Inilah Hal-hal Penting yang Harus Anda Tahu Tentang Tekanan Darah, Yuk Simak

Komentar

Tekanan darah via 1 health.id

Kita sering mendengar kata tekanan darah rendah dan tingi, namun apakah kita sudah mengetahui tentang tekanan darah itu sendiri? Oleh karena itu, simak artikel ini agar kita mengetahui hal-hal tentang tekanan darah.

Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung meompa darah ke seluruh tubuh Anda. Agar kinerja tubuh maksimal, Anda harus memiliki tekanan darah yang normal. Tekanan darah merujuk kepada tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri darah ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh Anda. Lebih lengkapnya mari kita baca informasi tentang hal-hal yang harus Anda tahu tentang tekanan darah.

Mungkin Anda sering mendengar bahwa pengukuran tekanan darah dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari. Banyak yang bilang, hasil tes tekanan darah setiap harinya berbeda, memang bisa dipastikan jika tekanan darah setiap harinya berbeda. Oleh karena itu, berikut kita akan membahas hal yang harus kita ketahui tentang tekanan darah.


tekanan normal via sehatmagz.com

Kebanyakan dari Anda mungkin sudah familiar dengan hipertensi dan tekanan darah rendah, beserta risiko bahayanya bagi kesehatan. Akan tetapi, apakah Anda mengerti benar tentang tekanan darah dalam tubuh Anda? Tekanan darah adalah ukuran yang dapat menentukan seberapa kuat jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda.

Baca Juga : Anda Sering Pusing? Kenali Penyebab Pusing dan Cara Mengobatinya Berikut Ini

Memahami tekanan darah mungkin tidaklah mudah. Pasalnya, ada berbagai macam istilah-istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan hal ini. Meski begitu, Anda jangan khawatir karena berbagai ulasan tentang tekanan darah dalam artikel ini mungkin akan membantu Anda untuk memahaminya.

Tekanan darah semua orang bervariasi setiap hari

Tekanan darah bukan sebuah kondisi yang menetap alias mandek. Tekanan darah akan bervariasi setiap waktu tergantung dari aktivitas apa yang Anda lakukan saat ini. Olahraga, perubahan postur (misalnya dari berbaring/duduk ke berdiri), dan bahkan berbicara sekali pun dapat menyebabkan tekanan darah Anda berubah. Tidak hanya itu, stres dan perasaan cemas juga dapat mningkatkan tekanan darah Anda.

Tekanan darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan pusing. Sementara tekanan darah terlalu tinggi mungkin tidak menyebabkan gejala apapun, namun lama-lama bisa juga memicu stroke. Tekanan darah yang tinggi dan terjadi secara terus menerus juga dapat menyebabkan gagal jantung kongestif, gagal ginjal, aterosklerosis, dan komplikasi lainnya.

Anda akan dipastikan memiliki tekanan darah tinggi saat dokter mendeteksinya dalam pemeriksaan fisik rutin, karena Anda mungkin tidak memiliki gejala apapun. Karena merasa bahwa tidak ada sesuatu yang salah dalam tubuhnya, kebanyakan orang mungkin tidak rajin medical check up ke dokter kecuali Anda merasa sakit. Nah, hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa hipertensi disebut sebagai “silent killer.”

Memahami cara mengukur tekanan darah

Apabila Anda ingin menjaga agar tekanan darah tetap terkontrol, penting bagi Anda untuk memahami kapan tekanan darah yang dianggap normal, dan kapan yang dianggap tidak normal.

Saat tenaga medis mengukur tekanan darah Anda, di alat pengukur tekanan darah akan muncul dua jenis angka, yaitu sistolik dan diastolik yang dipisahkan dengan garis miring seperti sebuah pembagian.

Sistolik adalah angka yang ada di “atas” dan diastolik adalah angka yang ada di “bawah”. Sistolik menunjukan tekanan ketika jantung Anda memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara diastolik menunjukkan tekanan ketika jantung Anda dalam keadaan istirahat (di antara ketukan/detak).

Jika tekanan darah Anda adalah 120/80, 120 adalah tekanan sistolik dan 80 adalah diastolik. Angka normal tekanan darah adalah angka atas (sistolik) lebih rendah dari 120, dan angka bawah (diastolik) yang lebih rendah dari 80. Jadi, angka normal tekanan darah adalah di bawah 120/80.

Sedangkan tekanan darah dianggap tinggi (hipertensi) jika angka atas (sistolik) lebih tinggi dari 140 atau jika angka bawah (diastolik) lebih dari 90. Meski angka tersebut tidak bisa selalu dianggap hipertensi, namun Anda harus selalu waspada karena angka tersebut sudah di atas normal.

Apabila angka tekanan darah Anda di atas 120/80, ini artinya Anda harus mulai melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.


Darah normal via dictio.id

Berbagai hal yang meningkatkan risiko Anda terkena hipertensi

Tekanan darah tinggi bukanlah penyakit yang berisiko sama bagi semua orang. Pria memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi daripada wanita dengan tekanan darah yang sama. Orang Afrika memiliki risiko yang lebih tinggi dari kelompok etnis lain, orang tua risikonya juga lebih tinggi dari orang-orang yang lebih muda meski ukuran tekanan darahnya sama. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya mengontrol hipertensi.

Tekanan darah yang meninggi karena alasan yang tidak diketahui disebut “essential hypertension.” Tekanan darah  juga dapat meningkat karena proses penyakit lain, seperti kelebihan hormon tertentu atau penyakit ginjal. Hal ini disebut “hipertensi sekunder” karena terjadi akibat penyakit lain.

Sekarang kita sudah tahu apa saja hal-hal yang harus kita ketahui tentang tekanan darah, demikian artikel ini kami buat. Semoga bisa bermafaat bagi Anda.
Top