Bacaan Lengkap Allahummarhamna Bil Quran, Doa Khatam Al Qur'an

Komentar

allahummarhamna bil quran via razreenashraf.blogspot.com

Sudahkah Anda Khatamkan Al Quran? Allahummarhamna bil quran biasanya dibaca ketika kita mengkhataman Al Quran. Yuk ketahui arab, latin, dan terjemah dari allahummarhamna bil quran.

Lamat-lamat dari pengeras suara di masjid terdengar suara anak-anak melantunkan doa khatam Quran (doa sesudah selesai membaca Al-Quran). Doa itu terdengar begitu syahdu, membuat kalbu bergetar.

Diantara ketaatan yang paling mulia dan ibadah serta taqarrub yang paling agung yang semestinya dijalankan oleh seorang muslim adalah berdo’a.

Allahummarhamna bil quran, lafadz doa ini hendaknya dibaca bagi siapapun yang telah selesai mengkhatamkan kitab suci Al-Quran. Berdoa sendiri sangat dianjurkan dalam islam di setiap kesempatan, salah satunya adalah sebelum dan setelah melakukan sesuatu apapun itu bentuknya asalkan berupa kebaikan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai doa Allahummarhamna bil quran yang bisa Anda baca ketika selesai mengkhatamkan Al Quran.

Baca Juga : Terbaru, Cara Membaca Alquran dengan Metode yang Tepat Dan Cepat

Doa Khatam Al Quran Arab, Latin dan Terjemahannya


 أَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَاماً, وَنُوْراً, وَهُدًى وَرَحْمَةً, أَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ, وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ, وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آناَءَ اللَّيْلِ, وَأَطْرَفَ النَّهَارِ , وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ 

Latinnya :

Allahummarhamna bil quran

waj’alhulana imama wa nuro

wa huda wa rohmah

Allahuma dzakkirna minhuma nasina

Wa ‘alimna minhuma jahilna

Warzuqna tilawatahu

Ana allayli wa athro fannahar

Wa’alhulana hujjatayya robbal’alamin

Allahummarhamna bil quran Ya Allah

Terjemahannya :

"Ya Allah rahmatilah kami dengan al Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam."

Bisa juga membaca doa khatam quran berikut ini :


أَللّهُمَّ نَوِّرْ قُـلُوْبَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ زَیِّـنْ أَخْلَاقَـنَا بـِالْقُـرْآن وَ أَصْلِـحْ اُمُورَنـــَا بِالْقُـرْآن، وَأشْـفِ مَرْضَانـَا بـِالْقـُـرْآن وَ اَدِّ دُیُـوْنَـنَـا بِالْقُـرْآن، وَ فـَرِّجْ هُمُوْمَنـَا بـِالْقُـرْآن وَ اغْـفِرْ لِمُوْتـَانَـا بِالْقُـرْآن، وَ سَلِّمْ مُسَافِـرِیْنـَا بِالْقـُـرْآن وَ احْفَظْ إِمَامَ زَمَانِـنَا بِالْقُـرْآن، وَعَجِّل فَرَجَ إِمَامِنَا بِالْقُـرْآن وَ أحْفَظْ عُلَـمَائَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ أکْشِـفْ کُـرُوْبَنــَا بِالقُـرْآن وَ أحْـفَـظْ قَـائِدَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ أنْصُـرْ جُـیـُوْشَنَا بِالْقُـرْآن وَ أرْحَـمْ إِمـَامَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ أرْحَـمْ شُهَـدَاءَنـَا بِالْقُـرْآن وَ نَجِـّنـَا مِـنَ النـَّارِ بِالْقُـرْآن، وَ أدْخِـلْنـَا فِي الْجَـنـَّةِ بِالْقُـرْآن أَللّهُمَّ أجْعَلِ الْقُـرْآنَ لَنـَا فِي الدُّنْیـَا قَـَرِیْنـًا وَ فِي ألْقَـبْرِمُـوْنِـسًـا وَ أَنِـیْسًـا وَ عَلَی الصِّرَاتِ نُـوْرًا وَ دَلِیْلًا وَ فِي ألْجَنـَّةِ رَفِـیْقـًا وَ شَفِـیْقـًا بِرَحْمَتِـكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْـن

Artinya : 

