MasyaAllah... Beginilah Indahnya Potret Terbentuknya Janin Dalam Rahim

Komentar

Proses terbentuknya manusia gambar diolah dari mamapapa.com

Pernahkan kalian membayangkan seperti apa Allah menciptakan kalian saat berada dalam rahim seorang ibu?

Sungguh begitu indah kuasa Allah, rugi bila kamu tak tahu.

Dalam Al-Qur’an, Allah menjelaskan dengan sangat rinci tentang proses penciptaan manusia termasuk proses perkembangan janin di dalam tubuh manusia.

Firman Allah Swt dalam Al-Quran Surat. Al Mukminun, ayat 12-14  sebagai berikut :

 وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ مِن سُلَالَةٍ مِّن طِينٍ -١٢- ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَّكِينٍ -١٣- ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَاماً فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْماً ثُمَّ أَنشَأْنَاهُ خَلْقاً آخَرَ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ - ١٤ 

“Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari saripati   (berasal ) dari tanah. Kemudian Kami menjadikannya air mani ( yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Maha suci Allah, Pencipta yang paling baik.”

Dahulu karena ilmu pengetahuan yang berkembang ketika itu belum mempunyai alat untuk melihat ataupun mengetahui proses perkembangan janin tersebut.

Namun, sekarang khususnya setelah perkembangan sains dan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, barulah ayat tersebut dapat dibuktikan dan benar bahwa proses perkembangan janin yang disampaikan dalam Al-Qur’an sejalan dengan pembuktian yang dilakukan oleh pakar sains di dunia modern ini.

Ada seorang Fotografer bernamaLennart Nilsson berhasil mengabadikan foto-foto proses terbentuknya janindari bulan pertama hingga akhir sebelum dilahirkan.

BACA JUGA: Kontraksi 38 Jam dan Sukses Lahiran Normal, Ini Pesan Vicky Shu Buat Para Calon Bunda Lain

Lennart butuh waktu selama 10 tahun untuk mengambil gambar perkembangan janin dan diterbitkan pertama kalinya di majalah LIFE tahun 1965. seperti dilansir dari situs Brightside.me

Pada saat itulah semua orang di Dunia tahu bagaimana proses terbentuknya janin hingga menjadi seorang bayi yang sempurna.

Berikut foto-foto perkembangan bayi dalam rahim yang sungguh menabjubkan.

1. Dari jutaan sel seperma, hanya ada 1 sel sperma saja yang berhasil menembus dinding rahim dan membuahi sel telur.



2. Beginilah penampakan Sel Telur dalam Rahim seorang Ibu



3. Beginilah proses ketika sel sperma akan menembus sel telur.



4. Ketika sperma berhasil masuk sel telur, materi genetik yang dibawanya akan menyatu dengan materi genetik yang dimiliki sel telur.



5. Jika di zoom dengan kamera mikro, beginilah penampakan 1 sel sperma. Nah, kepala sperma mengandung materi genetik sang ayah.



6. Minggu pertama, embrio yang terbentuk dari proses pembuahan tersebut akan bermutasi dan melayang-layang di tuba falopi.



7. Pada minggu kedua, embrio yang melayang-layang tadi akan menempel di dinding rahim yang sangat kokoh.



8. Setelah 22 Hari, Area yang berwarna abu-abu nantinya akan menjadi otak si janin.



9. Pada minggu keempat Jantung janin mulai berdetak dan sistem peredaran darah pun mulai terbentuk.



10. Pada proses ini bentuk tubuh sang janin sudah mulai terbentuk.



11. Setelah lima minggu, bakal wajah sang bayi sudah mulai terbentuk, meskipun belum sempurna.



12. Inilah penampakan ketika sel-sel eksterior janin bergabung dengan permukaan dinding rahim untuk membentuk plasenta.



13. Pada minggu ke-8 bentuk janin semakin terlihat. Pada proses ini sudah mulai terbentuk lubang hidung, bibir, mulut, lidah, tangan dan kaki.



14. Janin pada Usia 10 minggu. Sudah mulai mempunyai kelopak mata dan mulai membuka mata.



15. Terlihat tangan, kaki dan kepalanya hampir sempurna dan ini sudah mulai bergerak-gerak.



16. Saat Janin usia 16 minggu, beginilah bentuknya. Kepala wajah dan tangan sudah hampir sempurna. Guratan Pembuluh darahnya terlihat.



17. Bentuk kaki yang masih terlihat transparan, dengan guratan pembuluh darah begitu jelas.



18. Pada saat usia 18 minggu, janin sudah bisa mendeteksi mendengar suara dari dunia luar, lho. Biasanya ibunya sering mengajak ngobrol, mendoakan atau menyanyikan lagu yang indah untuk sang bayi.



19. Saat usia 19 Minggu tangannya sudah ada kuku pada jari jemarinya



20. Rambut seperti bulu pun sudah mulai terlihat saat usianya mencapai 20 minggu.



21. Pada minggu ke-24, keriput pada kulit mulai terbentuk, kelopak mata sudah jelas dan mata sudah bisa terbuka. Sistem pernapasan juga mulai berkembang.



22. Ini penampakan janin ketika menginjak umur 6 bulan.



23. Usia jabang bayi dalam perut telah menginjak 36 minggu. Badan terbentuk sempurna dan organ dalam tubuh juga telah berfungsi baik. Tinggal menunggu proses kelahiran.




Sungguh Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna. Dan semoga kita menjadi manusia yang slalu bersyukur kepada Allah.

Silahkan share, agar semua orang tahu indahnya Allah menciptakan kita.
Top