Pusing Kepala Sering Menyerang? Hilangkan Pusing Kepala dengan Cara Alami Ini

Komentar

ilustrasi pusing kepala via bodrex.com

Pusing kepala yang menyerang tiba-tiba bukan tanpa sebab. Kalau sering pusing kepala, tentu akan sangat mengganggu aktifitas Anda, bukan? Berikut cara menghilangkan pusing kepala secara alami.

Pusing kepala yang menyerang tiba-tiba bukan tanpa sebab. Hampir semua orang mengalami gangguan ini tidak pandang usia dan merupakan gangguan kesehatan yang paling umum terjadi. Ini bisa saja hanya gangguan ringan, atau sebaliknya, yaitu kemungkinan dari respons tubuh akan adanya gangguan kesehatan yang lebih serius.

Jika gangguan ringan, biasanya akan sembuh dengan istirahat atau meminum obat pusing kepala dan minum air putih yang cukup. Namun jika nantinya kambuh lagi dalam beberapa jam atau esok harinya, Anda perlu waspada akan kemungkinan sakit lainnya yang timbul.

Untuk itu, kenali dan waspadai sakit yang terkesan sepele ini agar rutinitas Anda berjalan dengan baik tanpa hambatan dalam meraih sukses hidup atau karir. Salah satunya dengan pola hidup sehat dengan menghindari aktivitas-aktivitas serta jenis makanan tertentu yang memicu terjadinya pusing kepala.

Pahami Jenis pusing kepala yang menyerang Anda

Ada beberapa kondisi pusing kepala yang berbeda-beda, mulai dari pusing kepala bagian depan, pusing kepala sebelah kiri, pusing kepala sebelah kanan, hingga pusing kepala belakang.

Melihat dari mana keluhan itu muncul, pusing kepala bisa berupa migren atau pusing kepala sebelah, tensi/tekanan darah tinggi, vertigo atau badan terasa melayang, dan pusing kepala dengan nyeri bagian dalam dan di sekitas mata atau biasa disebut cluster, serta pusing kepala sinus yakni pada bagian alis dan kedua sisi tepian hidung.

Penyebab pusing kepala yang Umum Terjadi

Penyebab pusing kepala pun bermacam-macam mulai dari karena mengidap suatu penyakit tertentu seperti meningitis, kanker otak, maupun konsumsi obat berlebih, hingga akibat dari suatu aktivitas dan makanan yang dikonsumsi.

Tanpa disadari, pusing kepala juga bisa muncul dari kegiatan rutinitas yang sepele. Aktivitas yang bisa membuat kepala sakit seperti:
  • Lama menatap layar komputer maupun ponsel
  • Terlalu lama duduk
  • Banyak tekanan atau stres
  • Kurang tidur
  • Sedikit minum
  • Membaca terlalu lama
  • Merokok
  • Terlambat makan
  • Cahaya yang terlalu silau
  • Posisi tidur yang salah
  • Terlalu lama di bawah matahari dan kehujanan


Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidaklah baik. Mengonsumsi makanan secara normal akan menghindarkan dari gangguan pusing kepala. Sebab tidak semua bahan makanan cukup ramah dikonsumsi. Berikut jenis bahan makanan tertentu ini juga bisa memicu pusing kepala, di antaranya:
  • Konsumsi penyedap rasa (MSG/monosodium glutamate)
  • Mengonsumsi kafein secara berlebihan
  • Meminum alkohol
  • Memakan cabai terlalu pedas
  • Penggunaan pemanis buatan
  • Makan daging berlebihan
  • Makan terlalu banyak seafood (makanan laut)
  • Banyak minum air dingin

Cara Menghilangkan Pusing Kepala secara Alami

Tidak usah terburu-buru menghilangkan pusing kepala menggunakan obat-obatan. Ada cara menghilangkan pusing kepala secara alami, tradisional, dan tanpa obat. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli obat.

Cara menghilangkan pusing kepala secara alami, tradisional, dan tanpa obat.

1. Memperbanyak minum air mineral


minum air putih via okezone.com

Terkadang pusing kepala merupakan indikasi atau peringatan tubuh bahwa aliran darah dan oksigen menuju otak mengalami gangguan sehingga otak kekurangan oksigen dan darah. Oleh karena itu ketika Anda mengalami pusing kepala, cara menghilangkan pusing kepala yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah dengan banyak minum air mineral agar Anda tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga Anda mengalami pusing kepala.

