Kenali Penyebab Terjadinya Sering Pusing, Postur Tubuh Berpengaruh Lho!

Komentar

sering pusing via rilis.id

Pusing adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai sensasi yang dialami, seperti limbung dan kehilangan keseimbangan. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab kepala sering pusing. Penyebab kepala sering pusing sangat beragam dan merupakan bagian dari rutinitas juga.

Anda mungkin bertanya-tanya apa saja yang menjadi penyebab kepala sering pusing. Semua orang pasti pernah mengalami gangguan sakit kepala atau pusing, hanya saja yang membedakan adalah tingkat intensitas maupun frekuensinya.

Ada yang mengalami pusing kepala hanya sesekali saja tetapi ada juga orang yang mengalami pusing kepala dengan frekuensi yang sering. Jika pusing kepala sering menghampiri Anda, tentunya hal ini merupakan hal yang sangat mengganggu kenyamanan.

Walaupun kelihatannya sepele, namun jika Anda mengalami kepala sering pusing maka tentunya produktifitas kerja dapat menurun dan dapat mempengaruhi tingkat kualitas hidup seseorang. Anda juga perlu waspada, sebab pada beberapa kasus pusing juga dapat menjadi pertanda adanya suatu penyakit dalam tubuh Anda.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan tentang pusing yang sedang Anda alami, yaitu tentang kapan pusing tersebut mulai muncul, seberapa sering frekuensinya, seberapa besar intensitasnya, adakah gejala lain yang menyertainya, efek lain yang ditimbulkan, serta riwayat menderita penyakit tertentu.

Pusing yang dirasakan oleh tiap orang mungkin berbeda-beda sensasi yang dirasakannya, misalnya pusing yang disertai dengan mata berkunang-kunang, rasa nyut-nyutan, rasa berputar, rasa seperti ingin jatuh (nggliyer), dan sebagainya.

Daerah kepala yang merasakan nyeri dapat berada di sebelah kanan, kiri, depan, atas (ubun-ubun), kepala belakang, bahkan di seluruh kepala. Jenis apapun yang dirasakan, yang pasti menderita pusing kepala adalah hal yang tidak diinginkan oleh semua orang.

Beberapa Penyebab Kepala Sering Pusing yang Umum Terjadi

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab seseorang menderita pusing. Faktor penyebab tersebut bisa merupakan hal yang ringan tetapi dapat juga akibat pemicu yang berat. Berbagai penyebab kepala sering pusing adalah sebagai berikut:

1. Postur Tubuh Buruk

postur tubuh via hellosehat.com

Dilansir dari boldsky.com, kalau postur tubuh kita buruk seperti terlalu lama duduk atau berbaring dengan posisi yang tidak tepat, aliran darah ke otak bisa terhambat. Sehingga bisa mengakibatkan sakit kepala dan juga nyeri punggung.

Jadi coba deh cek lagi aktivitas sehari-harimu, bisa jadi karena kamu kurang gerak atau salah menjaga posisi tubuh, kamu sering merasa pusing.

2. Stres dan Tertekan

stres dan tertekan via ragamtempatwisata.com

Rasa cemas, stres, dan over-thinking atau kebanyakan pikiran juga bisa jadi penyebab sering pusing. Kenapa? Karena saat stres, hormon kortisol akan meningkat.

Peningkatkan kadar kortisol inilah yang memicu sakit kepala dan gejala gangguan kesehatan lainnya. Stres bisa jadi salah satu pemicunya.

3. Gangguan Pencernaan

gangguan pencernaan via hellosehat.com

Saatnya untuk mengecek lagi sistem pencernaanmu. Apakah beberapa waktu terakhir kamu mengalami gangguan pencernaan? Saat mengalami gangguan pencernaan, kandungan asam dalam perut bisa memicu penumpukan gas dan tekanan gas berlebih ini bisa menyebabkan pusing.

4. Penghentian Nikotin atau Kopi

penghentian nikotin via phayo.co.id

Kamu sedang berusaha menghentikan kecanduan rokok atau kopi? Dalam prosesnya, kamu mungkin akan sering pusing. Karena tubuh sedang mencoba menyesuaikan diri tak mendapat asupan nikotin atau kafein seperti biasa maka akan muncul reaksi atau gejala yang berbeda.

5. Gigi Sering Gemeletuk

gigi gemeletuk via hellosehat.com

Punya kebiasaan menggeletukkan gigi? Ini juga bisa jadi pemicu pusing karena kebiasaan ini bisa mempengaruhi otot-otot sekitar kepala.

Kalau sakit kepala atau pusing yang dirasakan makin lama makin parah, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter, ya ladies. Agar bisa segera ditangani dengan tepat dan mencegah terjadinya kemungkinan gangguan kesehatan yang lebih buruk lagi.
Top