Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Komentar

belajar bahasa inggris untuk pemula via inlinguaenglish.edu

Berapapun umurmu jangan ragu untuk belajar. Begitu pula dalam belajar bahasa inggris. Inilah tips belajar bahasa inggris untuk pemula serta materi dasar yang perlu diajari.

Bahasa inggris saya masih nol, apakah saya bisa berbicara bahasa inggris lancar? Tentu bisa. Sebagai pemula dalam belajar bahasa inggris tentunya sangat perlu memahami materi bahasa inggris mulai dari dasar.

Belajar bahasa Inggris bisa menjadi sebuah tantangan yang sangat besar bagi pemula. Cara efektif belajar bahasa Inggris untuk pemula dengan beragam metode pembelajaran yang mudah dan cepat agar mampu berbahasa inggris.

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang sukses dilakukan ribuan pelajar pemula, bahkan tanpa kursus atau les privat.

Belajar bahasa inggris untuk pemula, Tips belajar bahasa inggris, Materi dasar belajar bahasa inggris, Tips mudah belahar bahasa inggris, Cara cepat belajar bahasa inggris, Tips seru belajar bahasa inggris

Belajar bahasa Inggris bisa menjadi sebuah tantangan yang sangat besar bagi pemula.  Bahkan tidak jarang dalam menguasai bahasa Inggris, ada beberapa orang yang akhirnya menyerah.

Hal itu karena mereka tidak menemukan cara yang tepat dan efektif untuk mempelajarinya.

Dengan menemukan cara yang paling efektif dalam mempelajari bahasa Inggris, cepat atau lambat kamu pasti bisa melakukannya!

Pada artikel ini, akan dibahas tips-tips berguna dalam belajar bahasa inggris untuk pemula. Untuk kamu yang masih merasa sangat malu untuk mengucapkan kata dalam bahasa Inggris di depan orang lain, hingga kamu yang merasa bahwa belajar bahasa Inggris itu sangat menakutkan.

Tenang saja! Disini kamu akan mendapatkan tips berguna untuk mempersiapkan diri sebelum mempejari bahasa Inggris.

Baca Juga : Metode Cepat dan Tepat Belajar Baca Alquran Serta Hafalan

Berikut tips sukses belajar bahasa inggris bagi pemula:

1. Tekad yang Kuat

tekad kuat via blog.thelinguist.com

Belajar bahasa inggris untuk pemula membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi aturan grammar, pengucapan yang jauh berbeda dengan bahasa indonesia, juga jutaan vocab bahasa inggris kadang membuat kita ingin menyerah di tengah jalan.

Namun dengan adanya tekad yang kuat, kita tidak akan mudah menyerah. Untuk membangun tekad yang kuat, kita harus memiliki tujuan atau visi mengapa belajar bahasa inggris.

2. Percaya Diri

percaya diri via edisusila.com

Penghalang terbesar seseorang dalam belajar bahasa inggris untuk pemula adalah malu untuk belajar. Malu karena takut salah, malu tidak ada teman belajar, dan sebagainya.

Untuk mendapat hasil belajar yang memuaskan, hilangkan dulu malu dan keinginan untuk menyerah. Berani untuk speaking bahasa

3. Biasakan Diri dengan Bahasa Inggris

biasakan diri dengan bahasa inggris via dreamstime.com

Kalau kamu sedang belajar bahasa inggris secara mandiri, buatlah english area di rumahmu atau di kamarmu sendiri. Kamu bisa menempel memo pada benda-benda di rumahmu dengan menuliskan bahasa inggris dari benda tersebut.

Kamu juga bisa membaca artikel berbahasa ingggris atau mendengar lagu-lagu dan film berbahasa inggris. Jika kesulitan dalam memahami artinya, sering-seringlah membuka kamus.

4. Latihan

latihan ngomong bahasa inggris via kerryabetutors.ie

Sesuatu yang hebat hanya akan dihasilkan dari proses yang panjang. Sama halnya dengan belajar bahasa inggris, tidak mungkin dilakukan dalam waktu beberapa jam.

Karena kita perlu waktu menghafal vocab, memahami grammar, latihan speaking dan sebagainya. Maka satu-satunya kunci agar mahir berbahasa inggris sejak pemula adalah: Latihan. Practice makes perfect, latihan akan membuatmu sempurna.

Materi Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Mau mulai belajar dari mana ya? Mungkin pertanyaan tersebut muncul bagi kamu yang sedang memulai belajar bahasa inggris.

