Cara Cepat Mengobati Sakit Gigi yang Sudah Terbukti Ampuh

Komentar

sakit gigi via food.detik.com

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga parah. Nyeri sakit gigi bisa terasa secara terus-menerus sepanjang hari atau bisa muncul dan hilang secara berulang-ulang tanpa menentu.

Sakit gigi memang seringkali membuat mood seseorang jadi buruk. Sakit gigi biasanya disertai pusing, nyeri leher, nyeri telinga, demam, bau mulut, gusi nyut-nyutan, makan pun terasa menyiksa. Malah kadang yang mengalami sakit gigi sampai menangis karena tidak betah dengan sakit yang dialami.

Jika sudah parah, sakit gigi yang dibiarkan bisa mengancam jiwamu, bisa berhubungan dengan saraf otak manusia. Jenis sakit gigi juga bervariasi, namun hampir 60 persen dikarenakan gigi berlubang.

Inilah 15 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami dan Terbukti Ampuh

Jika Anda mengalami sakit gigi akibat gigi berlubang,  ada beberapa cara mengobati sakit gigi sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter. Berikut obat sakit gigi alami yang harus Anda ketahui.

1. Garam


Ilustrasi garam via hellosehat.com

Garam dapat digunakan sebagai mengobati sakit gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

2. Lemon

Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

3. Jeruk nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

4. Belimbing wuluh

ilustrasi belimbing wuluh via bibitbunga.com

Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut Anda. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

5. Daun Jambu biji

Daun jambu biji juga ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif sebagai cara mengobati sakit gigi karena mempunyai antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat. Yang perlu Anda lakukan hanya menguyah jambu biji. Atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

6. Daun sirih

ilustrasi daun sirih via pakargigi.com

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara mengobati sakit gigi. Apakah Anda pernah melihat nenek atau kakek Anda menguyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. Yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur

7. Bawang merah

Bawang merah mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

8. Bawang putih

Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

9. Asam jawa

ilustrasi asam jawa via lifestyle.okezone.com

Asam jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit

10. Cengkeh

Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

11. Merica

Merica berguna sebagai cara mengobati sakit gigi karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit

12. Serai

ilustrasi serai via mengobatisakitgigi.wordpress.com

Serai dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami. Selain itu seraii juga dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan gusi. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian gunakan untuk berkumur


13. Jahe

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air persan jahe untuk berkumur.


14. Getah jarak

ilustrasi daun jarak via adifkgugm.blogspot.com

Getah jarak mengandung antiseptic, antibakteri, dan antibiotik yang tinggi. Caranya adalah dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit.

15. Air kelapa

Air kelapa juga berguna sebagai antiseptic alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.

Cara mengatasi sakit gigi memang dapat dilakukan dengan bantuan beberapa bahan alami. Meski begitu, jika kondisi gigimu tidak kunjung membaik, disarankan kamu segera mengonsultasikannya ke dokter. Tentunya dengan tujuan agar kamu mendapat pengobatan yang tepat dan lebih cepat.
Top