Hati-Hati Situs Penyebar Hoax! Inilah Kumpulan Situs Islam yang Terpercaya

Komentar

situs islam via bikincoverbook.wordpress.com

Saat ini ada banyak sekali situs Islam yang sekarang ada di jagat maya Indonesia. Ribuan bahkan mungkin puluhan ribu website/blog Islami di Indonesia ini.

Alhamdulillaah, ini adalah sebuah nikmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, tanda bangkitnya dakwah Islam di dunia pada umumnya, dan di Indonesia pada khususnya. Dan website-website tersebut, terbagi dalam berbagai kategori dan tema masing-masing. Alhamdulillaah.

Memang, hal ini merupakan bangkitnya dakwah Islam. Sehingga ajaran-ajaran islam mudah diakses dan mudah dipelajari.

Disisi lain, munculnya bebrapa situs islam tak luput juga terdapat situs abal-abal untuk menyesatkan orang. Apalagi sekarang jamannya monetisasi blog untuk mencari penghasilan.

Banyak situs islam yang berisi konten menyesatkan alias hoax kabar dusta, untuk mendapatkan visitor yang banyak. Sehingga pemiliknya copas sana copas sini termasuk konten hoax ikut disampaikan, tanpa memikirkan dampaknya, terutama dalam dunia politik yang semakin memanas.

Dalam rangka meminimalisir kebingungan masyarakat terkait situs Islam yang layak dijadikan rujukan dan bisa dipercaya, maka kami memilihkan dan merekomendasikan beberapa situs Islam berbahasa Indonesia terbaik dengan pertimbangan tertentu.

1. Muslim.or.id

Muslim.or.id adalah sebuah website umum yang berisikan ribuan artikel Islami yang bermanfaat. Kelebihan dari website yang satu ini dibanding website lainnya adalah cara penulisan artikelnya yang ilmiah (penuh dalil, dengan penyebutan sumbernya) dan gaya bahasa yang ringan. Mudah untuk difahami bahkan untuk yang baru belajar Islam.

Sebenarnya ada lagi yang cukup bagus, yaitu Almanhaj.or.id. Kalau yang satu ini lebih simple, hanya saja kurang interaktif. Jadi, kami masih lebih memilih muslim.or.id.

2. KonsultasiSyariah.com

Jika Anda pernah punya pertanyaan terkait Islam yang membuat Anda bingung akan jawabannya? Disaat seperti itu, Anda perlu untuk mencari jawabannya dengan bertanya kepada seorang ustadz/seorang ulama. Akan tetapi persoalannya, bagaimana kalau tidak ada ustadz/ulama yang bisa ditanyai di sekitar Anda?

Jika Anda berada di dalam kondisi seperti itu, mungkin website KonsultasiSyariah.com ini bisa menjadi salah satu solusinya. Di dalamnya ada banyak sekali artikel tanya-jawab seputar masalah Agama Islam yang insyaaAllah sangat bermanfaat. Siapa tahu salah satu pertanyaan yang “bersarang” di benak Anda sudah ada jawabannya di sana.

3. www.nu.or.id 

Merupakan situs resmi Nahdlatul Ulama. Sebagai salah satu organisasi islam terbesar yang berpegang terhadap manhaj ahlussunnah wal jama'ah.

Isi konten dari situs ini tentunya tak lepas dari prinsip tasammuh (toleransi), tawajjun (seimbang), tawassuth (pertengahan), dan ta'addul (adil). Sehingga dalam website resminya kita akan mendapati berbagai berita dan artikel-artikel islam masa kini.

Nu mendasarkan faham keagamaan kepada sumber ajaran Islam Alquran, Al Hadits, Al Ijma’ dan Al Qiyas dalam memahami dan menafsirkan Islam dari sumbernya tersebut, NU mengikuti Faham Ahlusunnah Wal Jamaah dengan menggunakan jalan pendekatan (Al Madzhab) Dasar dasar pendirian keagamaan NU menumbuhkan sikap kemasyarakatan yang bercirikan pada : Sikap tawasuth dan I’tidal. Tasamuh dan Tawazun

Selain konten keislaman, situs Nu Online juga menyajikan artikel karya sastra, berita, dll. Walau agak kesulitan untuk mencari konten islami disana karena banyaknya rubrik. Namun dengan hal tersebut dapat menambah wawasan yang luas tidak sebatas hanya info-info islam.

4. Rumaysho.com

Situs islam yang dikomandani oleh Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal ini banyak dijadikan rujukan dalam pembahasan hukum Islam terkait tata cara ibadah, tafsir Alquran, ilmu akidah akhlak, dll.

Dengan slogan Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, beliau mampu membawa situs Rumaysho.com menjadi yang terbaik dan menempati rank alexa yang cukup tinggi. Ditopang Fanspage dengan penggemar mencapai 3.654.550 ( 6 september 2017 )

Gaya penulisannya pun selalu disertakan dalil-dalil yang shahih yang disertai sumbernya. Selain itu dalam situs website ini dilengkapi dengan kajian video, sehingga patut Rumaysho.com dijadikan rujukan.

5. Hidayatullah.com

Mungkin sudah tidak asing tentang website ini. Didalamnya banyak menyajikan Berita Dunia Islam, Situs Berita Dunia Islam. Politik, Ekonomi Islam, Syariat Islam, Dunia Islam.

Selain via online, Hidayatullah juga meluncurkan majalah yang sudah tersebar keberbagai daerah. Situs ini pernah masuk dalam kategori blacklist kominfo yang hendak pernah diblokir karena tuduhan miring.

6. Firanda.com

Situs pribadi milik Ust Firanda Andirja meskipun sering menuai kontra, sering terjun dalam perdebatan dengan Idrus Ramli. Namun patut dijadikan rujukan sebagai situs terbaik. Alasannya, Firanda.com kontennya sangat berbobot, dijelaskan secara panjang lebar, selalu menyertakan sumber rujukan dalil. Selain itu postingan di website beliau merupakan artikel dari hasil ceramah-ceramahnya.

7. www.sarkub.com

Situs yang diluncurkan 16 oktober 2011 sangat disegani oleh wahhabi. Mereka tidak segan mendatangi pihak Wahhabi yang berupaya merongrong Ahlussunnah wal Jama'ah.

Selain menyajikan tulisan yang bersifat berita, Sarkub Online juga menyajikan konten Islami yang bisa didownload, kajian kitab, dan sebagainya. Jaringan Sarkub juga sangat luas.

8. www.idrusramli.com

Siapa yang tidak kenal dengan Ust. Muhammad Idrus Ramli? Beliau adalah pakar Aswaja Indonesia yang banyak berkecipung dalam diskusi atau dialog ilmiah dengan Wahhabi, Syi'ah, Liberal dan lainnya.

Tulisan-tulisan Ust. Idrus Ramli juga dapat dinikmati melalui situs pribadinya yang dikelola oleh salah seorang santri Aswaja.

9. Wajibbaca.com

Situs islam yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri. Termasuk situs Berita Muslim terbesar dan populer di indonesia. Keunikan situs ini dari segi kontennya yang selalu membahas tentang gaya hidup yang sesuai dengan syar'i.

Demikianlah 9 website Islami terbaik berdasar yang kami rangkum. Semoga bermanfaat, dan mohon disebarkan kepada teman/saudara Anda yang lainnya. Semoga menjadi amal shalih (pahala) bagi Anda.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh.
Top