Jika kita lihat proses belajar manusia secara alami dalam belajar suatu bahasa, hal yang pertama bisa dilakukan adalah mendengar.

Meskipun pada walnya kamu kesulitan memahami makna lagu atau percakapan bahasa inggris, kalau kamu berulang kali mendengarnya, tentu akan mudah mengikuti cara bicara para native speaker (penutur asli bahasa inggris), oleh karena itu tahap selanjutnya adalah berbicara.

Kamu bisa belajar mengucapkan kata-kata bahasa inggris dari apa yang diperdengarkan di lagu atau percakapan bahasa inggris.

Proses selanjutnya yaitu menulis. Setelah kamu bisa mulai berbicara bahasa inggris kamu bisa mulai menuliskannya, dan sudah pasti membacanya.

Dengan proses tersebut, artinya kamu sudah bisa berbahasa inggris. Hanya saja, banyak aturan dalam bahasa inggris khususnya grammar.

Misalnya saja, untuk menulis sebuah paragraf yang baik akan membutuhkan aturan tata bahasa atau grammar. Terlebih lagi jika tulisan tersebut digunakan dalam urusan formal.

Oleh karena itu, kita mebutuhkan materi belajar yang kompleks dalam bahasa inggris. Paling tidak, kamu perlu belajar materi basic berikut ini untuk memulai belajar bahasa inggris:

1. Vocabulary

Materi yang pertama dalam belajar bahasa inggris untuk pemula. Mulai menghafal vocab yang digunakan sehari-hari merupakan cara jitu belajar bahasa inggris untuk pemula. Kamu bisa membuat tema vocab untuk menentukan vocab yang perlu dihafal, contoh tema yang bisa digunakan:

Hari 1: Football

Hari 2: Elementary School

Hari 3: Technology

Hari 4: Healthy food

Hari 5 : Kitchen

Hari 6: Animals

Hari 7: Environment

dan seterusnya..

Kamu bisa menemukan list vocab dari berbagai sumber. Jika kamu masih bingung, banyak modul bahasa inggris yang dijual bebas di toko buku.

2. Translating

Materi kedua dalam belajar bahasa inggris untuk pemula adalah translating.Pernah mencoba menerjemahkan sebuah artikel dari bahasa inggris ke bahasa indonesia?

Mungkin pertama-tama akan terasa sulit dan memakan waktu sangat lama. Tapi jika dilakukan setiap hari tentu akan menjadi semakin mudah.

Menerjemahkan artikel sangat berguna untuk mengasah grammar dan vocab kita. Dalam satu waktu, kita membaca artikel bahasa inggris, kemudian berpikir untuk menerjemahkannya.

3. Grammar

Beberapa poin penting yang perlu kamu ketahui tentang belajar grammar bagi pemula adalah:


  • Kata ganti

Sesuai dengan judulnya, kata ganti merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan orang atau benda sebagai subjek, objek, kata sifat atau kepemilikan.


  • Kalimat Sederhana

Kalimat sederhana merupakan kalimat yang hanya terdiri dari subjek, verb dan objek. Bagi kamu yang sedang belajar bahasa inggris untuk pemula, kita mengenalnya dengan Subject (I, You, We, They, She, I, It) + Verb (Kata kerja) + Object.
Contoh : She bring an umbrella


  • Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks bisa terdiri dari kalimat utama dan kalimat pendukung dengan menggunakan konjungsi atau kata sambung. Untuk membuat kalimat kompleks, kita membutuhkan pemahaman tentang konsep grammar yang luas.
Contoh : I meet the man who brought my uncle’s car yesterday


  • Tenses

Tenses merupakan bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu terjadinya peristiwa tersebut. Ada 16 tenses yang perlu kamu kuasai. tenses yang digunakan bergantung pada waktu kejadian, misalnya jika kita sedang melakukan sesuatu saat ini, tenses yang digunakan adalah present continous tense.
Contoh : They are going home right now

Belajar bahasa inggris untuk pemula membutuhkan waktu yang panjang dan keseriusan. Mengikuti kursus bahasa inggris adalah langkah tepat untuk menanamkan materi dasar bahasa inggris.

Dengan adanya teman belajar dan tutor yang memandu, tentu kita akan lebih mudah memahami bahasa inggris.

Semoga artikel tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula ini bermanfaat untuk Anda yang sedang memulai belajar bahasa inggris. Tidak ada kata terlambat untuk belajar.
Top