Tips Memaksimalkan Perkembangan Bayi 7 Bulan, Karena di Usia ini Begitu Penting

Komentar

perkembangan bayi 7 bulan via babycenter.com.my

Memasuki usia 7 bulan, hari-hari ketika bunda bisa meninggalkan bayi di tengah-tengah lantai dan berharap menemukannya kembali di posisi yang sama lima menit kemudian akan segera berakhir.
Bayi tujuh bulan mulai belajar cara mengendalikan lingkungannya dan menemukan bahwa menjadi pengendali bisa menyenangkan.

Bayi tujuh bulan sudah bisa melakukan banyak hal, mulai dari mengambil mainan favoritnya hingga merangkak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Bayi menjadi semakin mandiri dan kepribadiannya yang unik mulai terbentuk. Selama bulan ini dan bulan-bulan berikutnya, bunda akan mendapatkan banyak kesempatan untuk terus mendorong mobilitas, kreativitas dan keingintahuan si kecil, tentunya dengan cara yang aman.

Sudah lebih dari setengah tahun di tahun pertamanya, bayi 7 bulan Anda jadi lebih mandiri dan bergerak ke sana ke mari sambil mengembangkan kepribadiannya yang unik.

Berikut ini perkembangan bayi 7 bulan yang sudah berhasil dicapainya.

perkembangan bayi via brilio.net

Pertumbuhan Fisik Bayi

1. Usia 7 bulan akan membuat bayi Anda sangat suka menggunakan jari-jari. Kemampuan koordinasi otot tangan dan jari juga semakin baik. Bayi Anda mulai suka memegang berbagai benda yang sedikit berat untuk melatih kekuatan jari.

2. Bayi Anda sudah memiliki otot kaki dan pinggul yang baik. Ketika bayi Anda merangkak dan ingin duduk maka mereka bisa merubah posisi ini dengan menekuk sedikit bagian kaki lalu duduk. Anda pasti akan merasa kagum dengan perkembangan ini. Meskipun bayi sudah mulai belajar berjalan maka jangan menggunakan baby walker. Ada beberapa bahaya baby walker untuk anak bayi.

3. Bayi Anda sudah bisa duduk sempurna sendiri dan hanya membutuhkan sedikit bantuan orang dewasa.

4. Bayi Anda sudah memiliki koordinasi yang baik untuk lengan dan kaki sehingga bayi Anda mulai merangkak dengan lebih bebas. Bayi Anda juga bisa menarik lututnya ke belakang ketika akan duduk dari posisi merangkak.

5. Beberapa bayi juga akan mulai mencari pegangan seperti kursi untuk membantu berdiri. Namun Anda harus tetap mengawasi ketika bayi ingin berdiri sendiri karena sebenarnya kakinya belum terlalu kuat.

6. Bayi Anda juga bisa menghadapi situasi yang sulit karena giginya akan segera tumbuh. Beberapa bayi bisa mengalami radang gusi sehingga sering rewel, demam dan terjaga pada malam hari.

Pertumbuhan Motorik Bayi

1. Bayi Anda mulai tertarik untuk bergerak sendiri. Mereka sudah tidak suka digendong dan lebih senang jika diletakkan dibawah. Bayi Anda mulai memiliki koordinasi fisik yang baik sehingga bisa merangkak, bergeser, atau berguling.

 Cara ini akan membantu bayi Anda bergerak untuk mengambil benda yang menarik. Jika bayi tidak terlihat lincah atau malas maka bantu dengan meletakkan benda favorit dengan jarak dekat dengan Anda.

2. Bayi Anda sudah bisa duduk dengan sempurna dan terkadang tidak membutuhkan bantuan orang lain. Bayi Anda akan lebih senang untuk bermain sendiri dengan berbagai jenis benda-benda. Mereka juga terkadang tidak suka jika didekati orang lain ketika sedang bermain.

3. Otot jari bayi Anda sudah berkembang dengan baik sehingga bayi Anda mulai bisa memegang cangkir dengan baik. Bayi juga bisa mengambil mainan sendiri dan menemukan cara untuk memisahkan beberapa benda yang berdekatan.

