Trik dan Rahasia Menggambar 3 Dimensi yang Keren

Komentar

3d via caramenggambar.tumblr.com

Bagaimana tips dan cara menggambar 3 dimensi? Apa menggambar 3 dimensi sangat susah? Apa itu 3 dimensi? Simak penjelasannya disini.

Seperti yang tertera pada artikel ini, akan kami berikan pembelajaran mengenai “Cara Menggambar Lukisan 3 Dimensi Hanya Menggunakan Pensil." Menggambar merupakan salah satu aktivitas alternatif kita saat mempunyai wakktu luang. Di dalam menggambar dengan teknik 3 Dimensi, terdapat beberapa cara, yaitu yang akan kamu bahas disini.

Jika kamu adalah salah seorang yang sedang belajar menggambar dan itupun secara otodidak. Kendala saat belajar otodidak adalah tidak mengetahui teknik atau cara menggambar, dibawah ini adalah tips dan cara belajar cepat menggambar 3 Dimensi beserta penjelasan lengkapnya.

Pengertian 3 Dimensi

3 Dimensi atau biasa di singkat “3D” yaitu sebuah objek yang memiliki bentuk panjang, lebar dan tinggi. Biasa didapati bahwa 3D digunakan dalam bidang matematika atau fisika. Namun, tak hanya dalam bidang tersebut, namun juga dapat digunakan dalam seni, grafis, animasi, komputer dan lain sebagainya.

Konsep 3 Dimensi memenerangkan suatu bagian yang memiliki 3 dimensi geometris atas kriteria mulai dari kedalaman, lebar, dan juga tinggi. Sebagaimana yang sudah kita lihat adalah bola, piramida dan juga benda spasial seperti kardus kotak sepatu.

Ternyata, nama 3D sering digunakan terutama dalam bahasa inggris sebagai representasi dalam menunjukkan grafis komputer digital. Dengan cara, menghilangkan gambar stereoscopic atau gambar lain dalam pemberian bantuan bahkan efek stereo sederhana. Yang secara wujudnya dapat menciptakan efek 2D (melalui perhitungan proyeksi perspektif, shading).

Karya Seni Gambar 3 Dimensi

Gambar 3 Dimensi yaitu sebuah gambar ataupun lukisan yang seolah-olah berada di dunia nyata. Dari setiap dimensinya mempunyai panjang, tinggi, dan lebar sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya. Jika kita menggambar di atas sebuah kertas, hasilnya akan menjadi gambar 2 dimensi.

Akan Tetapi melalui karya seni ini, seseorang dapat me sebuah segi yang berbeda juga bisa mengelabui mata. Gambar 3 dimensi yang sudah di ilustrasikan di atas sebuah kertas, membuat gambar seolah-olah keluar dari kertas dan seolah-olah berada di dunia nyata.

Dalam membuat gambar 3 dimensi diperlukan pengalaman khusus dari diri seseorang. Gambar 3D tak hanya sebuah coret-coretan di atas sebuah kertas, melainkan semua harus diperhitungkan supaya terlihat seperti nyata.


Menggambar via komunitas.bukalapak.com

Tips dan Cara Menggambar Lukisan 3 Dimensi

1. Perhatikan hal-hal kecil

Periksa karyamu dengan teliti sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, jika ada banyak kesalahan dalam karyamu jangan perah mencoba memperbaikinya. Tapi fokuslah pada salah satu kesalahan yang kamu anggap paling fatal dan perbaiki segera mungkin, untuk menutup kesalahan-kesalahan yang lain.

2. Pastikan pencahayaannya cukup

Ketika sedang menggambar pastikan bahwa kamu berada ditempat dengan pencahayaan yang cukup. Jika kamu menggambar menggunakan tangan kanan maka cahaya harus datang dari arah kiri, agar bayangannya tidak jatuh pada kertas didepan pensil yang dapat mengganggu proses menggambarmu.

3. Perhatikan kebersihan

Pada saat menggambar, sebaiknya gunakan alasan untuk begian tangan yang akan kira-kira menyentuh bagian kertas, kamu bisa menggunakan tissu atau yang lain.

Hal tersebut bertujuan agar tanganmu tidak mengotori bagian kertas, jangan berpikiran bahwa setelah mencuci tangan kemudian tanganmu tidak akan mengotori kertas. Usahakan jika kamu  menggambar mulailah dari kiri dulu.

4. Pastikan pensilmu selalu runcing

Kertas itu sebenarnya memiliki permukaan yang tidak rata dan berigi, jika pensilmu tumpul maka hasilnya tidak bisa merata saat kamu gunakan untuk mengarsir.

5. Jangan takut untuk menggambar hitam

Jika kamu terlalu takut untuk memberikan sentuhan warna gelap, itu akan membatasi rangu value pada gambar. Hasilnya pun tidak akan begitu realistis dan tidak kita sadari bahwa hal tersebut akan membatasi pendalaman model gambar.


Cara 3d via blog.reservasi.com

6. Outline bukan garis pebatas yang tebal

Sebelum mengarsir pastikan akan membuat outline dulu, perlu diingan bahwa outline untuk gambar realistik itu bukan pembatas garis yang tebal. Tapi dihasilkan dari perbedaan value, jika kamu memberikan outline yang tebal maka gambar yang dihasilkan akan lebih contong ke kartun.

7. Membuat value

Jangan memaksa membuat value yang beragam, tapi hanya menggunakan satu pensil. Apa lagi untuk membuat value gelap dengan pensil H, HB, dan 2B. Jangan pernah meneka pensil dan mempertebal arsiran karena itu bukan cara yang tepat dan hanya akan merusak lapisan kertas.

8. Shading dan highlight

Sebenarnya highlight tidak harus selalu putih, seperti bagian putih mata ataupun gigi. Agar highlight terlihat lebih terang buatlah shading disekitarnya dengan lebih gelap.

9. Pelindung hasil karyamu

Semprotkan fixative (bisa beli ditoko alat lukis) dapat melindungi hasil karyamu dan membuatnya tahan lama serta mengurangi silau.

10. Sabar

Saat menggambar kesabaran sangatlah penting jika kamu menginginkan hasil yang baik, jika kamu terburu buru hasilnya akan sebaliknya, ingat jangan pernah berpikiran untuk langsung menyelesaikan semua bagian. Tapi, selesaikan dengan baik mulai dari bagian yang kecil.

Demikian artikel ini kami buat semoga bisa membantu dan bermanfaat.
Top