Manfaat Sari Kurma yang Ternyata Sangat Bagus Untuk Ibu Hamil

Komentar

sari kurma via club.iyaa.com

Kurma merupakan buah ajaib yang banyak dikenali masyarakat meskipun tumbuhnya di daerah Timur Tengah terutama di daerah Mekkah. Buah kurma ini diketahui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan bahkan juga berfungsi untuk menyuburkan sehingga baik untuk dikonsumsi oleh semua kalangan baik muda tua, pria dan wanita boleh dan dianjurkan mengkonsumsi buah kurma ini.

Di Arab Saudi, kurma disebut sebagai salah satu makanan pokok penduduk disana. Sebut saja dibeberapa negara seperti Arab Saudi, Aljazair, Maroko, Mesir, Tunisia, Iran dan Sudan, kurma dijadikan makanan utama yang wajib dikonsumsi.

Berdasarkan survei yang ada, diketahui bahwa kurma paling banyak dan sering dikonsumsi adalah oleh suku Badwi yang ada di Arab Saudi. Hasil yang mencengangkan menunjukkan bahwa prevalensi penderita kanker dan serangan penyakit jantung diantara suku Badwi ternyata paling rendah dibanding dengan suku Arab lainnya.

Selain itu, kurma juga dikenal sebagai makanan paling ideal serta mencernanya juga mudah diterima oleh tubuh. Setengah jam setelah mengkonsumsi kurma ini, maka tubuh akan merasa kembali lebih segar. Rasa kapur yang ada ketika mengkonsumsi buah kurma ini bukan dikarenakan oleh kadar gula dalam darah berkurang, akan tetapi ketika kurma masuk dalam tubuh, kadar gula menjadi tinggi dengan cepat dan mengatasi kekurangan gula dalam darah.


ilustrasi sari kurma obat via ibnurabastore.com

Di perkembangan yang semakin pesat ini, kurma sering kali dimanfaatkan untuk berbagai aspek kehidupan dalam dunia kesehatan. Saat ini pengolahan kurma sudah mengalami beberapa proses namun tanpa mengurangi cita rasa dan manfaat kurma itu sendiri.

Sari kurma adalah minuman herbal ekstrak buah kurma yang kaya manfaat dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kita bisa memanfaatkan sari kurma untuk dikonsumsi agar mendapatkan manfaat yang telah terkandung dalam buah kurma tersebut. Pohon buah kurma yang secara umum tumbuh di negara atau tempat dengan iklim gurun sehingga tidak memungkinkan untuk tumbuh di Indonesia karena iklimnya tidak cocok, maka bisa memanfaatkan sari buah kurmanya. Seperti yang diketahui, bahwa belakangan banyak beredar sari kurma yang dimanfaatkan sebagai obat.

Sari kurma juga termasuk kedalam salah satu makanan paling baik dan mudah dicerna oleh tubuh. Baik untuk kesehatan, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dibalik sari buah kurma ini jika dikonsumsi secara rutin.

13 Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat sari kurma bagi ibu hamil dan pasca melahirkan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil via k-link.co.id

Kandungan kurma yang baik, membuat olahan nya yaitu sari kurma menjadi sangat penting bagi wanita yang tengah hamil. Sari kurma menghasilkan hormon sejenis oksitosin yang dapat merangsang kontraksi pada otot polos rahim pada saat menjelang kelahiran.

2. Pasca Melahirkan

Sari kurma sangat membantu kelancaran pada saat persalinan. Selain itu, manfaat sari kurma  dapat membantu menstabilkan kembali nutrisi dan darah bagi ibu setelah melahirkan.

Selain untuk ibu hamil, sari kurma juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

1. Menurunkan LDL (Kolesterol Jahat)

Serat pada sari kurma mencegah penyerapan kolesterol LDL. Mengikat zat kimia yang menyebabkan timbulnya gejala kanker usus besar dan melindungi selaput lendir usus.

2. Mengatasi Sembelit

ilustrasi sembelit via hmetro.com.my

Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar (makanan/obat untuk sembelit), inilah yang menyebabkan mengapa sari kurma ini sering dimakan oleh orang penderita sembelit.

Cara Penggunaan :
Untuk mendapatkan efek pencahar yang diinginkan, kurma harus direndam dalam air selama malam. Kemudian, makan kurma yang direndam di pagi hari seperti sirup untuk mendapatkan hasil yang paling optimal.

Kurma memiliki tingkat serat larut, yang penting dalam mempromosikan gerakan usus yang sehat dan sangat baik dijadikan makanan pembersih saluran pencernaan, yang dapat meringankan gejala sembelit.

3. Menjaga Kesehatan dan Memperkuat Tulang

Kandungan mineral yang cukup besar membuat sari kurma merupakan makanan super yang dapat memperkuat tulang serta melawan penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan tulang yang sehat dan kuat. Penting sekali bagi orang yang memiliki usia yang sudah mulai tua yang membuat tulang menjadi sedikit melemah.

