Kreatif, 5 Prakarya dari Barang Bekas ini Memiliki Nilai Jual Tinggi

Komentar

Kerajinan dari barang bekas via duniaq.com

Setiap hari kita selalu membuang sampah. Selama ini mungkin apabila kamu mempunyai barang-barang usang yang enggak dipakai biasanya dibuang ke tong sampah. Tanpa disadari barang-barang yang kita buang dapat disulap menjadi barang yang bernilai tinggi. Dengan sedikit sentuhan imajinasi dan kreasi, barang-barang bekas yang ada disekitar kita ternyata bisa disulap menjadi barang-barang dengan nilai seni yang menawan.

Banyak sekali contoh prakarya dari barang bekas yang unik dan lucu. Selain bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi, bisa juga olahan seni dari barang bekas ini bisa jadi memiliki nilai ekonomis tersendiri.

Modal untuk membuat prakarya dari barang bekas tidaklah mahal, karena bisa menggunakan peralatan sederhana yang sudah pasti ada di rumah kita. Mulai dari kertas bekas, botol bekas, sisa-sisa kain tekstil, sampah sedotan, plastik dan berbagai macam barang bekas lainnya. Pasti di sekitar kamu banyak barang bekas yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan.

Berikut adalah beberapa prakarya dari barang bekas yang bahannya mudah kamu dapatkan.

1. Lampu Nanas

lampu nanas via blog.mariberkarya.com

Lampu atau Bola Lampu adalah sebuah piranti yang memproduksi cahaya. Lampu biasanya digunakan untuk menerangi sebuah ruangan yang gelap yang membutuhkan cahaya dan juga dapat di gunakan di luar ruangan.

Lampu hias adalah salah satu produk yang biasanya digunakan sebagai hiasan untuk dekorasi ruangan dan juga bisa digunakan di kamar. Lampu hias sangat diminati bagi setiap orang yang ingin memberikan kesan beda pada ruangannya.

Saat ini memang sudah banyak peminat dari lampu hias, namun masalah harga biasanya di banderol dengan harga yang cukup mahal bila kita ingin memilikinya.
Tidak perlu beli yang mahal, lampu hias dapat dibuat dari barang bekas. Lampu hias daur ulang merupakan prakaya dari barang bekas yang sangat digemari masyarakat.

Nah, kali ini adalah bentuk lampu hias yang lumayan unik dan murah modalnya. Lampu nanas ini sangat digemari masyarakat. Bentuknya yang unik dan lucu menambah ketertarikan dari lampu nanas ini. Membuatnya pun tidak sulit. Hanya bermodalkan botol bekas dan sendok plastik bekas kamu bisa membuat lampu nanas yang lucu ini

2. Kerajinan Bunga dari Plastik

kerajinan bunga dari plastik via merdeka.com

Ini nih salah satu prakarya dari barang bekas berbahan sedotan. Kamu bisa mendapatkan sedotan di sekitar kamu, terutama di warung-warung yang menjual minuman. Pastinya banyak sekali sampah sedotan yang tidak terpakai lagi. Daripada dibuang begitu saja, kita bisa memanfaatkannya menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan keren.

Dari berbagai jenis kerajinan tangan dari sedotan, bentuk bunga adalah salah satu alternatif pilihan yang bisa kamu pilih. Sebelum dibuat menjadi kerajinan bunga plastik, sebaiknya sedotan-sedotan yang sudah kamu kumpulkan dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibilas dengan air. Kerajinan dari barang bekas

3. Baju dari Koran

baju dari koran via 3.bp.blogspot.com

Koran saat ini memang sudah jarang diminati oleh pembaca. Itu karena semakin berkembangnya teknologi membuat berita lebih sering ditayangkan lewat gadget.

Siapa sangka.. hanya dengan bermodalkan koran bekas dan pastinya kreatifitas seseorang menyulap koran bekas menjadi kerjinan yang bernilai tinggi. Bukan hal mudah memang membuat baju dari koran bekas ini. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam melipat dan menyusun lembaran kertas bekas ini.

Meskipun hanya terbuat dari kertas koran bekas yang tidak terpakai baju-baju tersebut tak kalah indah dari produk fashion yang dibuat oleh para disainer baju ternama, tidak cuma hanya dibuat menjadi baju tapi koran bekas tersebut juga dapat dibuat menjadi berbagai macam asesoris yang cantik sebagai pelengkap busana para wanita.

4. Tempat Pensil dari Botol Bekas


tempat pensil dari botol via ud-adhika.com

Sebaiknya jangan buang botol bekas terlebih dahulu. Karena botol bekas bisa didaur ulang menjadi tempat pensil yang cantik, lho! Jadi, dari pada membuang uang untuk membeli tempat pensil. Kamu bisa menjadikan botol bekas ini sebagai tempat pensil untuk diletakkan di rumah atau kantor.

Tempat pensil tentunya menjadi kebutuhan bagi semua siswa karena dapat membantu mereka mengorganisir dan merapikan meja belajar, selain tentu menambah nilai estetika ata keindahan kamar.

Anak yang membuat tempat pesilnya sendiri pastinya akan bangga dengan hasil karyanya.

5. Tas dari Plastik Bekas


tas dari plastik via kewirausahaandanpemberdayaan.blogspot.com

Plastik minuman yang sudah dibeli ternyata pada akhirnya tetap dibuang dan menjadi sampah. Para pecinta lingkungan mencoba melihat ini sebagai permasalahan sekaligus peluang. Mereka berinisiatif untuk mendaurulang sampah kantong plastik itu jadi sesuatu yang berguna.

Kamu sebagai anak-anak muda keren juga harus bisa, agar kamu tak menjadi salah satu penyumbang sampah yang sangat mengganggu lingkungan.

Bagi sebagian besar masyarakat, sampah plastik ini akan dianggap sebagai barang yang tidak berguna yang hanya mengotori rumah.

Namun bagi mereka yang mengerti dan peduli terhadap lingkungan, sampah ini akan menjadi sesuatu yang bermanfaat dengan didaur ulang menjadi tas, dompet, gelang, pakaian dan lainnya. Hitung-hitung mengurangi volume sampah plus menanamkan program Go Green dimulai dari diri sendiri.

Itulah berbagai prakarya dari barang bekas yang ringan dibuat, kamu cukup menggunakan imajinasi untuk mengembangkan bentuk kerajinan tangan yang lebih luas. Selamat membuat berkarya dan gunakan barang-barang bekas di sekitar kamu menjadi kerajinan tangan dari barang bekas.
Top