Badan Gemuk? Berikut Cara Menurunkan Berat Badan yang Sudah Terbukti

Komentar

tips menurunkan berat badan via 3daysmilitarydiet.com

Ada sebagian merasakan bahwa menurunkan berat badan itu hal yang mudah, namun tentu saja ada juga yang merasakan sulit. Untuk menurunkan berat badan, banyak orang mengurangi porsi makan atau membatasi waktu makan, misalnya dengan tidak sarapan atau melewatkan makan malam. Yuk kita simak tips menurunkan berat badan.

7 Tips Menurunkan Berat Badan untuk yang Doyan Makan

ilustrasi orang gemuk makan via plukme.com

1. Makan Pakai Piring Kecil 

Makan dengan piring kecil bisa membuat Anda tetap bisa makan makanan yang Anda suka, tapi dengan porsi yang lebih sedikit. Para peneliti di University of Groningen menemukan bahwa piring yang 70% terlihat penuh, membuat orang merasa cukup makan. Jadi, menggunakan piring kecil bisa membuat seakan-akan piring Anda telah penuh. Padahal jika diletakkan ke piring normal, porsinya lebih sedikit. Ini juga sekaligus bisa memangkas asupan kalori berlebih.

2. Pilih Karbohidrat yang Mengandung Banyak Serat 

Sembari memenuhi hasrat diri yang selalu ingin makan, ada baiknya mengganti karbohidrat Anda dengan jenis yang lebih berserat seperti beras merah atau gandum utuh (whole wheat). Ganti nasi putih atau roti tawar Anda dengan karbohidrat itu.

Makanan yang berbahan dari gandum dan biji-bijian tersebut memiliki kandungan serat yang membuat tubuh Anda kenyang lebih lama, sehingga bisa menjadi cara ampuh untuk menurunkan berat badan.


3. Ganti Makanan Manis dengan yang Lebih Sehat 

Mengurangi gula adalah salah satu aturan yang wajib diterapkan sebagai cara menurunkan berat badan. Bagi Anda yang suka dan hobi makan, hal ini mungkin dirasa dan sulit. Tapi tidak usah khawatir, Anda masih bisa makan makanan manis dengan mengganti gula dengan bahan pemanis alami, contohnya pemanis dari daun stevia. Tanaman stevia ini merupakan pemanis alami yang bebas gula serta mengandung nol kalori, cocok untuk penderita diabetes dan bagi Anda yang sedang diet. Selain itu, daun stevia punya kandungan rasa lebih manis daripada gula, sehingga cocok untuk yang suka makan makanan manis.

4. Minum dua gelas air sebelum makan 

Minum air sebanyak 2 gelas sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang saat makan. Minum air adalah cara lain untuk makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan.

Menurut beberapa penelitian, kebiasaan minum air cukup sebelum makan ini berhasil untuk mengurangi bobot tubuh pada orang gemuk.

5. Perbanyak Makanan Mengandung Protein 

Salah satu cara yang satu ini terbilang cukup ampuh untuk menurunkan berat badan dan membangun massa otot tubuh. Makanan yang mengandung protein seperti daging merah, ayam, susu, dan whey protein, adalah nutrisi penting dalam mempertahankan otot saat Anda sedang mencoba menurunkan lemak, sehingga tidak menyebabkan tubuh kurus dengan lemak berlebih.  Para ahli juga merekomendasikan untuk mengatur waktu makan yaitu setiap 3-4 jam. Hal ini bertujuan untuk menjaga tingkat gula darah Anda tetap stabil dan tubuh tetap sehat.

6. Gerakkan Tubuh Anda Seaktif Mungkin 

Biarpun Anda sudah mengurangi kalori, tapi kalau Anda tidak bergerak dan beraktivitas cukup, menurunnya bobot tubuh akan lebih sulit. Maka dari itu, biarkan tubuh Anda bergerak.

Anda bisa mencoba dengan langkah kecil seperti berjalan ke warung di depan komplek, atau memilih naik tangga ke dibanding naik lift ke lantai tempat kantor Anda berada. Jika Anda lebih banyak bergerak, hal itu juga dapat membuat tubuh membakar kalori secara stabil.

