Tips Agar Tekanan Darah Normal dan Selalu Stabil

Komentar

tekanan darah normal via hellosehat.com

Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung meompa darah ke seluruh tubuh Anda. Agar kinerja tubuh maksimal, Anda harus memiliki tekanan darah normal

Tahukah berapa angka tekanan darah normal? Umumnya, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal sekitar 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Angka 120 dan 90 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut tekanan sistolik.

Tekanan darah normal merupakan salah satu penunjang utama kehidupan seseorang. Tanpa tekanan darah yang baik, sistem peredaran darah akan terganggu. Padahal, sistem ini merupakan penyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang Anda jalani dan kondisi emosional Anda. Jadi Anda tidak perlu panik ketika mendapati tekanan darah Anda berbeda, asal angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu lama. 

Apabila kinerja tubuh maksimal, maka tekanan darah anda normal. Ketika tekanan darah Anda sedang rendah, maka anda sedang dalam kondisi yang sehat. Tapi jangan terlalu rendah juga karena bisa membuat anda terkena hipotensi atau tekanan darah rendah.

Tekanan darah yang terlalu rendah (hipotensi) berarti suplai darah kaya oksigen ke tubuh dan jantung tidak stabil. Hal ini akan menyebabkan penderita merasakan pusing atau rasa melayang.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu penyakit mematikan, penderita biasanya mengalami gejala sakit dada, sesak napas, pusing, dan gejala stroke. Untuk itu, segeralah mencegahnyadengan cara mengatur pola makan Anda. 

Untuk menjaga agar tekanan darah tetap berada pada titik normal, seseorang harus memperhatikan banyak hal. 

Tekanan darah normal berdasarkan usia

Berikut ini adalah data informasi mengenai berapa tekanan darah normal berdasarkan usia, baik itu pada anak-anak, dewasan dan lansia. Dengan mengetahui ini, Anda jadi bisa lebih aware pada kondisi kesehatan, terutama berkaitan dengan tekanan darah ini.

Bilamana tekanan darah Anda kurang sesuai dengan usia sekarang, itu tandanya ada yang kurang sehat dengan diri Anda. Dan pada kondisi tertentu, pemeriksaan ke dokter sangatlah diperlukan.

ilustrasi tekanan darah normal berdasar usia via elektromedik.blogspot.com

Tekanan darah normal pada bayi (Balita) dan anak-anak di bawah 13 tahun
  • Usia di bawah 1 tahun: 90/60mmHg;
  • Umur 1-5 tahun: 95/65  mmHg;
  • Usia 6-13 tahun: 105/70 mmHg;

Tekanan darah normal anak remaja usia 14-19 tahun
  • Usia 14-19 tahun: 117/77 mmHg;

Tekanan darah normal pada usia dewasa
  • Usia 20-24 tahun: 120/79 mmHg;
  • Umur 25-29 tahun: 121/80 mmHg;
  • Usia 30-34 tahun: 122/81 mmHg;
  • Umur 35-39 tahun: 123/83 mmHg.

Tekanan darah normal pada lansia
  • Usia 40-44 tahun: 125/83 mmHg;
  • 45-49 tahun: 127/84 mmHg;
  • Usia 50-54 tahun: 129/85 mmHg;
  • 55-59 tahun: 131/86 mmHg.
  • Usia 60-64 tahun: 134/87 mmHg.
Dengan mengetahui tekanan darah normal berdasarkan usia, Anda diharapkan dapat mengontrol tensi lebih baik, sehingga kesehatan tubuh akan selalu stabil.

Tips Menjaga Tekanan Darah Normal

Tips ini sangat penting bagi yang memiliki tekanan darah tinggi ataupun normal. Tips  ini dapat membantu menurunkan risiko terkena hipertensi, penyakit jantung, dan stroke
Seiring bertambahnya usia, pencegahan terhadap penyakit kardiovaskular menjadi semakin penting. Tekanan sistolik cenderung merangkak naik saat berusia lebih dari 50 tahun, artinya risiko terhadap penyakit jantung koroner semakin mengintai. Terlebih kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes dan penyakit ginjal, juga memiliki peranan. Konsultasi dengan dokter juga sangat penting untuk mengetahui bagaimana mengelola kesehatan secara keseluruhan untuk membantu mencegah timbulnya hipertensi. 

1. Mengurangi asupan sodium 

ilustrasi mengurangi asupan sodium via hellosehat.com

Kurangi asupan sodium atau garam natrium. Bagi orang dewasa dengan tekanan darah normal seharusnya tidak mengonsumsi garam lebih dari 2.300 mg per hari. Bagi yang sudah memiliki hipertensi perlu membatasi asupan sodium hingga maksimal sampai 1.500 mg per hari. 
Sebaiknya mulailah dengan tidak menambahkan garam pada makanan, yang akan meningkatkan asupan natrium secara keseluruhan. Juga, batasilah makanan olahan yang hanya bernilai gizi rendah sedangkan lemak dan sodium nya tinggi. Konsumsi makanan yang baik untuk jantung, baca: 25 Makanan Sehat untuk Jantung Anda 

2. Mengurangi asupan kafein 

Kafein juga mempengaruhi detak jantung dan tekanan darah. Namun efek meningkatkan tekanan darah dapat bervariasi antar orang, jadi apabila tekanan darah tinggi dan memiliki hobi ngopi, maka mulailah membatasinya. 

3. Berolahraga 

ilustrasi olahraga via indosport.com

Olah raga rutin sangat dianjurkan agar tekanan darah normal terjaga. Konsistensi adalah kuncinya, lebih baik berolahraga 30 menit setiap hari daripada beberapa jam hanya di akhir pekan. Jenis olah raga yang baik seperti berjalan, lari, bersepeda, dan berenang. 

4. Menjaga berat badan ideal 

Jika sudah memiliki berat badan yang sehat, maka pertahankanlah. Bagaimana pun kelebihan berat badan mempengaruhi kerja jantung dan pembuluh darah, jadi apabila kelebihan segera turunkan agar tekanan darah normal selalu. 

5. Mengelola stres 

ilustrasi mengelola stres via popular-world.com

Meskipun stres adalah masalah pikiran atau psikis, namun tidak diragukan lagi akan kaitannya dengan kerja jantung dan tekanan darah. Pikiran yang tenang dan rileks akan membuat jantung juga rileks, begitu pula sebaliknya. 

6. Mengurangi asupan alkohol dan berhenti merokok 

Kedua kebiasaan ini biasanya beriringan, dan keduanya tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jika ingin tekanan darah normal terjaga, berhenti atau menahan diri dari merokok. Bagi yang rutin minum alkohol, batasilah konsumsinya tidak lebih dari 2 gelas perhari untuk pria dan 1 gelas untuk wanita. 

Untuk mendapatkan tekanan darah normal, mengubah gaya hidup kamu menjadi lebih sehat adalah pilihan bijak. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang juga penting untuk dilakukan.

Mudah-mudahan artikel ini membantu Anda untuk lebih rajin memeriksa tensi darah. Dalam rangka memastikan tekanan darah normal agar tak mengalami masalah kesehatan yang berbahaya. Semoga bermanfaat.
Top