Sering Sakit Kepala Sebelah Kanan? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Komentar


sakit kepala sebelah kanan via bodrex.com

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Namun, pernahkah Anda mengalami sakit kepala sebelah kanan? Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal dan dapat juga menjadi tanda adanya masalah kesehatan serius.

Sakit kepala adalah rasa nyeri yang dapat terjadi pada bagian manapun di kepala. Keluhan ini sangat umum terjadi. Sakit kepala dapat berlangsung hanya kurang dari satu jam, atau bisa juga selama beberapa hari, serta dapat muncul secara tiba-tiba maupun secara perlahan.

Rasa sakit yang muncul di sebagian area kepala saja, terasa sangat berat, dan muncul tiba-tiba bisa menandakan kondisi tertentu yang harus diwaspadai.

Inilah 15 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

1. Stress

Stress bisa menjadi biang keladi bahwa anda akan mengalami sakit kepala sebelah kanan.
Stress akan membuat pikiran anda menjadi tidak terkendali dengan baik sehingga terkadang menimbulkan rasa takut dan cemas berlebihan.

Kejadian-kejadian itu akan membuat kepala anda menjadi terasa penuh dan lelah sampai akhirnya anda mengalami sakit kepala sebelah kanan. Apakah ini yang Anda rasakan?

2. Kurang Berolahraga

Melakukan olahraga yang teratur akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat karena otot-otot yang digerakan akan membuat sirkulasi darah dalam tubuh anda menjadi lebih lancar.

Namun, jika anda kurang berolahraga; maka tubuh anda akan mengalami berbagai masalah kesehatan yang salah satunya dapat memicu timbulnya sakit kepala sebelah kanan.

3. Pasca Cedera

pasca cedera via intisari.grid.id

Cedera yang sebelumnya diakibatkan oleh adanya benturan pada bagian kepala sebelah kanan akan menjadi pemicu anda mengalami sakit kepala sebelah kanan.

Hal ini diakibatkan adanya beberapa masalah pada bagian kepala seperti adanya pembekuan darah atau pembengkakan akibat benturan tersebut.

Rasa sakit yang ditimbulkan akan sangat tergantung pada parah atau tidaknya benturan cedera kepala yang sedang anda alami.

4. Makanan dan Minuman Ber-Kafein

minuman berkafein via sehatfresh.com

Sakit kepala sebelah kanan juga dapat disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein secara berlebihan.

Ketika anda merasakan sakit kepala sebelah kanan yang diakibatkan oleh kafein, maka akan disertai pulai oleh gejala mual-mual dan mata menjadi terasa berat.

Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi kafein secara berlebihan dan berpindahlah untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan badan.

5. Zat Kimia dalam Makanan

zat kimia via ijulproject.blogspot.com

Hati-hati dengan adanya zat-zat kimia yang sering kita temukan dalam makanan. Zat-zat kimia tersebut bisa bersumber dari zat pewarna makanan ataupun nitrat.

Zat-zat kimia tersebut ternyata dapat meningkatkan aliran darah ke bagian kepala sehingga anda akan mengalami masalah sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah kanan.

6. Makanan yang Mengandung Tiramin Tinggi

Tiramin juga dapat meningkatkan aliran darah ke kepala sehingga memicu sakit kepala sebalah kanan.

Beberapa makanan yang mengandung kandungan tiramin tinggi diantaranya adalah keju, minyak zaitun, olahan daging, acar, bawang merah, kismis, avokad, beberapa biji-bijian, serta kacang-kacangan.

7. Es Krim atau Minuman Dingin

es krim via kingarthurflour.com

Sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah kanan juga dapat disebabkan oleh adanya konsumsi es atau minuman dingin.

Hal ini sebenarnya merupakan hal yang wajar karena merupakan reaksi tubuh secara natural terhadap rasa dingin berlebih.

8. Insomnia

insomnia via lifehacker.com.au

Susah tidur atau insomnia akan membuat anda menderita sakit kepala sebelah kanan. Insomnia akan membuat otak anda menjadi kurang istirahat sehingga otot serta syaraf pun menjadi tegang.

Walaupun tidak terlalu berbahaya, namun rasa sakit kepala sebelah kanan akibat insomnia ini akan mengganggu konsentrasi dan aktivitas anda sehari-hari.

9. Obat Sakit Kepala

Obat sakit kepala tertentu terkadang dapat menimbulkan masalah sakit kepala sebelah kanan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat sakit kepala.

Usahakan anda mendapatkan obat sakit kepala dengan resep dokter supaya obat tersebut dapat mengurangi bahkan menyembuhkan sakit kepala yang sedang anda derita, bukannya memberikan efek samping sehingga bisa membuat anda sakit kepala sebelah kanan.