4. Bayi Anda mungkin akan lebih senang mendorong beberapa benda yang besar atau mencari kursi untuk membantu berdiri. Jika bayi Anda menghadapi hal ini maka Anda bisa membantu berdiri  dan bayi siap untuk belajar berjalan.

Pertumbuhan Sensorik Bayi

1. Bayi Anda sudah memiliki kemampuan yang baik untuk mendengar. Bahkan bayi Anda bisa mengerti jika Anda melarang atau mengijinkan sebuah permainan. Bayi juga akan mencari tahu sumber suara meskipun sumber suara itu tidak terlihat secara langsung. Perhatikan apakah bayi Anda memiliki ciri ciri autis anak sejak bayi atau ciri ciri anak indigo sejak bayi.

2. Bayi Anda sudah bisa mengenal berbagai warna secara penuh. Mereka mengenal warna-warna yang sama dalam sebuah mainan. Untuk mendukung penglihatan dan memori bayi pada perkembangan bayi 7 bulan, maka anda bisa memberikan permainan seperti susunan balok atau bola. perhatikan kesehatan mata bayi pada masa ini.

3. Bayi Anda sudah bisa mengenali bahasa dengan baik dan bisa memberikan respon ketika diajak berkomunikasi. Anda bisa mencoba untuk mengajak berbicara bayi meskipun mereka hanya memberikan respon celotehan.

4. Beberapa bayi sudah bisa berkomunikasi dengan memberikan ekspresi wajah, tersenyum atau mengerutkan kening. Bahkan beberapa bayi sudah bisa mendesah jika mereka merasa tidak suka dengan sesuatu. Bayi Anda sudah bisa mengucapkan kata-kata kombinasi vokal dan konsonan.

5. Bayi Anda mulai suka memainkan mulut dan ludah seperti permainan meniup bibir atau menciptakan suara yang berulang dari permainan bibir.

6. Bayi Anda sudah bisa mengenali orang asing dengan baik. Mereka bisa mengingat orang yang sudah pernah bertemu atau tidak. Mereka juga mulai berani dengan orang asing dan merasa nyaman jika orang tersebut bersikap baik.

Perkembangan Emosi Bayi

1. Bayi Anda sudah bisa menyimpan memori dengan baik dan mulai paham dengan kondisi emosi ibu atau ayah mereka. Jika orang tua marah atau merasa sedih maka bayi Anda sudah bisa mengenali dengan memberikan reaksi menangis atau gembira.

2. Bayi Anda mulai bisa ditinggalkan dengan orang lain seperti pengasuh bayi. Ketika Anda ingin meninggalkan bayi maka jangan biarkan bayi melihat Anda ketika pergi. Alihkan perhatian bayi dengan mainan atau buku. Bayi sudah mengenal rasa cemas dan memiliki ikatan batin yang kuat dengan orang tua. Jika orang tua merasa cemas maka bayi juga akan ikut merasa cemas.

3. Bayi Anda sudah memiliki ekpresi sendiri karena pada usia sebelumnya mereka belajar ekspresi dari ibunya. Ketika bayi Anda merasa senang atau sedih mereka akan mulai menunjukkan ekspresi di wajahnya.

4. Bayi Anda sudah mulai memiliki ikatan batin yang kuat dengan orang yang paling dekat selain orang tua seperti nenek, kakek, tante atau pengasuh. Ketika bayi ditinggal oleh orang terdekat seperti itu maka mereka akan menolak dan menangis. Namun kondisi ini sangat normal dan wajar terjadi pada perkembangan bayi 7 bulan.

Mainan bayi usia tujuh bulan

  • Mainan dengan berbagai bentuk akan membantu perkembangan motorik dan keahlian berpikir anak. Tujuh bulan merupakan saat yang tepat untuk mengenalkan mainan penyortir bentuk sederhana seperti gelas susun dan jack-in-the-box (badut dalam kotak).
  • Bayi juga mungkin menyukai boneka binatang, baik besar maupun kecil. Kemungkinan ada satu yang akan menjadi boneka favorit yang memberikan aman baginya dan akan segera menemaninya kemanapun ia pergi. Pada saat menambahkan anggota baru dalam koleksi mainan lunak bayi, carilah mainan boneka yang dijahit dengan baik yang bisa dicuci secara rutin.
  • Mainan yang sesuai lainnya termasuk bola lunak, gelang gigit dan mainan yang mengeluarkan suara musik.

