Bagaimana Hukum Berkurban Lewat Online?

Penulis Alif Hamdan | Ditayangkan 27 Aug 2018

Tak mau ribet, masyarakat lebih pilih berkurban lewat online

Jaman sekarang teknologi memang yang paling pesat kemajuannya. Banyak orang menggunakannya tak cuma-cuma, salah satunya berkurban lewat online. Bagaimana hukumnya menurut islam??

Bagaimana Hukum Berkurban Lewat Online?Image from liputan6.com

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat juga ikut mengubah gaya hidup masyarakat. Terutama bagi kaum millennial yang dikenal memiliki kesibukan padat.

Kehadiran online system membantu berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari belanja, memesan tiket perjalanan, hingga berbagai jasa lainnya yang ditawarkan secara online, seperti yang dilansir oleh liputan6.com.

Bahkan, belakangan ini berkurban pun bisa dilakukan secara online. Kini banyak bermunculan situs-situs yang menawarkan paket kurban online. Hal ini tentu saja bisa menjadi solusi yang menarik bagi millennial.

Baca juga : Politik Dalam Islam Itu Perlu, Namun Jangan Sampai Anda Kebablasan

Di satu sisi, ada keinginan untuk berkurban. Tapi, di sisi lain kesibukan sehari-hari membuat mereka nggak memiliki waktu untuk membeli hewan kurban bahkan mengelolanya saat Hari Raya Idul Adha tiba.

Pertanyaannya, bagaimana sih hukum kurban online dalam pandangan Islam? Tentu saja siapapun ingin menyempurnakan ibadahnya dengan ikut berkurban saat momen Idul Adha tiba.

Tapi, keraguan akan sah atau tidaknya berkurban secara online seringkali menjadi pertimbangan yang dilematis bagi muslim millennial.

Syeikh Ibnu Jibrin, salah seorang ulama dari Saudi Arabiyah dan juga Doktor Nashir Al Umar yang menyusun fatwa "Mawqi'ul Muslim", sepakat memilih pendapat tentang diperbolehkannya kurban online atau memindahkan kurban dari pekurban dengan syarat tersebarnya syiar Islam yang merupakan inti disunnahkannya ibadah tetap ada.

Bahkan, menurutnya, makna kurban akan semakin kuat di daerah minoritas. Pasalnya, sebagaimana dipahami sesungguhnya tujuan dari berkurban adalah menampakkan syiar Islam di setiap daerah atau negara dan memberikan manfaat bagi kaum Muslim yang fakir dan miskin.

Baca juga : Sebuah Anugrah Allah SWT, Inilah Keistimewaan Orang yang Meninggal Dunia di Makkah

Adapun proses melakukan kurban secara online adalah daging kurban akan didistribusikan oleh lembaga atau panitia kurban untuk dari tempat tinggal pekurban ke daerah atau negara lain yang membutuhkan, seperti daerah atau negara lain yang masuk ke dalam kategori miskin dan minoritas.

Apabila, Anda ingin mencoba melakukan kurban online, Anda bisa menunaikannya melalui media yang aman dan terpercaya. Contohnya, Dompet Dhuafa.

Tunaikan kurbanmu dan nikmati kemudahan pembayaran kurban melalui channel pembayaran online Dompet Dhuafa dengan cara klik kurban.dompetdhuafa.org, lalu pilih jenis hewan kurban anda yang terdiri dari kambing standar, kambing premium dan sapi. Kemudian, isi form data diri pekurban dengan lengkap.

Setelah selesai, klik 'kurban sekarang'. Pilih metode pembayaran, lalu akan diarahkan menuju portal pembayaran yang dipilih. Setelah konfirmasi pembayaran berhasil, buktinya akan dikirimkan ke donatur.

SHARE ARTIKEL