10. Meningitis

Radang yang terjadi pada bagian meninges atau selaput yang melingdungi otak dapat menyebabkan penyakit meningitis. Penyakit ini disebabkan oleh jamur, parasit, bakteri atau virus.

Salah satu gejala yang ditimbulkannya adalah dapat menagkibatkan sakit kepala sebelah kanan.
Jika anda mengalami sakit kepala sebelah kanan, segera tangani dengan tepat karena bisa saja itu tanda dari penyakit meningitis yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian.

11. Tumor Otak

Sakit kepala sebelah kanan juga dapat disebabkan oleh adanya tumor pada bagian otak.

Awalnya anda akan merasakan seolah anda sedang mengalami migrain, namun lama-kelamaan penyakit tersebut akan semakin memburuk karena dapat menekan bagian-bagian penting dari otak seperti rongga kepala, otak, pembuluh darah serta organ otak sehingga rasa sakit kepala sebelah kanan pun akan semakin menjadi-jadi dan cenderung tidak tertahankan.

12. Infeksi pada Bagian Tubuh

Ketika terjadi infeksi pada bagian tubuh tertentu seperti infeksi pada radang tenggorokan, maka sistem imun tubuh akan berupaya semaksimal mungkin untuk melawan infeksi tersebut agar tidak menimbulkan bahaya yang lebih besar.

Keadaan itulah yang akan membuat anda menderita penyakit sakit kepala sebelah kanan.

13. Sinusitis

Sinusitis merupakan radang pada rongga hidung yang diakibatkan oleh penumpukan lendir pada rongga hidung.

Apabila penumpukan lendir tersebut terjadi pada rongga hidung sebelah kanan, maka penyakit ini pula dapat menimbulkan sakit kepala sebelah kanan.


14. Obesitas

obesitas via 4.bp.blogspot.com

Orang yang gemuk atau mengalami masalah obesitas ternyata lebih rentan menderita sakit kepala sebelah kanan, jika dibandingkan orang normal pada umumnya.

Hal ini bisa dipicu karena adanya tekanan psikologis yang umumnya sering diderita oleh orang yang mengalami masalah obesitas.

15. Migrain (Sakit Kepala Sebelah)

Migrain yang menyerang kepala bagian kanan akan menimbulkan pula rasa sakit kepala sebelah kanan. Gejala rasa sakit kepala yang ditimbulkannya cenderung konstan sehingga lama-kelamaan akan mereda juga dengan sendirinya.

Migrain bisa dipicu oleh konsumsi alkohol, rokok dan bahan kimia yang berlebihan.

Disamping itu, migrain juga bisa terjadi karena adanya pelebaran atau penyempitan pembuluh darah di bagian kepala sebelah kanan.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan

Terkadang sakit kepala sebelah kanan yang muncul mendadak sulit untuk dicegah, terutama jika tidak diketahui pasti apa penyebabnya. Namun Anda masih bisa melakukan hal-hal berikut untuk meringankan gejala sakit kepala sebelah kanan, di antaranya:

1. Kelola stres

kelola stress via hellosehat.com

Lakukan hal-hal yang membantu Anda untuk tetap rileks, seperti pijatan atau meditasi untuk mengurangi stres.

2. Tidur yang cukup

tidur cukup via kabarmakassar.com

Luangkan waktu untuk tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam, supaya tubuh Anda lebih siap menjalani aktivitas sepanjang hari.

3. Perbanyak minum air

minum air via orami.co.id

Pastikan tubuh Anda mendapatkan cairan yang cukup supaya terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi biasanya menjadi salah satu pemicu sakit kepala.

4. Batasi konsumsi alkohol dan kafein

Anda disarankan mulai membatasi konsumsi minuman beralkohol dan kafein, karena kedua zat tersebut dapat memicu timbulnya sakit kepala.

5. Olahraga secara teratur

olahraga via okaydoc.com

Teratur berolahraga dapat mengurangi stres penyebab sakit kepala dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Anda disarankan berolahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu, dengan durasi waktu olahraga sekitar 30 menit.

6. Makan dengan teratur

Hindari melewatkan waktu makan, sebab hal itu dapat memicu munculnya sakit kepala. Sertakan pula buah dan sayur yang kaya akan nutrisi dalam menu makanan Anda.

Jika tips-tips di atas tidak dapat mencegah dan mengurangi rasa sakit kepala sebelah kanan yang menjalar hingga ke leher, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Sakit kepala yang disertai dengan penurunan kesadaran, demam, kejang, kelemahan anggota gerak tubuh, atau sakit kepala yang muncul setelah melakukan aktivitas tertentu, seperti berhubungan seks, batuk atau bersin, adalah jenis sakit kepala yang perlu segera mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut dari dokter.
Top