Bikin Merinding, Berikut Hadist dan Ayat Alquran Tentang Menyakiti Hati Orang Lain

Komentar

ayat alquran tentang menyakiti hati orang lain via sewarga.com

Di dalam Islam, menyakiti hati orang lain sangat tidak diperbolehkan. Sesama muslim diwajibkan untuk saling mendukung dan memberikan bantuan, bukan malah menjatuhkan dan saling menghina. Larangan ini terdapat pada ayat alquran tentang menyakiti hati orang lain.

Pelaksanaan dari rukun iman sendiri, diantara ikatan sesama muslim merupakan bersaudara dan juga sudah harus buat silih menyokong sekalian membagikan dorongan. Bagaikan sesama muslim, kita dilarang buat silih menyakiti dan juga menghina biar nantinya umat muslim hendak terjalin lebih kokoh sekalian menjauh dari bermacam balasan yang hendak mengalami apabila kita menyakiti hati teman.

Bagaimanapun kekuatan muslim jika disatukan akan menjadi kekuatan yang sangat besar dan menggetarkan dunia. Sedangkan jika orang-orang kafir yang berkuasa dan mereka yang menginginkan Islam runtuh, maka dampaknya adalah kemunduran Islam.

Untuk itu, Islam melarang untuk menyakiti hati orang lain khususnya sesama muslim. Sedangkan menyakiti hati orang lain adalah sesuatu yang mudah kita lakukan. Maka janganlah kita asal berbicara atau melakukan sesuatu tanpa pernah dipikirkan terlebih dahulu.

Baca Juga : Jika Hatimu Bersedih, Baca Doa yang Diajarkan Rasullullah Ini InsyaAllah Sedihpun Hilang

Hadist dan Ayat Alquran Tentang Menyakiti Hati Orang Lain

Di dalam Al-Quran dan hadist dijelaskan banyak hal mengenai larangan untuk menyakiti hati orang lain. Berikut adalah ayat Alquran tentang menyakiti hati orang lain beserta dalil-dalil yang terkait.

1. Mencaci Maki Akan di Balas di Neraka

ilustrasi neraka via media.ihram.asia

“Sesungguhnya umatku yang bangkrut adalah orang yang pada hari kiamat datang dengan shalat, puasa, dan zakat, tetapi ia selalu mencaci-maki, menuduh, dan makan harta orang lain serta membunuh dan menyakiti orang lain. Setelah itu, pahalanya diambil untuk diberikan kepada setiap orang dari mereka hingga pahalanya habis, sementara tuntutan mereka banyak yang belum terpenuhi. Selanjutnya, sebagian dosa dari setiap orang dari mereka diambil untuk dibebankan kepada orang tersebut, hingga akhirnya ia dilemparkan ke neraka.” (HR Muslim)

Di dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa mencaci maki akan dibalas di neraka. Mencaci maki akan membuat sakit hati orang lain dan balasan yang ada adalah neraka jahannam. Perilaku menyakiti hati orang lain yang disebutkan di dalam hadist di atas adalah seperti mencaci maki, menuduh, memakan harta orang lain, dan menyakitinya. Untuk itu perilaku tersebut jangan sampai kita lakukan dan jangan sampai menjadi kebiasaan, karena Allah akan membalasnya dengan neraka jahannam.

2. Menyakiti Muslim Sama Dengan Perbuatan Dosa

ilustrasi al ahzab ayat 58 via sacred-texts.com

“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata” (QS Al Ahzab : 58)

Di dalam Islam, menyakiti hati sesama muslim adalah perbuatan dosa. Untuk itu jangan sampai kita menumpuk dosa-dosa kecil ataupun besar dengan menyakiti hati orang lain khususnya saudara kita sesama muslim. Jangan sampai kita menjadi orang-orang yang Allah benci karena kita menyakiti hati saudara kita.

3. Larangan Mencari Kesalahan Orang dan Menggunjing


ilustrasi al hujurat ayat 12 via sayahafiz.com

“Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain” (QS Al Hujurat : 12)

Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa kita dilarang untuk mencari kesalahan orang lain dan jangan sampai menggunjing. Perbuatan tersebut tentu akan menyakiti hati orang lain dan tentunya akan berefek kepada perilaku fitnah. Perilaku fitnah tentunya bermula dari mencari-cari kesalahan orang dan menggunjingkannya. Sedangkan, fitnah sendiri di dalam Al-Quran adalah seperti memakan bangkai saudara sendiri.

4. Setiap Muslim Adalah Bersaudara

ilustrasi bersahabat via pinterest.com

Setiap muslim itu saudara bagi muslim yang lain. Dia tidak akan menzhaliminya, menghinakannya, dan tidak pula meremehkannya. Keburukan seseorang itu diukur dari sejauh mana dia meremehkan saudaranya” (HR.Muslim)

Setiap muslim adalah bersaudara. Untuk itu, jangan sampai seorang muslim menzalimi saudaranya karena sama dengan merendahkan dirinya sendiri. Seorang muslim yang menghinakan dan merendahkan saudaranya maka akan menghilangkan

5. Menolong Saudara Adalah Sama Wajibnya dan Bernilai Ibadah

ilustrari tolong menolong via steemit.com

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata, seseorang bertanya, “Wahai Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam, ada seorang wanita yg rajin shalat malam dan shiyam sunnah, tetapi tetangganya tersiksa karena lisannya.” maka belau Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda, “Dia tidak memiliki kebaikkan sama sekali. Dia akan masuk neraka.”

Rasulullah menyampaikan bahwa menolong saudara atau lingkungan sekitar adalah kewajiban dan jangan sampai kita menyiksa saudara karena lisan yang telah dikeluarkan kita. Untuk itu, berikan bantuan kita dan berikan yang terbaik agar kita juga bisa mendapatkan keberkahan dari urusan mereka. Selain itu ada banyak juga hikmah silaturahmi jika kita laksanakan pada saudara muslim.

Demikian ulasan mengenai hadist dan ayat alquran tentang menyakiti hati orang lain. Pikirkan segala hal sebelum bertindak, terutama lisan. Semoga artikel ini bermanfaat.
Top