6 Keteladanan dari Seorang BJ Habibie yang Patut Dicontoh

Komentar

bj habibie via infobiografi.com

BJ Habibie adalah mantan presiden RI ketiga. Banyak sifat BJ Habibie yang patut diteladani. Apa saja kah itu? 

Siapa tak kenal tokoh nasional yang satu ini? Bacharuddin Jusuf Habibie, atau biasa disapa BJ Habibie adalah mantan Presiden ketiga Republik Indonesia.

Sikap disiplin & tanggung jawab beliau teladan nya pekerja keras pantang menyerah tak kenal lelah mempunyai intelek yang baik dan harus di contoh oleh anak muda.

BJ Habibie ini seseorang yang sangat inspiratif bagi anak-anak Indonesia. Bagaimana riwayat hidup BJ Habibie ? Berikut ulasannya. Begitu banyak tokoh nasional di berbagai bidang yang dapat menjadi teladan anak muda.

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih sering dikenal dengan BJ Habibie adalah Mantan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, beliau adalah salah satu tokoh penting yang ada di Negara Indonesia sebab beliau dikenal sebagai seorang jenius khususnya pada bidang Pesawat Terbang.

BJ Habibie memiliki kisah dan perjalanan hidup yang menarik dan penuh dengan teladan yang patut dicontoh agar kita dapat mengikuti langkah beliau;

Tokoh Teladan B.J Habibie Yang Patut Kalian Contoh

Berikut ini adalah  teladan yang dapat dicontoh dari BJ Habibie ;

1. Tekad yang Kuat

BJ Habibie  adalah seorang pribadi yang memiliki tekad yang kuat, sejak kecil ia sudah tertarik dengan pesawat terbang dan dari ketertarikan menjadi sebuah kecintaan yang harus diperjuangkan, beliau kuliah di ITB dan mengambil jurusan teknik mesin lalu kemudian meneruskan kuliah di Jerman hingga S3 dengan biaya dari orangtua.

Tekad beliau sangat kuat dan mengelora dalam memperjuangkan sebuah kecintaan jika kita dapat mengejar apa yang kita cintai dengan dibekali tekad yang kuat, pasti kita pun bisa menggapainya sebagimana yang BJ Habibie  lakukan.

2. Mencintai Tanah Air

BJ Habibie  ternyata sangat disukai oleh negara Jerman karena kejeniusannya hingga pada akhirnya beliau menjadi vice president di tempat ia bekerja yaitu Messerschmitt-Bölkow- Blohm atau MBB, namun saat diminta untuk pulang ke Indonesia beliau tidak sulit mengambil keputusan dan merelakan jabatannya demi membangun Tanah Air khsusnya pada bidang Teknologi.

Bagai pepatah lebih baik hujan batu di negeri sendiri daripada hujan emas di negeri orang,BJ Habibie  pulang setelah melepas jabatannya di MBB dan menjadi Meteri Ristek kemudian menjadi pensehat presiden dan kemudian selama 1.5 tahun menjabat sebagai presiden.

3. Jujur, Berani dan Profesional

SaatBJ Habibie  menjabat sebagai presiden beliau tidak segan memberantas KKN( Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) yang merebak semasa orde baru, salah satu pelakunya adalah tommy soeharto yang terjerat kasus korupsi, padahal Fakta Soeharto adalah seorang yang dekat dengan beliau namun ia tidak memandang itu, sebab kejujuran dan keberanian serta profesionalitas lah yang ia junjung tinggi.

4. Disiplin

Perlu kita ketahui, BJ Habibie  menghabiskan waktu 7,5 jam dalam sehari untuk membaca dan menulis. Kita sesama manusia tentu memiliki waktu yang sama dalam sehari yakni 24 jam.

Suatu hal yang sangat produktif jika mampu meniru bahkan mengembangkan apa yang telah BJ Habibie  lakukan. Ini merupakan disiplin tingkat tinggi, dan hal-hal seperti inilah yang harus kita jadikan contoh.

Dalam pandangan BJ Habibie , orang yang sukses adalah orang yang disiplin, tepat waktu, dan bersungguh-sungguh. Namun, tentu hal sangat menentukan adalah kemauan untuk bersungguh-sungguh, jika hal tersebut sudah mampu kita jaga, hal berikutnya adalah komitmen, dan itu akan terus berkembang.

5. Jujur dan Berprinsip

Selain itu, BJ Habibie  adalah sosok orang yang jujur, pernah suatu waktu beliau disogok dengan jam tangan mewah, sogokan berupa uang, dan bahkan wanita. Beliau tetap teguh dengan prinsipnya.

Tidak seperti sekarang ini, banyak para pemimpin kita terjebak dalam kasus tindak pidana korupsi, pencucian uang, dan masih banyak lagi tindakan yang merugikan rakyat. 

6. Visioner dan Fokus

Visioner adalah pemikiran tentang apa yang menjadi tujuan ke depan atau masa depan. Hal inilah yang dimiliki oleh BJ Habibie  dan harus kita contoh. Selain itu, BJ Habibie  juga fokus pada satu kemampuannya, yakni ranah teknologi.

Dengan pandangan visioner itu tadi dan fokus pada bidang teknologi, BJ Habibie  lebih memilih untuk mengembangkan dan membangun teknologi yang ada di Indonesia.

Dari uraian di atas tentunya kita sebagai anak negeri Bangsa Indonesia harus terus mewarisi semangat BJ Habibie  untuk Indonesia yang lebih baik. Tunjukkan semangat “mengendarai sepeda” yang harus terus dikayuh agar berjalan!

Sekian teladan dari tokoh BJ Habibie  semoga berkenan dan dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari tokoh inpirasi. Adapun penulis dalam artikel ini sendiri adalah Ahdan Wabiland. Semoga bermanfaat, trimakasih.
Top