4 Dosa Besar Wanita Berhijab yang Masih Sering Dilakukan, Bahkan Serupa Dengan Pezina

Komentar

Berhijab namun masih mengundang dosa besar, diolah dari molto.com

Alhamdulillah karena tren hijab sekarang semakin digemari...

Namun wanita juga harus memahami, banyak kesalahan saat berhijab yang justru malah menyeretnya dalam dosa besar.

Diantaranya adalah kebiasaan-kebiasaan yang dianggap sepele berikut ini.

Banyak wanita yang mengenakan hijab tapi tak mengetahui rambu-rambu yang harus dipatuhi.

Antusias dalam menutup aurat tapi belum mengetahui kriteria-kriteria pakaian semacam apa yang memenuhi aturan syar’i.

Alahasil, tanpa sadar dia tetap memperoleh dosa besar walau sudah memakai hijab.

1. Memakai parfum saat keluar rumah.

Wanita yang memakai parfum saat keluar rumah, serupa dengan pezina. Cukup engkau memakai parfum di depan suami bila sudah menikah.

Jangan sekali-kali memakai parfum saat engkau melenggang di jalanan. Sungguh, kau akan mendapat dosa dari setiap lelaki yang mencium baunya.

Dari Abu Musa Al Asy’ary bahwanya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ

Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An Nasa’i no. 5129, Abu Daud no. 4173, Tirmidzi no. 2786 dan Ahmad 4: 414. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Sanad hadits ini hasan kata Al Hafizh Abu Thohir)

Dari Yahya bin Ja’dah, “Di masa pemerintahan Umar bin Khatab ada seorang perempuan yang keluar rumah dengan memakai wewangian.

Di tengah jalan, Umar mencium bau harum dari perempuan tersebut maka Umar pun memukulinya dengan tongkat. Setelah itu beliau berkata,

تخرجن متطيبات فيجد الرجال ريحكن وإنما قلوب الرجال عند أنوفهم اخرجن تفلات

“Kalian, para perempuan keluar rumah dengan memakai wewangian sehingga para laki-laki mencium bau harum kalian?! Sesungguhnya hati laki-laki itu ditentukan oleh bau yang dicium oleh hidungnya. Keluarlah kalian dari rumah dengan tidak memakai wewangian”. (HR. Abdurrazaq dalam Al Mushonnaf no. 8107)

2. Mengikat rambut sehingga nampak seperti punuk unta.

Banyak wanita yang tak mengindahkan larangan ini.

Hindarilah kebiasaan ini wahai Muslimah. Jangan mengikat rambutmu sehingga nampak seperti punuk unta.

Walau engkau telah berhijab, tetap saja ini perbuatan yang sungguh dilarang. Tidak tanggung-tanggung, pelakunya diancam tak akan mencium bau surga.

3. Memakai pakaian ketat.

Betapa banyak di luar sana wanita wanita yang berhijab tapi sama sekali tak mengerti bagaimana cara berhijab dengan baik dan benar menurut aturan agama.

BACA JUGA: Suami Wajib Tahu, Istri yang Seperti Ini Adalah Bahaya Terbesar Bagi Pria Setelah Kekafiran

Hanya sekadar berhijab tapi sama sekali tak memenuhi kriteria syar’i. Jangan biarkan dirimu masuk ke dalam golongan wanita yang nampak berpakaian, tetapi hakikatnya tak mengenakan busana apa-apa.

4. Memakai pakaian tipis.

Ini jua merupakan kebiasaan wanita-wanita zaman sekarang. Kadang hanya mengikuti trend dan gaya tapi tak memperhatikan aturan dan larangan agama. Tak peduli apa yang dikenakan sudah memenuhi syarat atau tidak, atau telah menutup secara sempurna atau tidak.

Kebanyakan lebih suka menuruti keinginan nafsu dan lebih mengutamakan pashion dan style. Tanpa sadar telah melanggar aturan dan larangan agama.

Yang kita saksikan saat ini, banyak wanita berjilbab atau berkerudung masih berpenampilan ketat dan seksi.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: (1) Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan (2) para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal baunya dapat tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128).

Semoga Allah memberi petunjuk pada wanita muslimah untuk berpakaian yang sesuai petunjuk Islam. Karena penampilan yang sesuai syariats lebih menyelamatkan mereka di dunia dan akhirat.
Top