4. Mengatasi Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, kandungan ini sangat bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan salah satunya adalah anemia. Kandungan zat besi yang tinggi membuat mereka merupakan suplemen makanan yang sempurna untuk orang yang menderita anemia. Tingginya tingkat zat besi meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi perasaan kelelahan dan kelesuan yang disebabkan oleh anemia.

5. Masalah Usus

ilustrasi masalah usus via penioktaviani.wordpress.com

Kandungan nikotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Konsumsi rutin sari kurma dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan organisme seperti patologis. Dengan kemampuan ini sari kurma dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Kurma juga tinggi serat larut yang penting untuk usus, ia juga mengandung asam amino yang dapat membantu proses pencernaan agar lebih efisien, hal ini akan berdampak baik terhadap banyaknya nutrisi yang akan diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke tubuh.

6. Keracunan atau Intoksikasi

Sari kurma biasanya digunakan sebagai obat untuk keracunan alkohol. Kurma memberikan bantuan cepat bagi anda yang sudah mabuk alkohol. Mereka juga dapat digunakan keesokan harinya untuk mencegah mabuk berat yang masih berlanjut. Sekali lagi, mereka harus digosok dan direndam semalam untuk hasil terbaik.

7. Diare

Sari kurma yang sudah matang mengandung kalium, yang dikenal sebagai cara yang efektif untuk mengendalikan diare. Mereka juga sangat mudah dicerna dan memberikan efek untuk membantu meringankan diare kronis. Serat larut dalam kurma juga dapat membantu meringankan diare, dengan membantu melancarkan buang air besar secara normal serta membantu kesehatan sistem ekskresi.

8. Kesehatan Jantung dan Mencegah Stroke

ilustrasi jantung sehat via hellosehat.com

Kurma sangat membantu dalam menjaga jantung dan juga berfungsi untuk mencegah stroke. Konsumsi sari kurma telah terbukti memiliki efek positif pada jantung yang lemah. Kurma juga merupakan sumber yang kaya akan kandungan kalium, kalium sendiri telah terbukti dari berbagai penelitian dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Poin pertama juga telah dijelaskan bahwa mereka terbukti mengurangi LDL (kolesterol jahat) yang artinya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

9. Cara Ampuh Meningkatkan Berat Badan

Sari kurma kaya akan kandungan gula, protein dan banyak vitamin esensial. Satu kilogram kurma mengandung hampir 3.000 kalori, kalori yang terdapat dalam kurma sudah sangat cukup untuk kebutuhan tubuh manusia. Kandungan gula yang cukup tinggi dapat menjadi salah satu senjata untuk menambah berat badan anda.

10. Menghilangkan Alergi

ilustrasi alergi via propolisbrazilianterbaik.blogspot.com

Salah satu aspek yang paling menarik dari sari kurma adalah adanya sulfur organik yang terdapat di dalamnya. Zat ini cuku jarang terdapat dalam makanan, namun ia sangat berharga dalam memberikan manfaat kesehatan, termasuk pengurangan reaksi alergi dan alergi musiman. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002, senyawa sulfur organik memiliki dampak positif bagi penderita SAR (Seasonal Rhinitis alergi). Sari kurma adalah cara yang paling ampuh untuk mengurangi alergi musiman melalui kandungan zat sulfur.

11. Meningkatkan Energi

Apa kandungan yang dapat membuat energi anda bertambah dengan mengkonsumsi gula ? kurma memiliki kandungan gula alami yang cukup tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Gula alami ini cukup ampuh untuk meningkatkan energi secara langsung. Bahkan beberapa masyarakat di dunia telah mengkonsumsi sari kurma dan merasakan manfaatnya saat merasa lelah dan lesu.

12. Kanker Perut

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa sari kurma menjadi cara yang ampuh untuk mengurangi risiko dan bahaya kanker perut. Sari kurma akan bekerja sebagai tonik yang dapat digunakan semua kelompok umur. Dalam beberapa kasus untuk mencegah resiko kanker perut, kurma bekerja lebih baik daripada obat-obatan tradisional. Mereka merupakan buah alami sehingga tidak memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh manusia.

13. Meningkatkan Stamina Seksual dan Kesuburan

Kandungan estradiol dan komponen flavonoid dari sari kurma merupakan zat yang dapat meningkatkan kualitas sperma dan motilitas.

Karena khasiat sari kurma adalah salah satu makanan manis dan multiguna yang dapat meregulasi proses pencernaan. Kurma dapat meningkatkan energi dalam waktu 30 menit bagi yang mengkonsumsinya. Mengkonsumsi 1 buah kurma per hari juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata anda seumur hidup. Kurma dikenal cukup efektif melindungi mata dari rabun senja.

Subhanallah, sesungguhnya kepada Allah kita menggantungkan jiwa raga kesehatan. Namun berusaha dan berikhitiar adalah kewajiban bagi kita. Mari bersunnah dan memulai gaya hidup sehat. Semoga artikel tentang sari kurma ini bermanfaat.
Top