Waspadai Penyebab Sakit Kepala Bagian Atas, Efeknya Berbahaya

Komentar

Sakit kepala via hellosehat.com

Simak penyebab, gejala dan cara mengobati sakit kepala bagian atas yang wajib Anda ketahui. Sakit kepala memang hal yang umum, dan sebagian besar penyebabnya karena setress.

Sakit kepala di sekitar ubun-ubun atau sakit kepala bagian atas seperti yang Anda alami ada kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor yang akan kami bahas dalam artikel ini. Sakit kepala bagian atas memang menjadi salah satu gangguan kesehatan yang kerap menyerang siapa saja. Ketahui penyebab, gejala dan cara mengobatinya.

Penyebab sakit kepala sangatlah banyak. Sakit kepala terasa seperti ditekan di bagian atas kepala (ubun-ubun) mungkin disebabkan oleh sakit kepala tipe tegang. Rasa lapar akibat kurangnya asupan makanan pada diri seseorang diketahui juga dapat memicu sakit kepala bagian atas atau di ubun-ubun.

Sakit kepalanya di area sekitar ubun-ubun atau sakit kepala bagian atas memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk mengalami sakit kepala tegang. Inilah penyebab, gejala dan cara mengobati sakit kepala bagian atas yang harus Anda ketahui.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Atas:

1. Tekanan Stres

Penyebab pertama adalah tekanan stress. Seperti diketahui, stress merupakan keadaan tekanan mental yang sangat umum dirasakan oleh manusia saat ini. Pemicu dari stress pun dapat bermacam-macam, mulai dari beban keluarga, beban pekerjaan, beban sekolah, dan berbagai beban pikiran lainnya.

Karena beratnya beban-beban dalam kehidupan manusia ini, stress pun diketahui mampu memberikan dampak negatif pada kesehatan tubuh manusia. Salah satu dampak negatif tersebut adalah munculnya rasa sakit kepala di bagian ubun-ubun seseorang. Mengapa sakit ini dapat terjadi dibagian atas kepala? Alasannya adalah karena merupakan hasil kerja terlalu berat pada otak bagian atas.

2. Terlalu Cemas

Selanjutnya, penyebab dari sakit kepala bagian atas ini juga adalah akibat dari kebiasaan terlalu cemas. Kecemasan merupakan kondisi perasaan tidak tenang yang banyak mengganggu aktivitas seseorang setiap harinya. Itulah sebabnya mengapa rasa cemas yang berlebihan sangatlah dilarang. Rasa cemas pun diketahui memiliki efek negatif pada kesehatan seseorang.

Efek pada kesehatan dari rasa cemas adalah munculnya penyakit kepala yang terasa hingga bagian kepala atas. Lalu anda pun harus mengerti bahwa sakit kepala di bagian atas sangat tidak baik manfaatnya. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mencoba menenangkan diri sendiri ketika merasa cemas telah berlebihan. Karena lebih lanjut anda pun dapat merasakan gangguan selanjutnya, seperti gangguan tidur dan gangguan makan.

3. Kekurangan Asupan Makanan

Rasa lapar akibat kurangnya asupan makanan pada diri seseorang diketahui dapat memicu sakit kepala bagian atas atau di ubun-ubun. Oleh karena itu, anda pun diharapkan dapat memenuhi kebutuhan asupan makanan sehari-hari. Pemenuhan kebutuhan makanan ini diharapkan mampu menjaga kepala tidak mudah sakit.

Asupan makanan ini tidak hanya mencakup banyaknya makanan yang dikonsumsi tetapi juga seberapa banyak kandungan nutrisi dalam makanan tersebut. Kurangnya asupan protein di saat anda banyak mengonsumsi karbohidrat pun tidak baik untuk kesehatan kepala anda.

Begitu pun sebaiknya. Itulah mengapa untuk mencukupi kebutuhan asupan makanan adalah hal yang penting dan tidak dapat ditawar lagi. Konsumsilah makanan anda dengan baik dan cukup setiap harinya.