Ya Allah, sinarilah hati kami dengan Alquran dan hiasilah akhlak kami dengan Alquran Perbaikilah urusan kami dengan Alquran dan sembuhkanlah penyakit kami dengan Alquran Tunaikanlah hutang kami dengan Alquran dan hilangkanlah kegelisahan kami dengan Alquran Ampunilah orang-orang kami yang telah wafat dengan Alquran dan berilah keselamatan para musafir kami dengan Alquran Jagalah imam jaman kami dengan Alquran dan segerakanlah kemunculannya dengan Alquran Jagalah ulama kami dengan Alquran dan hilangkanlah kesusahan hati kami dengan Alquran Jagalah pemimpin kami dengan Alquran dan tolonglah tentara kami dengan Alquran Rahmatilah imam kami dengan Alquran dan rahmatilah para syahid kami dengan Alquran ٍSelamatkanlah kami dari neraka dengan Alquran dan masukkanlah kami ke surga dengan Alquran Ya Allah, jadikanlah Alquran sahabat di dunia Penenteram serta teman penghangat kami di dalam kubur cahaya dan petunjuk di atas shirat teman dan penyayang kami di surga Dengan rahmat-Mu, wahai Dia Yang Maha Pengasih di atas semua pengasih.

Bisa juga dengan membaca doa khatam Quran berikut ini :


گلام قديم لا يمل سماعهتنزه عن قول وفعل ونية به أشتفی من کل داء ونوره دليل لقلبی عند جهلی وحيرتی فيا رب متعنی بسر حروفه ونوربه قلبی وسمعی ومقلتی ويارب يافتاح إفتح قلوبنا وفهم به قلبی علوم الشريعة وصل وسلم ياإلهی لمنذر عدد حروف بالقرآن والسورة

Artinya :

AlQuran adalah kalamullah yang qadim yang tidak ada kebosanan untuk didengarkan Yang disucikan dari ucapan, perbuatan dan kehendak Dengan Al quran itu aku minta kesembuhan dari segala penyakit dan cahaya Alquran Itu menjadi petunjuk hatiku ketika aku dalam kebodohan dan kebingungan Wahai Tuhanku, anugrahilah aku dengan rahasia dalam huruf Alquran Dan berilah cahaya dihatiku, pendengaran dan mataku berkat Alquran Tuhanku yang Maha pembuka, bukakanlah hati kami dan fahamkanlah hati ini dengannya ilmu-ilmu syariat Berilah sholawat serta salam ya Tuhanku kepada penyeru (Nabi Muhammad saw) sebanyak huruf huruf Alquran dan surat~surat. Demikianlah teks bacaan doa khatam Al Quran lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah doa khotmil quran ini bisa bermanfaat dan dibaca setelah selesai mengkhatamkan kitab suci Al-Quran. Wallahu a’lam.

Baca Juga : Keutamaan Membaca Alquran yang Ternyata Banyak yang Tidak Diketahui

Adab berdoa

Di dalam do’a juga terkandung kerendahan seorang hamba dan kebutuhannya di hadapan Tuhannya yang Mahapencipta dan Mahatinggi. Allah swt telah memerintahkan kita untuk berdo’a dan Dia telah menjanjikan untuk mengabulkan permohonan kita.

Firman Allah Ta’ala :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُواْ لِي وَلْيُؤْمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al-Baqarah: 186)

Dari Abi Hurairah ra berkata : Nabi saw bersabda : 
"Barangsiapa yang senang agar Allah mengablkan baginya pada saat kritis dan bencana maka hendaklah dia memperbanyak do’a pada kondisi lapang”.

Di antara manusia ada yang diberikan oleh Allah karunia yang luas namun mereka tidak bersykur namun mereka tetap angkuh dan sombong. Allah berfirman tentang orang-orang seperti ini :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: 
“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Ghafir: 60)

Di antara mereka adalah kaum mu’minin yang mengetahui kekuasaan Tuhan mereka dan mereka meyakini bahwa tidak ada kebahagiaan dan kemenangan di dunia akherat kecuali dengan Allah. Allah berfirman memuji mereka :

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَوَهَبْنَا لَهُ يَحْيَىٰ وَأَصْلَحْنَا لَهُ زَوْجَهُ ۚ إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا ۖ وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ

Artinya :
Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada kami dengan harap dan cemas[. dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada kami. (QS. AL-Anbiya’: 90)

Allahummarhamna bil quran, aamiin

Berikut ini Video Allahummarhamna bil quran - Doa Khotmil Qur'an

Itulah bacaan allahummarhamna bil quran, doa yang dibaca ketika khotmil Quran. Semoga menambah wawasan Anda dan bermanfaat. Terima kasih
Top