Siapa Bilang Membangun Rumah Megah Impian Itu Sulit, Bahkan Semudah 10 Amalan ini

Komentar

Gambar ilustrasi diolah dari jokowarino.id

Mudahnya membangun rumah impian

Memiliki sebuah rumah yang indah besar dan isinya penuh dengan semua kebutuhan yang diperlukan tidaklah sesulit yang di bayangkan, bahkan semudah ini

Membangun sebuah tempat yang nyaman untuk beristirahat dan bersenda gurau dengan keluarga di dunia ini tentunya tidaklah mudah, bahkan diperlukan rancangan dan rencana yang cukup matang bahkan biaya yang tidaklah sedikit.

Bahkan semua itu hanya menjadi angan-angan karena ketidak mampuan biaya.

Tapi Pernahkah Anda memikirkan sejenak tentang memiliki sebuah rumah yang indah dan besar serta nyaman untuk keluarg anda di akhirat kelak.

Karena disanalah rumah tempat tinggal kita yang kekal abadi selama-lamanya.

Dengan Apa Kita Membangun Rumah Di Surga?

Membangun rumah di surga tidaklah sama dengan membangun rumah di dunia.

Membangun rumah di surga lebih mudah bagi orang-orang yang dimudahkan oleh Allah SWT karena yang membangun rumah di surga bukanlah manusia melainkan Allah SWT.

BACA JUGA: Seberapapun Buruknya Dirimu, Bertaubatlah. Karena Sebaik-baik Pendosa Adalah Mereka yang Hijrah dan Bertaubat

Simak beberapa amal-amal shalih berikut yang bisa memudahkan kita untuk meraih surga dan kenikmatannya. seperti dilansir dari rumaysho.com

1. Membangun Rumah Di Surga Dengan Iman dan Taqwa

Allah SWT berfirman dalam QS. Az-Zumar ayat 20 yang artinya:

“Tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya, mereka mendapat tempat-tempat yang tinggi (di surga), di atasnya dibangun pula tempat-tempat yang tinggi, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Allah telah berjanji dengan sebenar-benarnya. Allah tidak akan memungkiri janji-Nya.”

Nabi SAW. bersabda:

“Aku menjamin bagi siapa saja yang beriman kepadaKu, masuk Islam dan hijrah akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di pinggir surga, di tengah surga, dan rumah di tempat tertinggi dari bilik-bilik surga. Dan Aku menjamin bagi siapa saja yang beriman kepadaKu, masuk Islam dan berjihad di jalan Allah dengan rumah di pinggir surga, di tengah surga dan rumah diatas bilik surga. Maka barang siapa yang melakukan hal itu dengan tidak meninggalkan kebaikan, kecuali dia lakukan dan tidak pula kejelekan kecuali dia berlari menghindar darinya, maka matilah dimanapun dia mau.” (HR. An-nasai, Ibnu Hibban, al-Hakim, dan Syaikh Albani yang menyahihkannya)

2. Rumah Di Surga Dibangun Dengan Sholat Berjamaah

Rasulullah SAW. bersabda:

“Barang siapa pergi ke masjid baik pagi maupun petang (untuk ibadah), niscaya Allah akan menyediakan baginya suatu tempat persinggahan di Surga, (yakni) setiap kali ia pergi di pagi atau petang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Shalat Malam, Berpuasa dan Suka Memberi Makan


Rasulullah SAW bersabda:

 “Sesungguhnya di Surga itu ada ruang-ruang yang dapat dilihat luarnya dari dalam, dan dalamnya dari luarnya. Maka orang badui berkata: “untuk siapa itu yaa Rasulallah?” Beliau menjawab: Untuk orang yang baik perkataannya, memberi makan kepada orang lain, berpuasa terus menerus (puasa nabi daud) dan sholat pada malam hari sewaktu manusia tidur nyenyak.” (HR. At-Tirmidzi)

4. Menjaga Lisan dan berakhlakul karimah

Dari Abu Umamah r.a Rasulullah SAW. bersabda:

“Aku menjamin sebuah rumah di pinggir Surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun mengandung kebenaran, Aku juga menjamin rumah di tengah Surga bagi siapa saja yang meninggalkan kebohongan meskipun bercanda, dan rumah di puncak Surga bagi siapa saja yang memperbaiki akhlaknya (sampai berakhlakul karimah atau akhlak yang baik).” (HR. Abu Dawud)

5. Sholat Dhuha Empat Rokaat dan Qobliyah Dhuhur Empat Rokaat

Dari Abu Musa al-Asy’ari ra., Rasulullah saw., bersabda:

“Barang siapa sholat dhuha empat rokaat dan empat rokaat sebelum sholat pertama (dhuhur), maka dibangunkan baginya rumah di dalam surga.” (HR. At-Tabrani)

6. Membaca Surat Al-Ikhlas Minimal 10 Kali Setiap Hari

Muadz bin Anas al-Juhani r.a berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

“Siapa yang membaca (Surat Al-Ikhlash) sampai mengkhatamkannya sebanyak sepuluh kali, niscaya Allah akan membangunkan baginya istana di surga.” (HR. Ahmad)

7. Menjalankan Sholat Sunah Rawatib

Dari Ummu Habibah –istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam-, Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa mengerjakan shalat sunnah dalam sehari-semalam sebanyak 12 raka’at, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangun sebuah rumah di surga.” (HR. Muslim, no. 728)

BACA JUGA: Terburu-buru itu Kelakuan Syaitan, Tapi Terburu-Buru dalam 5 Hal ini Malah Disunnahkan

8. Menjenguk Saudaranya Yang Sakit

Dari Abu Hurairah r.a.,berkata bahwa: Rasulullah SAW. bersabda yang artinya:

“Barang siapa menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya muslim karena Allah, maka malaikat akan menyeru kepadanya, “hidupmu adalah baik dan baik pula langkahmu menuju akhirat, serta engkau telah menyiapkan tempat di surga“.” (HR. Ibnu Majah & at-Tirmidzi)

9. Membangun Masjid Karena Allah

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah, no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

10. Menutup Celah Shaf Dalam Sholat

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang menutupi suatu celah (dalam shaf), niscaya Allah akan mengangkat derajatnya karena hal tersebut dan akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga.” (HR. Al-Muhamili dalam Al-Amali, 2: 36. Disebutkan dalam Ash-Shahihah, no. 1892)

Itulah beberapa upaya membangun rumah abadi di dalam Surga bagi kita umat Muslim, Semoga Allah memudahkan kita dalam meraih rumah masa depan kita di akhirat kelak.


Top