4. Terlalu Bekerja Berat

Selain itu, pekerjaan yang terlalu berat akibat dari tuntutan pekerjaan kemudian diketahui merupakan salah satu penyebab sakit kepala bagian atas menyerang. Seperti diketahui, setiap orang memiliki batas kemampuan dan kapasitas pekerjaan yang dapat dilakukan.

Sayangnya, bekerja yang terlalu keras kemudian dapat memberikan efek samping juga yaitu sakit kepala. Sakit kepala akibat kelelahan diketahui merupakan jenis sakit kepala yang berada di atas atau ubun-ubun. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak terlalu lelah dalam menghabiskan tenaga anda. Anda harus sesekali memberikan waktu istirahat anda. Hal ini kemudian diketahui dapat mencegah pula sakit kepala yang sering menyerang.

5. Efek Samping Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala sebelah atau migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang cukup sering mengganggu seseorang. Jenis sakit kepala ini kemudian diketahui dapat menyebabkan efek samping lain. Efek samping lain pun cukup parah intensitasnya.

Misalnya, efek sakit kepala sebelah atau migrain kemudian dapat menyebabkan kepala bagian atas terasa sakit. Sakit kepala bagian atas inilah merupakan salah satu sakit kepala yang sangat tidak baik untuk kesehatan seseorang. Rasa sakit yang menusuk bagian atas kepala ini diketahui mampu membuat seseorang menjadi tidak dapat beraktivitas dan mudah lelah. Oleh karena itu, anda harus menghindari terjadinya sakit kepala sebelah untuk dapat menghindari sakit kepala di bagian atas atau ubun-ubun tersebut.

6. Pengaruh Adanya Infeksi

Infeksi yang terjadi dalam tubuh manusia pun diketahui sangat berbahaya gejala dan efeknya. Salah satu gejala dari infeksi dalam tubuh adalah keberadaan sakit kepala yang menusuk-nusuk di bagian atas kepala. Anda diharapkan mampu menjauhkan diri dari infeksi untuk dapat mencegah terjadinya sakit kepala yang mengganggu ini.

Sakit kepala bagian atas ini khususnya diketahui sering disebabkan oleh penyakit akibat infeksi seperti sinusitis, radang tenggorokan, meningitis, dan beberapa penyakit akibat infeksi lainnya. Penyakit infeksi pun diketahui banyak disebabkan oleh adanya pengaruh bakteri, kuman, serta virus yang menyerang tubuh seseorang. Jika sudah terjangkiti bakteri, kuman, serta virus tersebut, maka sakit kepala yang berat pun wajar dapat menyerang seseorang.

7. Tubuh Kurang Istirahat

Penyebab selanjutnya adalah akibat tubuh mengalami kurang istirahat. Tubuh yang kurang istirahat merupakan tubuh yang terlalu lelah dan kemudian sering merasa nyeri dan sakit di seluruh bagian tubuh. Itulah sebabnya, untuk mencegah tubuh menjadi sakit kepala terus menerus maka anda harus mengembalikan tubuh kurang istirahat.

Tubuh yang kurang istirahat kemudian perlu diberikan waktu istirahat yang cukup. Waktu istirahat ini kemudian dapat anda lakukan dengan tidur yang cukup dan perbanyak olahraga ringan. Hal ini kemudian diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh tidak terserang sakit kepala yang sangat kronis.


Sakit bagian atas via hellosehat.com

Gejala Sakit Kepala Bagian Atas:

1. Sakit Kepala Terasa Berulang

Gejala pertama dari sakit kepala bagian atas atau ubun-ubun ini adalah sakitnya terasa berulang-ulang. Pada umumnya, penderita dari sakit kepala di bagian ubun-ubun diketahui memiliki permasalahan dalam beraktivitas.

Hal ini dilatarbelakangi oleh sakit kepala yang sering berulang. Sakit kepala yang terasa berulang ini dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Sehingga ketika kambuh saat sedang beraktivitas pun dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan tidak mudah beraktivitas. Setiap aktivitas terganggu dan tidak mudah beraktivitas dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, anda harus sering memberikan waktu istirahat dan tidak terlalu bekerja berat dalam aktivitas anda.

