Begitu Menyedihkan Nasib Guru Honorer! Sudah Tak Diakui Oleh Negara Gajipun Sungguh Miris

Komentar

Nasib miris guru honorer diolah dari geotimes.com

Siapa bilang jadi guru enak?

Jika tahu kehidupan guru honorer, anda pasti menangis...

Memang benar pepatah mengatakan " Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa" pengorbanan tak sesuai dengan gaji yang di dapatkan.

Mendikbud Muhadjir menjelaskan, sejatinya guru honorer merupakan profesi yang tidak terkait atau terikat dengan instansi mana pun.

Berdasarkan peraturan yang berlaku, kata Muhadjir, guru honorer seharusnya sudah tidak boleh ada dalam sekolah.

"Guru honorer itu sebetulnya sudah tidak ada, karena memang menurut peraturan tidak boleh ada lagi dari rekrutmen guru honorer," kata Muhadjir seperti dilansir dari detik.com

Mendikbud Buka-bukaan soal Rendahnya Gaji Guru Honorer

Akibatnya guru-guru yang pensiun tidak ada penggantinya maka untuk mengisi kekosongan tersebut pihak sekolah mau tak mau harus mencari tenaga pengajar baru yang dapat diperbantukan.

Dari sana lah guru honorer kemudian bisa masuk dan membantu mengajar.

Oleh sebab itu, guru honorer merupakan tanggung jawab dari pihak sekolah yang melakukan pengangkatan untuk membantu kegiatan belajar mengajar di sekolahnya.

"Sekolah-sekolah itu mengangkat guru pengganti, nah itulah yang dinamakan guru honor. Jadi itu sebetulnya guru-guru yang diangkat oleh kepala sekolah,"  kata Muhadjir.

"Jadi secara struktural memang tidak memiliki hierarki dengan instansi terkait, jadi itu karena memang diangkat oleh kepala sekolah, jadi memang yang harus bertanggungjawab atas yang bersangkutan itu, ya kepala sekolah masing-masing," tutupnya.

BACA JUGA: Bisa Bayar Ratusan Ribu Hingga Jutaan, Waspada Saat Minta Rujukan BPJS

Sungguh miris gaji Guru honorer

Di saat gaji guru PNS berjuta-juta per bulannya, bahkan bagi guru PNS yang sudah bersertifikasi bisa mengantongi gaji yang sedemikian besar, gaji guru honorer swasta yayasan harus "nrimo" dengan gajinya yang hanya puluhan ribu hingga beberapa ratus ribu per bulannya.

Seperti yang sedang viral ahir-ahir ini, foto gaji guru honorer swasta ini bener-bener bikin trenyuh.



Honor guru ini selama satu bulan sama besarnya dengan Uang Makan PNS 2018/2019 satu hari, amat jauh dengan gaji yang diterima PNS per bulan.

Ketimpangan gaji seorang guru memang kentara sekali, antara penghasilan seorang guru PNS dibandingkan dengan seorang guru swasta di madrasah-madrasah dan sekolah swasta yang keuangannya belum mapan.

Entah nyata atau tidak, yang pasti miris amat hati ini melihatnya.

Kita doakan saja mudah-mudahan gaji yang hanya puluhan ribu itu berkah, dan memicu rizki lain yang tidak disangka-sangka karena keikhlasan mereka mencerdaskan kehidupan bangsa. Merekalah sejatinya pahlawan tanpa tanda jasa.
Top