Macam-macam Alat Transportasi Tradisional dan Modern

Komentar

alat transportasi via wajibbaca.com

Alat transportasi merupakan sarana penghubung suatu daerah dengan daerah lainnya. Fungsi alat transportasi adalah untuk memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. 

Alat Transportasi merupakan sesuatu yang penting, karena dengan transportasi jarak yang jauh terasa menjadi dekat dan dapat dijangkau dengan mudah. Menurut tempat bergeraknya, alat transportasi dibagi menjadi tiga yaitu, alat transportasi darat, laut, dan udara.

Diketahui Jaman (zaman) dulu transportasi sudah menjadi kebutuhan manusia. Jadi macam-macam kendaraan masa lalu (kuno) masih menjadi pelajaran yang berharga hingga saat ini.

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, atas izin Allah SWT semua menjadi efisien, khususnya di dunia transportasi.

Perubahan dari alat kendaraan tradisional ke modern adalah seuatu keharusan yang tidak bisa dilawan. Ada masanya transportasi kuno pupus ditelan zaman diganti dengan transportasi canggih. Meski ada yang masih bertahan sampai kini, seperti ojek, becak mesin, angkutan kota (angkot). Bahkan ojeg terjadi modifikasi dalam bentuk bisnisnya, dimana korporasi ikut mengelola yang saat ini dikenal dengan Gojek, Grabike, dan sejenisnya.

Baiklah, berikut akan dibahas informasi 11 alat-alat transportasi tradisional dan 10 alat transportasi modern.

11 Alat Transportasi Tradisional 

Alat transportasi tradisional di Indonesia masih banyak digunakan oleh para penduduk, baik penduduk pedesaan maupun perkotaan. Berikut ini diantaranya :

1. Alat transportasi tradisional bernama ‘Becak Dayung’

ilustrasi becak dayung via becakminiku.wordpress.com

Dengan kekuatan kaki, tukang becak dayung menggerakkan alat transportasi tradisional ini. Muatan sewa yang diangkut pun tidak bisa banyak dan jarak tempuh yang dilalui juga tidak terlalu jauh.

Di Indonesia, biasanya sepeda di gandeng dengan ‘bak’ becak, diberi tempat duduk serta dipoles dengan warna cat tertentu. Jadilah becak.

Dalam menjalankan transportasi becak, pengemudi tidak selalu memiliki becaknya sendiri. Bisa saja ia memakai becak orang lain dengan sistem bagi hasil atau setoran uang dalam jumlah tertentu.

2. Delman juga dikenal sebagai alat trasportasi tradisional


ilustrasi delman via pikiran-rakyat.com

Alat Transportasi ini tidak ada disemua daerah. Banyaknya di daerah Jawa. Alat kemudinya adalah kuda yang diposisikan didepan untuk mengangkut sewa.

Karena keberadaannya tidak disemua daerah, maka tidak semua warga Indonesia dapat menikmati Delman.

3. Bentor termasuk macam-macam alat kendaraan tradisional


ilustrasi bentor via commons.wikimedia.org

Alat kendaraan Bentor adalah singkatan dari Becak Motor yang merupakan kendaraan roda tiga. Menurut laman Wikipedia, Bentor berasal dari Gorontalo. Namun, dibeberapa daerah, Bentor juga bisa dijumpai selain Gorontalo.

Sepeda motor menjadi alat kemudi Bentor yang berada dibelakang. Beda dengan Delman, dimana alat kemudinya berada di depan.

4. Angkutan Kota (Angkot)


ilustrasi angkot via plukme.com

Di Medan dan Padang, dikenal Angkutan Kota (Angkot) sebagai transportasi zaman dulu dan masih ada sampai artikel ini ditulis. Bahkan, jumlahnya semakin bertambah seiring pelebaran infrastruktur jalan.

Ongkos angkutan ini biasanya berdasarkan jarak tempuk kilometer (KM).

Pemilik Angkot biasanya memodifikasi dengan aneka bentuk dan warna. Tak jarang alat transportasi itu juga tambah dengan sound (music) yang memekakkan telinga penumpang.

5. Sudah lama warga Indonesia mengenal OJEK sebagai alat transportasi tradisional


ilustrasi ojek via tabloidjubi.com

Untuk alat kendaraan atau transportasi Ojek ini, hampir disemua daerah ada. Karena modal yang disediakan hanyalah sepeda motor dan pengemudinya.

Ojek mempunyai pangkalan tertentu disetiap daerah yang biasanya dikenal dengan nama Pangkalan Ojek.

6. Dokar Yogya juga bagian dari alat transportasi tradisional yang harus dilestarikan


ilustrasi dokar via youtube.com

Meski ada cuma di Yogyakarta, Dokar menasional nama alat transportasinya. Mungkin ini disebabkan Jogja yang dikenal sebagai kota pendidikan dan wisata.

7. Becak Mesin hampir ada disemua daerah


ilustrasi becak mesin via lemabang.wordpress.com

Terjadi perbedaan yang mendasar antara becak mesin dan becak motor. Walau bagi sebagian orang keduanya adalah sama. Tapi, jika ditelusuri lebih jauh, keduanya berbeda. Dimana bedanya?
  • Posisi alat kemudi atau kendali.
  • Jenis sepeda motor yang digunakan.
  • Dinilai sama, karena becak mesin dan becak motor sama-sama dikenal sejarah sebagai alat komunikasi tradisional.

