10 Cara Berbisnis yang Tak Diajarkan di Sekolah

Komentar

cara berbisnis via unetinnovate.com

Berbisnis merupakan impian semua orang. Cara berbisnis yang dilakukan setiap orang berbeda-beda, gak ada salahnya kamu mencoba cara berbisnis rumahan yang akan kami ulas.

Hampir sebagian besar orang memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Tidak sedikit pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol kemudian berkembang dan sukses membangun bisnis yang besar.

Berbisnis merupakan pilihan karir yang dapat memberikan kebebasan kepada seseorang tersebut. Tentunya tanpa adanya tekanan dari atasan sehingga pekerjaan yang dilakukan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan keinginan kita. Cara berbisnis pastinya berbeda dengan mereka yang bekerja di sebuah perusahaan. Mereka harus mengerjakan pekerjaan denga tekanan dan target yang membuat kita merasa tidak bebas dan tidak dapat melakukan aktivitas seperti seseorang yang meniti karier dengan berbisnis.

Merintis dan mengelola usaha sendiri tidak mudah seperti yang dibayangkan. Selain harus memiliki mental sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan matang.


Banyak orang yang memiliki keinginan untuk memiliki bisnis sendiri, namun terhalang oleh modal yang dibutuhkan. Solusi terbaiknya adalah memulai bisnis berbasis rumahan. Anda bisa memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi, dan dapur untuk memulai menjalankan bisnis. Dengan memanfaatkan rumah, Anda bisa menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Berikut ulasan tentang cara berbisnis rumahan yang bisa kamu coba.

Baca Juga : Mengembangkan Usaha Melalui Bisnis Online

10 Cara Memulai Bisnis Rumahan Agar Cepat Sukses

Berikut adalah beberapa cara berbisnis yang harus Anda lakukan ketika ingin sukses memulai bisnis rumahan.

1. Meminta Dukungan Keluarga

ilustrasi dukungan keluarga via persebaya.id

Keluarga menjadi elemen terpenting sebelum memulai bisnis, apalagi jika Anda baru akan merintis bisnis. Keluarga menjadi pendukung dari segi materil dan non materil. Jika sampai keluarga tidak mendukung, bisnis yang Anda jalani akan semakin susah berkembang, malah bisa menjadi gagal karena tidak adanya dukungan dari keluarga. Oleh karena itu dalam berbisnis, dukungan keluarga sangat dibutuhkan, mulai dari awal merintis hingga sampai sukses nanti.

2. Belajar Administrasi

Walaupun bisnis yang dijalani hanya sekelas rumahan saja, namun Anda juga perlu menguasai administrasi walaupun hanya sederhana. Selalu lakukan pencatatan administrasi dengan tertib walaupun nilainya terbilang kecil dan jangan pernah mencampurkan keuangan milik pribadi dengan bisnis. Karena salah satu pondasi utama untuk kelangsungan bisnis yang akan Anda jalani agar bisa sukses adalah masalah administrasi.

3. Jauhkan Pikiran Dari Kegagalan

ilustrasi berbikir positif via tasidola.com

Setiap bisnis hanya memiliki 2 pilihan, yaitu sukses atau gagal. Seorang pebisnis sejati tidak akan pernah merasa takut gagal, walaupun masih menjadi pemula. Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang dijalani, maka bisa dipastikan kedepannya bisnis akan mengalami kegagalan. Mental pebisnis biasanya akan kuat seiring berjalannya waktu dan rintangan yang telah dihadapi, butuh proses panjang agar bisa meraih kesuksesan. Jadi, tanyakan pada diri sendiri, kuat mana antara berfikir sukses dan gagal sebelum memulai bisnis.

4. Tentukan Visi & Misi Bisnis

Menentukan visi dan misi penting untuk menentukan arah tujuan bisnis kedepannya, walaupun bisnis hanya sekelas rumahan, tetapi Anda juga harus menentukannya dengan jelas. Sehingga saat bisnis berjalan, akan ada tujuan jelas yang dicapai kedepannya, tidak asal hanya berjalan tetapi harus mempunyai target. Tanpa adanya visi dan misi, apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi sulit untuk di capai.

5. Hitung Kebutuhan Modal

ilustrasi hitung modal via jurnal.id

Anda tidak akan bisa menjalankan bisnis jika modal yang Anda miliki belum cukup. Hitung secara teliti mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk mulai berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.

6. Pilih Bidang yang Sesuai Passion

Poin penting untuk memulai bisnis adalah sesuai dengan passion yang Anda miliki. Kenapa harus sesuai dengan passion yang dimiliki? Karena jika dilandasi dengan passion, maka apa yang Anda lakukan akan lebih penuh semangat dan terasa lebih ringan. Saat bisnis dijalankan dengan penuh semangat, bisnis akan cepat meraih kesuksesan. Hindari memilih bidang yang tidak sesuai dengan passion. Jadi jika Anda menyukai bidang fotografer, Anda bisa membuka jasa foto di rumah, atau jika Anda suka memasak, Anda bisa memulai bisnis kuliner.

7. Pilih Waktu untuk Memulai

ilustrasi waktu mulai bisnis via pixabay.com

Membangun bisnis tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jangan terburu-buru, karena bisnis membutuhkan perhitungan yang cermat, salah sedikit saja Anda bisa mengalami kerugian. Jika Anda salah memilih waktu, maka bisnis Anda akan mengalami kegagalan. Contoh saja saat mendekati Bulan Ramadan, yang paling tepat adalah bisnis berjualan busana muslim dan kue lebaran.

8. Tentukan Keunikan Dari Produk

Ketika Anda sudah memulai bisnis, agar produk yang Anda miliki bisa di terima baik oleh konsumen, Anda harus memiliki produk yang lebih unik dibanding produk sejenis. Apalagi sekarang ini persaingan semakin ketat, sehingga setiap produk yang dipasarkan harus bisa memikat dan menarik hati pelanggan. Selain itu, dengan menggunakan produk yang unik, brand Anda akan lebih mudah diingat oleh para konsumen.

9. Lakukan Promosi Secara Tepat

ilustrasi promosi produk via kemlu.go.id

Promosi adalah salah hal wajib yang harus Anda lakukan untuk mengenalkan produk ke calon pelanggan. Semakin sering Anda melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk yang Anda miliki. Dalam hal promosi, agar tidak terlalu banyak uang yang dikeluarkan, maka target promosi haruslah tepat. Yang paling bagus adalah mencoba mempromosikan produk Anda melalui Facebook Ads atau Google Adwords, karena di kedua platform tersebut, Anda bisa menentukan target sesuai apa yang Anda inginkan.

10. Berikan yang Terbaik

Ada pepatah mengatakan bahwa pembeli adalah raja. Maka sudah sepantasnya Anda memberikan yang terbaik untuk pembeli agar mereka merasa puas. Jika pembeli merasa puas maka nanti biasanya mereka akan datang kembali dan menyarankan kepada orang lain untuk datang ke bisnis yang Anda miliki.

Baca Juga : Ide Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga, Caranya Mudah Lho, Bisa Dicoba

Demikian ulasan tentang cara berbisnis sebelum memulai bisnis rumahan. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah pengelolaan keuangan dengan tepat. Dengan pengelolaan keuangan secara tepat, bisnis akan semakin berkembang dan sukses. Mulailah bisnis Anda sekarang juga, tentunya pikirkan matang-matang terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.
Top