Kebutuhan Makanan Bayi Usia 7 Bulan

1. Bayi Anda mungkin sudah mulai tumbuh gigi dan bagian gusinya menjadi gatal atau tidak nyaman. Mengenalkan makanan yang sedikit padat bisa membantu bayi untuk mengenal tekstur makanan.

Beberapa jenis makanan mulai bisa dikenalkan seperti bubur, ikan, sereal, bubur sayuran, bubur buah atau biskuit bayi. Hindari memberikan empeng karena ada bahaya bayi menggunakan empeng.

2. Bayi Anda sudah memiliki koordinasi tangan yang baik sehingga mereka sering meminta makanan untuk dipegang sendiri atau memasukkan sendok sendiri ke mulut.

3. Pada usia 7 bulan Anda sudah bisa mengenalkan beberapa jenis kacang-kacangan kepada bayi seperti edamame, buncis, atau jenis kacang yang lain.

4. Jika Anda mulai memberikan makanan yang bervariasi maka cobalah untuk menunggu setiap reaksi dari makanan. Beberapa jenis makanan seperti telur, ikan atau kacang-kacangan bisa menyebabkan alergi karena itu lihat apakah bayi Anda memiliki alergi.

Tips untuk orang tua

  • Mengingat bahwa si kecil sedang senang menikmati duduk tanpa bersandar, taruh bantal di dekatnya untuk berjaga-jaga jika seandainya dia tiba-tiba tumbang!
  • Untuk menstimulasi gerakan, letakkan mainan yang butuh usaha untuk bisa dijangkau bayi Anda dan perhatikan saat dia mencoba untuk meraihnya.
  • Untuk mengatasi rasa cemas karena terpisah dari orangtua pada usia ini, yang terbaik untuknya adalah menjadwalkan pergi ke kantor saat bayi sedang tidur. Saat ingin pergi, ucapkan selamat tinggal pada bayi dengan singkat dan manis. Bisa juga untuk meminta pengasuh mengalihkan perhatian bayi dengan mainan atau buku sampai Parents keluar dari rumah.
  • Karena bayi Anda sudah lebih banyak bergerak, sekarang saatnya melakukan tindakan serius. Tutup colokan listrik dan pastikan benda yang pecah atau tajam berada di luar jangkauan bayi.
  • Parents mungkin juga ingin mempertimbangkan perlunya pagar di bagian atas dan bawah tangga.
  • Bernyanyilah untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan ketrampilan mendengar. Cobalah lagu kepala-pundak-lutut-kaki-lutut atau lagu Johny Johny Yes Papa yang bisa dinyanyikan bersama.
  • Teruslah mengobrol dengan si kecil sekalipun seolah ini adalah percakapan satu arah saja! Bayi Anda sedang mendengarkan dan mengingat setiap hal yang Anda katakan dan lakukan.
  • Mainan yang memiliki berbagai bentuk membantu bayi Anda mengembangkan keterampilan motorik dan berpikir. Mainan ini saat yang tepat untuk mengenalkan permainan penyortir dalam bentuk yang sederhana. Bayi Anda juga menyukai permainan di mana ada orang atau benda muncul dan menghilang. Cilukba misalnya.
  • Cobalah untuk tidak terburu-buru ikut campur dan membantu saat bayi Anda tidak dapat melakukan sesuatu yang benar-benar ingin dilakukannya. Anda akan mendapati bahwa bayi Anda menjadi lebih mandiri jika Anda tidak membuat semuanya terlalu mudah baginya.

Pada akhirnya, penting untuk diingat bahwa ini hanyalah pedoman umum. Semua bayi memiliki perkembangan yang berbeda dan akan melakukan berbagai hal dengan kecepatan dan waktu yang mereka tentukan sendiri.

Bayi prematur juga bisa mencapai tonggak perkembangan lebih awal dari pada anak yang lahir dalam usia kandungan yang normal. Namun, jika benar-benar ingin memperhatikan perkembangan bayi
Anda, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter anak.

Bulan-bulan mendatang Parents akan melihat perkembangan bayi yang lebih banyak. Rayakan dan banggalah dengan kemajuan si kecil.
Top