8. Cidomo ikut di juluki alat transportasi tradisional


ilustrasi cidomo via apwtour.com

Menurut Wikipedia, pengertian Cidomo (Cimodok) adalah alat transportasi tenaga kuda khas pulau Lombok dan Kepulauan Gili. Karena memakai hewan bernama kuda, sepertinya Cidomo hampir mirip dengan delman.

9. Mengenal alat trasportasi zaman dulu bernama Pedati

ilustrasi pedati via travel.detik.com

Pedati menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah n gerobak yang dihela kuda, lembu, atau kerbau.

Alat transportasi tersebut adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi.

10. Ojek Sepeda


ilustrasi ojek sepeda via wanita.me

Ternyata, zaman dulu, ojek bukan cuma memakai sepeda motor. Alat transportasi sepeda juga dipakai oleh manusia tempo dulu.
Yang pasti, ojek dengan sepeda manual lebih lama sampainya daripada ojek sepeda motor.

11. Getek yang berfungsi sebagai transportasi tradisional menyebrang sungai


ilustrasi getek via bagi-in.com

Bambu adalah bahan yang dipakai untuk membuat alat getek. Beberapa bambu di susun dan dibentangkan, tak lupa direkatkan satu dengan yang lain.

Muatan getek tidaklah jauh, cuma hanya menyebrang sungai saja. Paling sekitar 100 KM saja atau lebih kurang. Benda yang bisa diangkutcselain manusia adalah sepeda dan sepeda motor, itupun tidak banyak jumlahnya.

10  Alat Transportasi Modern

Zaman modern saat ini, Semakin banyak ditemui berbagai transportasi canggih di berbagai negara. Hal ini dilakukan agar masyarakat-nya nyaman menggunakan transportasi umum.

1. Gojek, Lady Jek, Grabike


ilustrasi gojek via nextren.grid.id

Alat ini masuk kategori transportasi modern karena sudah di kelola berbasis teknologi. Dimana, penumpang bisa memesan dengan aplikasi Android dan sejenisnya.

2. TransJakarta


ilustrasi transJakarta via transjakarta.co.id

Seperti armada Kereta Api, TransJakarta mempunyai jalur khusus untuk lalu lintasnya. Hal ini yang menandakan sebagai alat transportasi tersebut masuk kategori modern.

Walau sudah ada jalur khusus, kecelakaan di jalur Transjakarta bisa juga terjadi. Tentu saja, peristiwa tersebut sangat disayangkan.

3. Kereta Api


ilustrasi kereta api via koranbernas.id

Dengan kemajuan teknologi yang ada, transportasi kereta api semakin dibutuhkan oleh zaman. Perannya, selain untuk mengangkut penumpang bernama manusia, kereta api juga mengangkut barang-barang paket kiriman.

Dibeberapa daerah, Kereta Api mempunyai peran khusus, yakni cuma mengangkut penumpang yang ingin menuju Bandara Pesawat.

4. Drone


ilustrasi drone via temblor.net

Selain berperan sebagai pengintai dan merekam kejadian atau peristiwa tertentu. Di Amerika Serikat (AS), alat Drone difungsikan mengangkut barang pesanan konsumen. Adapun yang sudah menerapkannya perusahaan Amazon.

Karena alatnya yang ‘mini’, maka drone cuma bisa mengangkut benda yang sudah di tentukan berat dan ukurannya.

5. Kapal Laut


ilustrasi kapal laut via hargatiketpromo.com

Untuk wilayah air, kapal laut menjadi alat transportasi yang masih dibutuhkan manusia. Ada jenis beberapa kapal laut terkait muatannya.
  • Kapal laut yang khsusus mengangkut penumpang dan barang kiriman.
  • Kapal laut yang khusus mengangkut minyak.

6. Pesawat Terbang


ilustrasi pesawat via javaaviationacademy.com

Pesawat terbang (pesawat udara) adalah mesin atau kendaraan apapun yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Alat tansportasi ini dikenal modern karena terkenal canggih “Besi bisa terbang’.

Muatan penumpangnya berbeda-beda. Disesuaikan dengan ukuran besar pesawat. Biasanya, muatan besar digunakan untuk mengangkut jamaah haji atau umroh.

Dengan berbagai macam perkembangan teknologi pesawat terbang, wajar jika sarana transportasi ini dijuluki sebagai alat transportasi modern.

7. Helikopter

Helikopter mempunyai baling-baling yang memutar diatasnya. Dengan kekuatan baling-baling tersebut, maka alat transportasi modern itu pun bisa terbang menuju tempat tertentu.

8. Balon Udara


ilustrasi balon udara via radarsemarang.com

Nah, balon udara juga di kenal sebagai sarana transportasi yang modern. Bentuknya yang besar dan mampu mengangkut beberapa penumpang.

9. Kapal Selam

Jika ada kapal yang berjalan diatas air, beda dengan kapal laut yang berjalan tapi didalam air dengan kedalaman tertentu.

10. Taxi


ilustrasi taxi via flickr.com

Mobil yang digunakan untuk mengangkut penumpang dengan argo tertentu dikenal dengan nama taxi. Kini, persaingan taxi pun semakin sengit, banyak armada baru yang terus bermunculan dengan inovasinya masing-masing.

Armada taxi yang satu dipesan melalui telepon, sedang armada yang satunya lagi dipesan melalui aplikasi smasrtphone. Mana yang anda pilih?

Demikian infomasi mengenai jenis alat transportasi yang bisa kami berikan kepada kalian. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Sekian terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membacanya.
Top