4 Fakta Penyebab Banyak dan Ganasnya Nyamuk di Indonesia

Komentar
Masih saja tak sadar lingkungan,  jangan salahkan jika nyamuk banyak berkeliaran.

Nyamuk memang sangat dominan dengan lingkungan yang kumuh. Tak jarang banyak masyarakat yang mengeluh karena banyaknya nyamuk yang berkeliaran. Padahal, penyebab utamanya yakni dari diri masing masing karena kurang sadarnya mereka terhadap lingkungan.

Image from merdeka.com

Dalam beberapa waktu ini populasi nyamuk sangat banyak. Kehadiran serangga penghisap darah ini tak pernah berhenti mengganggu manusia. Gigitanya akan membuat kita merasa gatal-gatal, seperti yang dilansir oleh merdeka.com

Beberapa nyamuk dapat menularkan penyakit berbahaya kepada manusia seperti malaria dan demam berdarah. Banyak faktor yang membuat nyamuk berkembang biak dengan cepat.

Baca juga : 9 Khasiat Nyata Daun Pepaya, Resep Ampuh yang Telah Turun Temurun

Ini beberapa penyebab nyamuk semakin banyak, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Faktor cuaca



Penyebab nyamuk semakin banyak disebabkan karena perubahan iklim global. Suhu global yang meningkat menyebabkan nyamuk semakin suka kawin, bertelur terus sehingga meningkatkan penyakit yang ditularkannya.

Terlebih nyamuk semakin pintar beradaptasi dengan perubahan lingkungan, karena nyamuk adalah hewan kecil yang paling cepat beradaptasi dengan lingkungan.

2. Tumpukan barang yang terlalu banyak



Nyamuk sangat suka tinggal di tempat yang lembab, gelap dan lingkungan kotor. Dapat dipastikan jika di rumah banyak gantungan baju dan barang-barang yang disimpan secara sembarangn.

Kemudian tempat tersebut posisinya tertutup, kurang pencahayaan dan kotor itu akan menjadi tempat ternyaman nyamuk untuk tinggal dan berkembang biak.

Solusinya usahakan tidak ada tumpukan barang di rumah atau lingkungan sekitar. Rajin-rajin membersihkan rumah dan lingkungan tempat tinggal agar tidak ada tempat untuk nyamuk berkembang biak.

Baca juga : Ini Pentingnya Minum Air Putih Daripada Minum Kopi Setelah Bangun Tidur

3. Tanaman-tanaman liar



Selain di sela-sela tumpukan barang, nyamuk juga suka bersembunyi di daun-daun tanaman, terutama yang berbentuk lebar tipis maupun memanjang, serta di lubang-lubang pohon. Ini adalah salah satu naluri bertahan hidup serangga tersebut dari hewan-hewan pemangsa.

Jadi harus dipastikan lingkungan tempat tinggal bebas dari tanaman-taman liar untuk mengurangi tempat berkembang biaknya nyamuk.

4. Banyak air yang menggenang



Banyaknya genangan air bisa menyebabkan nyamuk dengan mudah berkembang biak. Terlebih lingkungan sekitar yang kurang dijaga kebersihannya seperti got-got karena akan menimbulkan jentik-jentik nyamuk.

Dengan waktu yang singkat, hanya dalam waktu 12 hari jentik nyamuk akan menjadi nyamuk dewasa. Anda bisa mencegah nyamuk-nyamuk tersebut berkembang biak dengan memastikan tak ada genangan air di sekitar rumah atau lingkungan Anda.

Nah, jika sudah mengetahui penyebabnya, alangkah baiknya jika kalian lebih sadar lingkungan sekitar.
Top