2. Sulit untuk Tidur

Selanjutnya, gejala lain yang sering ditunjukkan oleh penderita sakit kepala bagian ubun-ubun adalah kesulitan untuk tidur. Gejala sulit untuk tidur ini merupakan gejala yang paling parah karena seseorang yang tidak dapat tidur akan mendapati hari yang lebih melelahkan. Manusia memerlukan tidur untuk mendapatkan tubuh yang kembali segar dan bugar.

Lalu bagaimana jika anda kekurangan tidur? Maka tubuh anda akan sangat lelah dan tidak bisa melakukan seluruh kewajiban aktivitas anda sehari-hari. Itulah sebabnya mengapa anda perlu untuk untuk mencegah sakit kepala ini dengan tetap memaksakan diri untuk tidur. Kesulitan tidur ini sangat berbahaya memang akibat dan efek sampingnya.

3. Sulit untuk Berkonsentrasi

Selain itu, gejala yang ditimbulkan adalah kesulitan untuk berkonsentrasi. Masa-masa sakit kepala bagian ubun-ubun diketahui merupakan masa-masa yang sangat berat untuk penderitanya. Seperti diketahui sakit kepala yang berlebihan kemudian dapat membuat seseorang sangat sulit untuk berkonsentrasi. Konsentrasi yang kurang kemudian diketahui sangat menyulitkan untuk membantu seseorang dalam melakukan aktivitasnya.

Itulah mengapa seseorang yang menderita sakit kepala bagian ubun-ubun kemudian akan memiliki aktivitas yang tidak memuaskan. Kesulitan dalam berkonsentrasi ini sangat merugikan dan tidak disarankan untuk dibiarkan saja. Anda dapat segera berkonsultasi dengan pihak dokter untuk memperbaiki kesehatan anda.

4. Sakit Terasa Nyeri Otot

Gejala lain yang sering melengkapi sakit pada bagian ubun-ubun kepala adalah rasa nyeri otot. Seperti diketahui seseorang yang menderita sakit kepala di bagian atas sangat wajar kemudian mempengaruhi bagian tubuh lainnya.

Hal ini dilatarbelakangi oleh keadaan saraf-saraf yang mungkin terlalu tertekan dengan rasa sakit yang ditimbulkan, dan kemudian menyebabkan nyeri di beberapa bagian tubuh. Nyeri otot ini dapat terasa di berbagai bagian tubuh. Bisa saja menyerang di daerah kepala, pundak, bahkan punggung. Rasa nyeri ini pun kemudian akan mempengaruhi stamina penderita itu sendiri.

Sehingga sering kali seseorang menjadi lebih mudah sakit dan tidak dapat dikendalikan lagi rasa sakitnya. Untuk itu, kurangilah hal-hal yang dapat memicu sakit kepala bagian ubun-ubun datang dan menyerang kembali.


Pusing via mediskus.com

Cara Mengobati Sakit Kepala Bagian Atas:

1. Konsumsi Teh

Cara yang pertama untuk mengobati sakit kepala bagian atas atau di bagian ubun-ubun yang sering menyerang adalah dengan mengonsumsi teh. Hampir semua jenis teh dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit pada bagian kepala.

Jenis-jenis teh tersebut antara lain adalah dan teh hijau, daun teh alpukat, dan tentunya daun teh mint. Selanjutnya, sakit kepala yang Anda alami juga dapat disembuhkan dengan mengonsumsi teh dari daun mint. Anda dapat membeli produk teh mint ini langsung di pasaran.

Namun ternyata anda juga dapat membuatnya sendiri. Berikut ini langkah-langkah membuat teh mint yang dapat anda lakukan sendiri:
  • Siapkanlah sejumlah daun mint secukupnya untuk standar konsumsi anda.
  • Siapkanlah air secukupnya untuk merebus daun teh.
  • Rebuslah daun mint tersebut ke dalam air hingga mendidih.
  • Saringlah air rebusan daun mint dan tuangkan ke dalam wadah.
  • Konsumsilah rebusan daun teh mint ini secara rutin, dan terakhir ulangi hingga sakit kepala yang Anda derita berkurang intensitasnya rasa sakitnya.


