina saja. Proses membedakan kurma jantan atau betina hanya diperlukan pada pembiakan dengan biji saja. Karena pembiakan dengan anakan (offshoot) atau kultur jaringan langsung bisa membedakan kurma jantan dan betina.

Hanya 50% tanaman betina yang ditanam secara pembibitan akan berbuah, dan menghasilkan buah yang kecil serta berkualitas rendah. Agar mengetahui lebih jelas, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga : Manfaat Sari Kurma yang Ternyata Sangat Bagus Untuk Ibu Hamil

Ini dia, 2 Cara Mudah Untuk Membedakan Tanaman Buah Kurma

ilustrasi pohon kurma via kurmariau.com

Sebelum saya menyampaikan isi dari artikel ini, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa pertanyaan terkait kurma jantan dan betina :

Apakah kurma jantan bisa berbuah?

Tidak! Ini sudah jelas bahwa kurma jantan tidak bisa berbuah. Entah itu kurma tropis maupun kurma yan ada didaerah padang pasir. Jika nada masih bingung apa perbedaan

Apakah kurma betina bisa berbuah tanpa bunga jantan?

Bisa. Namun buah yang dihasilkan tidak baik kwalitasnya, selain rasanya tidak enak ukura buah nantinya juga kecil.

Jika Anda sudah tahu kedua konsep tersebut mari kita lihat pendapat beberapa ahli tentang kurma :

Untuk kurma berjenis kelamin betina, bisa Anda dapatkan dari anakan pohon kurma. Yaitu tanaman kurma yang tumbuh dr pohon kurma besar yang sekiranya sudah berumur 4 tahun lebih. Karena anakan kurma hanya tumbuh dari kurma betina.”

Menurut pernyataan tadi saya sepakat bahwa kurma betina bisa dipastikan dari bibit anakan kurma, namun saya tidak setuju seratus persen. Anakan kurma yang dari pohon betina lah yang dipastikan bibit berjenis kelamin betina.

Karena ternyata pohon kurma jantan juga mampu beranak, dan anakan kurma jantan akan berjenis kelamin seperti indukannya. Jadi kesimpulannya hanya anakan pohon kurma betina lah yang akan bearanak bibit kurma betina, dan begitu sebaliknya.

“Perbedaan pohon kurma jantan dan betina dapat Anda temykan pada bagian daun pisau muda, kurma jantan memiliki daun dan duri yang lebih panjang, serta tampak banyak di tiap tangkainya.”

Nah, masih penasaran bagaimana cara membedakan kurma jantan dengan kurma betina? Yups, terdapat 2 cara membedakan kurma jantan dan betina secara mudah, berikut penjelasannya :

1. Perhatikan pangkal pelepahnya

ilustrasi pelepah pohon kurma via kurmatropis.wordpress.com

Untuk mengetahui kurma itu jantan atau kurma betina yang paling mudah adalah ketika sudah besar perhatikan pangkal pelepah kurma, kurma jantan pangkal pelepahnya agak terang kekuningan, sedangkan yang betina agak abu-abu pangkal pelepahnya.

2. Perhatikan bentuk bunganya

ilustrasi bunga pohon kurma via kurmatropis.wordpress.com

Saat tanaman kurma tumbuh besar dan mulai berbunga, perhatikan bentuk bunganya. Terdapat perbedaan yang mencolok pada bunga jantan dan betina. Perbedaan tersebut dapat terlihat pada ukuran panjang, bentuk mancung (pembungkus bunga kurma) dan Warna mayang ketika sudah terbuka atau mekar.

Untuk kurma jantan, mancung yang mucul pada bungan jantan cenderung berukuran lebih pendek dari bunga betina, bentuk mancung bunga jantan juga lebih besar (gemuk berisi), juga memiliki ciri khas dengan kulit mancung lebih lunak dari betina. Ciri paling khas dari bunga jantan saat pembungkus (mancung) terbuka adalah bunga memiliki kondisi mekar lebih tebal, dengan carak warna cenderung putih.

Sedangkan kurma betina, kulit pembungkus bunga (Mancung) dari pohon kurma betina berukuran lebih panjang, tampilan mancung bunga betina lebih ramping dengan tekstur kulit pembungkus lebih keras sedikit dari pejantan, Ciri-ciri umum yang dimiliki pohon kurma betina adalah dengan warna bunga yang kekuningan atau krem saat mancung telah terbuka, bentuk bunga mekar tipis dan memanjang.


ilustrasi budidaya kurma via warasfarm.wordpress.com

Jika Anda membudidayakan kurma dan ternyata kurma jantan yang Anda tanam, jangan lantas beranggapan bahwa Anda gagal dan bersedih. Karena ternyata bunga jantan juga dijual dengan harga mahal. Terlebih bunga jantan ini bisa diawetkan sampai sekitar satu tahun.

Kunci kesuksesan dalam bertani kurma adalah jangan ragu untuk menanam, karena jika kita tidak berani berspekulasi maka ketertinggalan kita akan semakin jauh dari negara-negara tropis lainnya.

Video cara membedakan biji kurma jantan dan betina


Nah, setelah Anda selesai membaca informasi perihal cara membedakan kurma jantan dan betina, semoga dalam budidaya tanaman kurma berjalan lancar. Anda perlu teliti dalam membedakan jenis kelamin pohon kurma agar di saat panen tak membuat sesal.  Semoga bermanfaat.
Top