Jangan Asal Mewah, Jika Membeli Rumah Wajib ada Hal-hal ini

Komentar
Rumah sederhana, dilansir dari Airchallenge.com

 Agar Membawa Kebaikan Dunia Akhirat Bagi Anda

Bukan yang berharga mahal, dan bentuknya yang mewah.

Seperti inilah rumah yang kelak akan membawa kebaikan bagi pemiliknya...

Rumah ideal tak hanya nyaman, namun juga dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

Didalam islam sendiri kita diajarkan untuk memilih-milih tempat tinggal, bukan dari kemewahan ataupun bentuknya yang megah.

Namun islam mengajarkan agar kita memilih tempat tinggal yang nyaman dan memiliki lingkungan yang baik.

Kenapa Islam menekankan lingkungan yang baik?

Karena lingkungan sangat berpengaruh besar dalam kehidupan beragama kita dan tentunya akan membawa kebaikan dunia dan ahirat bagi kita.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa agama seseorang itu tergantung lingkungan pergaulannya. Beliau bersabda,

الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

“Seseorang itu akan mengikuti agama teman dekatnya (lingkungan pergaulannya). Oleh karena itu hendaknya kalian perhatikan siapakah yang kalian jadikan sebagai teman dekatnya” (HR Abu Daud no 4833, dinilai hasan oleh al Albani).

Dan kita diperintahkan untuk mencari lingkungan yang baik sebagaimana nasehat seorang ulama di masa umat sebelum kita.

انْطَلِقْ إِلَى أَرْضِ كَذَا وَكَذَا فَإِنَّ بِهَا أُنَاسًا يَعْبُدُونَ اللَّهَ فَاعْبُدِ اللَّهَ مَعَهُمْ وَلاَ تَرْجِعْ إِلَى أَرْضِكَ فَإِنَّهَا أَرْضُ سَوْءٍ

“Pergilah ke kampung itu karena di sana terdapat orang-orang yang beribadah kepada Alloh. Beribadahlah kepada Allah bersama mereka. Jangan pernah kembali ke kampungmu karena kampungmu adalah lingkungan yang buruk.” (HR Muslim no 7184).

Pentingnya lingkungan yang baik untuk anak-anak dan keluarga kita

Mungkin jika kita sebagai orang tua tinggal di perumahan atau lingkungan yang agak kurang bagus, kita bisa menyaring mana baik dan buruk dari lingkungan sekitar kita.

Akan tetapi anak-anak kita? Anak-anak adalah mesin fotocopy dan alat perekam yang sangat baik. Ia cepat sekali meniru dan mengikuti. Mungkin kita bisa mengajarkan yang baik-baik di rumah, akan tetapi ketika anak-anak bermain keluar dengan teman sebayanya atau bermain-main di rumah tetangga, maka bisa jadi anak-anak mencontoh hal-hal yang kurang baik.

Pentingnya lingkungan untuk Istri kita

Dan lingkungan juga berpengaruh terhadap Istri kita, perlu kita ketahui bahwa wanita secara umum jiwanya lemah dan mudah terpengaruh dengan kilau kehidupan dunia.

Betapa banyak istri yang sering membanding-bandingkan dengan tetangga, tetangga punya perabotan lengkap dan mewah, tetangga hidupnya serba enak dan nyaman dan akhirnya meremehkan nikmat Allah dan jauh dari kehidupan sederhana dan zuhud terhadap dunia.

BACA JUGA: Jangan Buka Aib-mu dan Aib Saudaramu. Jika Tahu Dosanya, