Sakit Kepala Sebelah Kiri Bisa Jadi Tumor Otak Kenali Berbagai Penyebabnya Berikut

Komentar

sakit kepala sebelah kiri via minyakikan.co

Sakit kepala sebelah kiri, mungkin sebagian dari Anda para pembaca pernah atau bahkan jadi 'langganan' dari sakit kepala jenis ini. Penyebab sakit kepala sebelah kiri dapat mengindikasikan beberapa penyakit yang melatar belakangi. Coba kenali penyebab dan cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang sering kalian alami.

Sakit kepala sebelah kiri bisa terjadi karena beberapa hal. Biasanya sakit kepala sebelah kiri dapat pulih dalam beberapa jam dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika rasa sakit yang dirasakan intens atau tidak segera hilang, sebaiknya kunjungi dokter untuk penanganan yang tepat.

Ketika sakit kepala sebelah kiri menyerang, aktivitas sehari-hari Anda pastinya akan terganggu. Agar rasa sakit kepala Anda teratasi dengan tepat, maka Anda harus mengetahui penyebab yang mendasarinya dan bagaimana cara tepat mengatasinya.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Migrain yang dialami oleh setiap orang berbeda-beda letak dan penyebabnya. Migrain bisa terjadi di kepala sebelah kanan, sebelah kiri, atau bahkan di bagian kepala belakang. Nah, berikut adalah penyebab sakit kepala di sebelah kiri:

1. Sinusitis

Sinusitis adalah lapisan sinus di bagian kepala mengalami infeksi, radang, atau alergi. Penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri.

Penyakit ini sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Namun, sinusitis dapat menyebabkan sakit di sebelah kiri kepala Anda.

2. Sakit Kepala Tegang (Tension Headache)

Jenis sakit kepala ini juga dapat menyebabkan nyeri di kepala sebelah kiri. Bahkan, rasa nyeri itu juga disertai dengan rasa tegang dan sakit di bagian leher maupun bahu.

Penyebab dari sakit kepala karena tegang ini adalah posisi tidur yang buruk, stres, insomnia, otot tubuh yang tegang, dan kebiasaan terlambat makan.

3. Tumor Otak

Penyakit kronis satu ini sangat ditakuti oleh banyak orang. Gejala yang ditimbulkan dari tumor otak ini adalah sakit kepala di sebelah kiri maupun kanan, tergantung dengan letak tumor.

Pasalnya, ketika ukuran tumor terus membesar dan memenuhi tengkorak kepala, maka efeknya adalah sakit kepala sebelah yang dirasakan oleh penderitanya.

4. Sakit Kepala Klaster

Ada yang bilang bahwa sakit kepala klaster adalah sakit kepala yang disebabkan oleh keturunan. Akan tetapi, ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang dapat mengalami sakit kepala klaster, mulai dari cahaya yang terlalu silau, penggunaan obat-obatan terlarang, dan kebiasaan merokok.

Klaster adalah sakit kepala yang terjadi berulang dan bisa berlangsung antara 3 menit hingga 2 jam.

5. Stroke

Saat aliran darah ke otak tersumbat oleh gumpalan darah, Anda akan merasakan sakit di kepala sebelah. Itulah yang kerap kali dirasakan oleh penderita stroke.

Darah tidak berhasil mencapai otak sehingga akhirnya penderita stroke akan kekurangan asupan oksigen dan nutrisi. Selain sakit kepala sebelah, stroke juga membuat penderitanya lumpuh dan mengalami kesulitan untuk berbicara.

6. Tekanan darah tinggi

Meski tidak memiliki gejala fisik yang khas, namun tekanan darah tinggi bisa memicu timbulnya sensasi tegang pada leher, hingga sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah kiri.

Tips cara mengobati sakit kepala sebelah kiri dengan mudah :

1. Tidur yang cukup

tidur via kabarmakassar.com

Agar terhindar dari sakit kepala sebelah kiri sebaiknya hindari kafein, rokok dan minuman beralkohol. Ketiga bahan tersebut dapat mengotori aliran darah dan mengiritasi dinding arteri menuju otak, akibatnya kepala akan mengalami sakit dan berdenyut.

2. Kurangi stres

kurangi stress via abendblatt-berlin.de

Cara mengobati sakit kepala sebelah kiri dapat dilakukan dengan cara mengurangi stres setidaknya dengan olahraga atau melakukan perjalanan rekreasi ke suatu tempat favorit.

Suasana yang menyenangkan dapat meningkatkan semangat dan pikiran lebih jernih sehingga terhindar dari ketegangan saraf dan otot kepala akibat terlalu lama berfikir.

3. Mengurangi es krim

es krim via kingarthurflour.com

Cara mengobati sakit kepala sebelah kiri bagi seseorang yang sensitif terhadap es krim adalah menghindari makanan apapun yang berbahan dasar es krim.

Dibalik kelezatan es krim terdapat zat yang mampu menyebabkan saraf kepala menjadi tegang dan mendapat tekanan, Akibatnya sakit kepala sebelah kiri tak dapat dihindari.

Kurangi es krim dan beralihlah minum air putih sebanyak yang anda bisa. Air putih mampu melancarkan peredaran darah menuju kepala.

4. Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit jenis ibufrofen

Sakit kepala sebelah kiri bisa disebabkan karena berhubungan intim yang mengharuskan saraf saraf dan otot otak senantiasa untuk tegang dan memanjang sehingga menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Untuk mengobati sakit kepala tersebut minumlah obat jenis ibufrofen.

5. Mengurangi pemakaian hormon estrogen

Wanita yang memakai alat kontrasepsi biasanya akan mengalami pengerungan rahim yang diakibatkan penambahan hormon estrogen untuk mencegah kehamilan. Tetapi banyak wanita yang mengalami sakit kepala sebelah kiri akibat hormon estrogen tersebut.

6. Minum air putih yang cukup

air putih via vebma.com

Air putih dapat melancarkan seluruh peredaran darah, Menyehatkan pembuluh arteri dan menghindari tubuh mengalami kekeringan atau dehidrasi yang biasanya dapat memicu sakit kepala sebelah kiri.

Minum air putih adalah satu satunya cara mengobati sakit kepala sebelah kiri paling mudah dan murah meriah.

7. Hindari benturan dan hantaman

benturan di kepala via gejalagegarotak.blogspot.com

Agar kepala terhindar dari sakit kepala sebelah kiri sebaiknya hindari benturan atau hantaman keras pada sisi kiri kepala yang dapat mencederai organ dalam kepala dan memicu munculnya sakit kepala berulang dan pendarahan pada otak.

Benturan acapkali menjadi penyebab munculnya sakit kepala pada anak anak. Cara mengobati sakit kepala sebelah kiri pada anak anak biasanya bisa diberikan obat jenis naproxen dan tylenon.

Itulah beberapa bahaya dan cara untuk mengatasi migrain sebelah bagian kiri. Semoga Anda dapat selalu menjaga kesehatan badan apalagi bagian kepala yang akan rawan banyak penyakit.

Hindari makan makanan yang bersifat instan, seperti junk food sebab itu jiga dapat menjadi penyebab sakit kepala seperti kanker otak, tumor otak, bahkan sampai stroke. Beralihlah mengkonsumsi makan sehat dan bergizi.

Selain bermanfaat untuk tubuh bermanfaat pula untuk kesehatan otak. Karena otak adalah bagian terpenting dalam tubuh, sebisa mungkin Anda harus merawat dan menjaganya dengan spesial atau khusus.

Awal penyakit stroke berawal dari otak, dan pola hidup serta makan makanan yang tidak sehat. Menjalankan aktivitas dengan sehat dan mengkonsumsi makanan sehat akan merubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.
Top