7.  Jangan Lupa untuk Tidur Cukup 

Menurut penelitian dari Columbia University, seseorang yang kurang tidur, atau tidur di bawah 7 jam dalam sehari, lebih sulit menahan keinginan makan. Pasalnya, ketika Anda begadang dan tidak tidur, tubuh bisa memunculkan hasrat lapar dan keinginan untuk ngemil.
Sumber

Oleh karena itu, siapapun Anda yang ingin mencoba beberapa tips menurunkan berat badan. Namun ada juga beberapa yang mungkin bisa Anda manfaatkan untuk tips menurunkan berat badan dalam 1 minggu.

Tips Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu

Yang Dilakukan pada Hari Pertama

ilustrasi apel via alodokter.com

Hari ini pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mengkonsumsi buah beragam warna seperti buah apel yang mengandung banyak serat namun mempunyai rendah kalori. Buah pepaya mengandung enzim alami yang dapat mempercepat proses makanan, Buah tomat memiliki jenis serat yang bernama yang bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Hari Kedua, Hindari Sayuran yang Ditumis atau Digoreng

ilustrasi tumis via cameru.info

Hari kedua agar Anda bisa mencapai target menurunkan berat badan yaitu mengonsumsi sayuran yang beragam warna, makan sayuran kesukaanmu aja agar lebih enak dikonsumsi, cara mengolah sayurannya Anda bisa mengkomsusinya dengan cara mentah sebagai salad atau direbus dan yang perlu di perhatikan adalah hindari menggoreng atau menumis sayuran yang akan Anda konsumsi.

Hari Ketiga, Tidak Makan Pisang

ilustrasi pisang via wanipira.com

Untuk hari ketiga Anda bisa mengkombinasikan antara sayuran dan buah beragam warna untuk di konsumsi seharian. Jika Anda masih merasa belum kenyang Anda bisa makan lebih dari 3x.
Hari ini ada beberapa buah yang tidak perlu Anda konsumsi seperti buah pisang dan kentang agar proses penurunan berat badan segera tercapai.

Hari Keempat, Makan Pisang dan Susu

ilustrasi pisang dan susu via lifestyle.sindonews.com

Menu makan hari ini Anda boleh mengkomsumsi pisang dan susu, Anda bisa membuat berbagai macam olahan dari pisang dan susu, menarikan?

Saatnya Anda menunjukan kreatifitasmu dalam mengolahnya seperti dipotong-potong buah pisangnya, dan ditambah susu bisa juga di jus atau di buat milshake sesuai seleramu aja.

Atau bisa juga tinggal dimakan aja pisangnya terus minum susu deh. Oiya ingat olahannya tidak boleh digoreng sebab menurunkan berat badan dalam seminggu tak boleh mengandung minyak sama sekali

Hari Kelima, Boleh Makan Nasi

ilustrasi nasi putih via khasiat.co.id

Sudah meraskan perubahan dalam tubuhmu? Lebih ringan misalnya, hehe. Hari ini Anda boleh makan nasi sebanyak 5 sendok makan dan beberapa potongan tomat yang masih mentah atau pun yang sudah direbus. Anda boleh mengkonsumsi nasi 2 kali sehari dan Usahakan jangan memakan nasi dalam malam hari ya.

Pada Hari Keenam, Boleh Konsumsi Tahu dan Tempe

ilustrasi tahu tempe via inituban.com

Untuk hari keenam Anda boleh sarapan protein nabati dan protein hewani. Seperti tahu, tempe, daging tanpa kulit semuanya direbus ya, untuk makan siangnya Anda boleh makan 5 sendok nasi beserta lauk sayuran saja. Jangan lupa minum air ya agar Anda tetep fresh

Hari Ketujuh, Minum Air Hangat

ilustrasi minum air hangat via lifestyle.kompas.com

Dihari ketujuh Anda bisa makan nasi 5 sendok makan ditambah lauk sayuran dan buah-buahan yang segar dan beragam warna sesuai seleramu. Oiya, Anda bisa bikin jus buah juga untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Minum juga air putih hangat sebelum dan sesudah tidur malam hari agar badan Anda segar dan segera mengurangi berat badanmu secara efektif

Itulah beberapa tips menurunkan berat badan. Semoga Anda bisa mendapatkan tubuh ideal seperti yang diharapkan. Anda juga akan lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas.
Top