Cara Melatih Anak Belajar Menulis dengan Cepat, Benar dan Bagus

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 16 Aug 2018

Cara Melatih Anak Belajar Menulis dengan Cepat, Benar dan Bagus
Belajar menulis via bincangedukasi.com

Inilah cara mudah dan cepat belajar menulis bagi anak tk, mengajari anak membaca dan menulis sejak dini memanglah pilihan yang sangat tepat. Namun, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut agar anak tidak udah jenuh saat belajar.

Inilah tips lengkap cara belajar menulis. Mengajari dan mendidik anak untuk belajar menulis sejak dini merupakan pilihan yang baik, karena anak kecil mudah untuk menerima dan mencerna hal-hal baru. Dan jika sedang mengajari anak baik membaca maupun belajar menulis tidak boleh berlebihan karena anak akan cepat jemu dan bosan.

Sebenarnya mengajarkan anak menulis dapat dikatakan mudah sekaligus sulit, usia anak TK, yaitu usia 5 tahun hingga 6 tahun, merupakan usia yang ideal bagi anak-anak untuk belajar menulis, membaca dan berhitung. Simak tips cara cepat belajar menulis untuk anak tk.

Cara Melatih Anak Belajar Menulis dengan Cepat, Benar dan Bagus
Menulis via appletreebsd.com

Salah satu indikator kemampuan motorik halus anak untuk belajar menulis adalah kemampuan anak untuk memegang alat tulis secara baik dan benar.  Idealnya anak usia 3 tahun harus sudah mampu untuk memegang pensil sendiri dengan posisi yang betul sehingga tidak akan menyulitkan anak untuk membuat tulisan sederhana dalam rangka untuk mengajari anak menulis.

Dalam mengajari anak menulis membutuhkan tahapan dan harus dilakukan secara berkesinambungan sesuai dengan kemampuan anak.  Tidak boleh ada pemaksaan dalam mengajarkan menulis kepada anak.  Karena dengan paksaan akan membuat anak enggan dan tidak tertarik lagi untuk belajar menulis.  Oleh karena itu diperlukan kesabaran dari pengajar atau guru.

Dalam melatih anak untuk belajar menulis sangat berkaitan erat dengan membaca.  Bagaimana anak mau bisa menulis dengan lancar kalau anak tidak bisa membaca.  Tapi kalau hanya sekedar untuk memperkuat kemampuan motorik halus anak, maka kita bisa mengenalkan konsep-konsep dasar menulis kepada anak.  Dan perlu diingat tidak boleh ada unsur kekerasan dalam pengenalan konsep dasar menulis kepada anak.

Cara Cepat Belajar Menulis Untuk Anak TK:

1. Ajarkan anak menulis secara bayangan

Untuk langkah pertama ini anak dilatih dulu menulis secara bayangan. Maksudnya adalah anak cukup diajarkan untuk menulis secara awang-awang (red. bahasa jawa). Latih anak untuk membuat garis vertikal maupun horisontal.

Arahkan pensil yang dipegang anak dengan membuat garis secara awang-awang/bayangan. Bisa dari atas kemudian ke bawah atau dari samping kiri ke samping kanan. Lakukan itu hingga anak lancar dan terlihat lurus.

2. Belajar mencorat-coret

Siapkan kertas kosong bisa buku gambar atau hvs atau buku tulis dan biarkan anak membentuk pola sesuai dengan kemauannya. Biarkan anak berimajinasi untuk mencorat-coret sesuai kemampuan imajinasi anak. Biasanya anak akan menceritakan imajinasi apa yang digambarnya.

Kita sebagai guru atau orang tua cukup memberikan apresiasi positif terhadap apa yang disampaikan anak. Tujuan dari mencorat-coret adalah agar anak luwes dan terampil dalam menggunakan pensil sehingga akan melatih koordinasi antara otak dan tangan anak.

3. Menebalkan garis

Sebelum anak diajari menulis huruf maka langkah dasarnya selanjutnya adalah mengajari anak untuk menebalkan garis secara horisontal maupun vertikal. Untuk membantunya maka kita bisa membuat garis putus-putus bisa horisontal maupun vertikal dan biarkan anak untuk menebalkan garis putus-putus tersebut.  Beri nilai jika anak bisa menebalkan garis dengan baik. Bisa kita nilai dengan memberikan bintang atau gambar bulan.

4. Menebalkan huruf

Setelah anak lancar untuk menebalkan garis maka kita bisa meningkatkan kemampuan anak dengan menebalkan huruf. Untuk langkah praktisnya kita bisa membeli buku yang berisi huruf putus-putus.  Atau kita bisa membuat huruf sendiri secara putus-putus.

Sedangkan bagi orang tua yang memiliki komputer sendiri maka kita bisa membuat sendiri huruf putus-putus tersebut. Bagi yang belum punya font putus-putus di Ms Word maka kita bisa menginstall terlebih dahulu font putus-putus tersebut. Silakan cari di google dengan kata kunci "DOT FONT"

Cara Melatih Anak Belajar Menulis dengan Cepat, Benar dan Bagus
Bisa menulis via youtube.com

Lakukan keempat tips di atas secara berurut dan tidak boleh dilakukan secara acak. Karena mengajari anak untuk menulis memerlukan tahap-tahapan dan perlu proses serta waktu. Ketika anak belum sekolah, tips tersebut bisa diajarkan sendiri agar anak lancar dan mahir dalam menulis huruf. Yang perlu diingat adalah porsinya tidak boleh berlebihan sehingga anak akan cepat jemu dan bosan.

Apabila orang tua terlalu banyak mengajarkan menulis kepada anak terutama untuk anak yang sudah masuk PAUD maka hal tersebut bisa menjadi pemicu dan penyebab anak untuk malas menulis di sekolah. Kalau anak di sekolah sudah belajar menulis maka ketika anak sudah di rumah berilah waktu untuk bermain dan jangan cekoki anak dengan latihan menulis kembali. Anak cukup belajar mengulang dan jangan lupa untuk dampingi anak. Demikian tips belajar menulis ini kami sampaikan semoga bermanfaat.
SHARE ARTIKEL