2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga dengan teratur pun diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya mencegah banyak penyakit, olahraga pun diketahui mampu merangsang saraf-saraf untuk untuk memberikan sinyal yang baik dan mengobati sakit-sakit kepala yang sering dirasakan oleh seseorang.

Salah satunya adalah dalam proses pengobatan sakit kepala pada ubun-ubun. Jenis sakit kepala ini diketahui merupakan akibat stress pada umumnya. Olahraga dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi stress anda. Stress yang menekan bagian tubuh anda ini ternyata dapat dilepaskan dengan memanfaatkan olahraga pada tubuh anda.

Otot-otot yang terkena matahari dan keringat yang terlepas dari tubuh merupakan cara yang paling aktif dalam mengembalikan lagi tubuh anda yang kuat dan bebas dari sakit kepala anda.

3. Terapi Bagian Kepala

Cara mengobati sakit kepala pada ubun-ubun selanjutnya adalah dengan melakukan terapi pada bagian kepala anda. Seperti diketahui secara umum, sakit kepala di beberapa bagian kepala umumnya disebabkan oleh kondisi syaraf dan otot-otot di bagian sekitar kepala yang berada dalam posisi tegang. Itulah mengapa terapi dari bagian kepala penting untuk dilakukan.

Cara dari terapi ini dilakukan dengan menggunakan beberapa aroma terapi pada lingkungan-lingkungan sekitar anda. Selain itu, terapi pada ahli terapi profesional pada bagian kepala pun penting untuk dilakukan. Anda harus secara rutin melakukan terapi di bagian kepala ini untuk memaksimalkan pengurangan rasa sakit kepala di bagian ubun-ubun ini.

4. Konsumsi Buah-buahan Segar

Selanjutnya anda pun dapat memanfaatkan konsumsi buah-buahan segar untuk mengobati sakit kepala di bagian ubun-ubun. Seperti diketahui secara umum, diketahui bahwa buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Misalnya saja buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan nutrisi lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan seseorang.

Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan segar tersebut, anda dapat memiliki kondisi tubuh yang fit dan tidak mudah sakit. Termasuk juga anda dapat menutrisi bagian-bagian kepala yang dibutuhkan untuk dapat beraktivitas dengan fit dan tidak terganggu sakit kepala lagi. Macam buah-buahan segar yang baik untuk kesehatan kepala anda adalah buah pisang, buah semangka, buah alpukat, dan beberapa buah lain yang baik untuk kesehatan kepala anda.

5. Konsumsi Sayuran Hijau

Konsumsi sayuran hijau pun diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kepala anda. Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang juga baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli misalnya sangatlah baik untuk merelaksasi bagian-bagian kepala yang sedang berada dalam kondisi tegang.

Untuk itu anda diharapkan mampu mengonsumsi sayuran hijau dengan rutin. Jadikanlah konsumsi sayuran hijau ini sebagai konsumsi wajib anda. Perbanyak juga konsumsi sayuran hijau sebagai konsumsi wajib. Itulah sebabnya anda diharapkan mampu menjaga kesehatan tubuh dengan menggunakan manfaat dari konsumsi sayuran hijau anda.

6. Mengonsumsi Obat-obatan

Satu lagi cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengobati sakit kepala bagian ubun-ubun. Cara ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi sakit kepala anda.

Konsumsilah obat-obatan ini atas resep dokter dan dalam dosis yang cukup. Anda diharapkan tidak mengonsumsi obat-obatan dengan sembarangan karena akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan anda.


Kepala sakit via dedaunan.com

Demikian informasi tentang sakit kepala bagian atas yang dapat kami sampaikan, sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan kita, selalu menjaga pikiran kita agar tidak setress, dan rajin berolahraga agar pikiran kita lebih fresh. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda yang membaca artikel ini, terimakasih.
Top