2. Menggunakan es batu


es batu via artikel.rumah123.com

Es batu yang tentu saja dingin ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan pusing kepala sebelah yang mujarab. Sensasi dinginnya akan membuat otot menjadi rileks sehinggapusing kepala hilang dengan sendirinya. Caranya adalah dengan membungkus bongkahan es batu dengan kain lalu usap-usapkan pada bagian kepala yang terasa sakit. Es batu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan pusing kepala belakang.

3. Mengkonsumsi kentang


kentang via meetdoctor.com

Kentang merupakan sumber kalium yang penting bagi tubuh. pusing kepala juga bisa disebabkan karena tubuh Anda sedang kekurangan kalium. Agar pusing kepala segera hilang, konsumsi kentang rebus segera. Cukup dengan kentang rebus saja, bukan jenis olahan kentang yang lain karena justru akan membuat kentang memiliki kentang jenuh seperti kentang goreng.

4. Mengkonsumsi pisang


pisang via hellosehat.com

Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Hal itulah yang dapat menghilangkan pusing kepala berkepanjangan. Untuk menggunakan pisang sebagai cara menghilangkan pusing kepala berkepanjangan, konsumsilah minimal 3 buah pisang setiap hari secara rutin.

5. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint


mint via hiltonherbs.com

Salah satu penyebab pusing kepala bisa saja karena Anda telat makan atau karena maag. pusing kepala yang disebabkan oleh maag tentu berbeda dengan jenis pusing kepala lainnya. Salah mengkonsumsi obat bisa-bisa maag Anda semakin akut. Cara menghilangkan pusing kepala yang tepat yang disebabkan oleh maag adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint. Anda bisa mengkonsumsi permen mint, minum teh mint, dan lainnya.

6. Mengkonsumsi kopi tapi tidak berlebihan


kopi via seruni.id

Mungkin terdengar aneh bahwa cara menghilangkan pusing kepala adalah dengan kopi. Hal ini memang akan sedikit berkontradiksi. Di satu sisi, kebanyakan minum kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Kafein yang ada dalam kopi jika dikonsumsi terus menerus dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung sehingga jantung sering terasa berdebar-debar, efek kopi itu juga membuat pusing kepala dikarenakan pembuluh darah mengalami penyempitan.

Namun di sisi lain, kandungan kafein dapat menenangkan sistem saraf yang tegang karena mengalami pusing kepala. Untuk itu cukup dengan meminum 1 gelas kopi untuk menenangkan saraf Anda. Tentu saja bagi Anda yang terlanjur kecanduan kopi, akan lebih bagus jika asupan kopi dikurangi.

7. Minyak kayu putih

Wangi minyak kayu putih dapat membuat saraf yang tegang menjadi rileks dan juga dapat menenangkan pikiran Anda. Kayu putih merupakan tanaman herbal yang kaya akan sineol, terpineol, aldehid valerat, dan butirat yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan pusing kepala sebelah.

8. Menghirup minyak atau lilin aromaterapi


Cara lain untuk membuat rileks saraf yang tegang sehingga pusing kepala hilang adalah dengan menghirup minyak atau lilin aromaterapi. Selain itu juga dapat menenangkan pikiran Anda sehingga pikiran menjadi rileks dan pusing kepala hilang.

9. Menghirup uap air hangat yang dicampur minyak kayu putih


Cara menghilangkan pusing kepala dengan menghirup yang lain adalah dengan menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih. Uap yang Anda hirup ini dapat membuat rileks pikiran Anda sehingga pusing kepala mereda. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas. Hirup dalam-dalam uap air hangatnya.

10. Mengkonsumsi biji wijen


biji wijen via okezone.com

Biji wijen kaya akan vitamin E yang ternyata mampu digunakan sebagai cara menghilangkan rasa pusing kepala dengan cepat. Tidak hanya itu saja, kandungan magnesium yang tinggi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan pusing kepala belakang. Konsumsilah biji wijen setiap hari agar pusing kepala hilang dan tidak kembali.

Nah, itulah cara menghilangkan pusing dengan cara tradisional dan alami. Jika pusing kepala terus menyerang jangan ragu untuk periksakan ke dokter. Tetap Jaga Kesehatan!
Top