Bangun Kesiangan Hingga Lupa Sholat Tahajud, Ini Amalan Pengganti yang Bisa Anda Lakukan

Komentar

Sholat tahajud, amalan sunnah utama yang istimewa, diolah dari mediamuslim.net

Begitu banyak keutamaan bagi yang melaksanakan sholat tahajud...

Namun melaksanakan shalat tahajud di malam hari merupakan perjuangan yang sangat berat hingga kita sering melewatkannya.

Lantas, adakah amalan pengganti tahajud (shalat malam) yang pahalanya seperti shalat malam?

Sholat tahajud adalah adalah salat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Tata cara sholat tahajud sama seperti sholat sunnah pada umumnya, tetapi dikerjakan setelah tidur.

Namun masih banyak orang yang susah bangun malam untuk melakukan amalan sunnah yang paling utama ini.

Mengganti sholat tahajud yang terlewat.

Seorang muslim yang memiliki kebiasaan shalat malam, kemudian pada malam tertentu dia tidak sempat melaksanakannya karena udzur tertentu, maka dia bisa menggantinya dengan melaksanakan shalat sunah di waktu dhuha sebanyak jumlah rakaat shalat malam  yang menjadi kebiasaannya ditambah satu, sebagai penggenapan.

Misalnya, seseorang memiliki kebiasaan tahajud 3 rakaat, jika tidak sempat melaksanakannya karena sebab tertentu maka dia bisa menggantinya dengan shalat di waktu dhuha 4 rakaat.

Dari A’isyah radhiallahu ‘anha, beliau mengatakan,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا فَاتَتْهُ الصَّلاَةُ مِنَ اللَّيْلِ مِنْ وَجَعٍ أَوْ غَيْرِهِ صَلَّى مِنَ النَّهَارِ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam punya kebiasaan ketika tidak mengerjakan shalat malam karena sakit atau yang lainnya, beliau shalat di siang harinya sebanyak 12 rakaat.” (HR. Muslim 746).

BACA JUGA: Astaghfirullahal Adzim, Gerhana dan Gempa Tanda Kiamat Sudah Dekat Sesuai Hadis Rasulullah

Tidak mudah memang membiasakan shalat malam, karena di saat itulah enak-enaknya tidur. Butuh usaha, kerja keras, dan kesabaran.

Bahkan ada yang berkata pada Ibnu Mas’ud, “Kami tidaklah sanggup mengerjakan shalat malam.” Beliau lantas menjawab, “Yang membuat kalian sulit karena dosa yang kalian perbuat.” (Ghodzaul Albaab, 2/504).

Begitulah amalan pengganti yang bisa kita lakukan ketika terlewat melaksanakan sholat tahajud.

Namun jangan terus melewatkan shalat tahajud karena alasan yang nggak syar’i, karena bisa saja sulit bangun malam akibat dosa kita sendiri.

Demikian, Wallahu A'lam.
Top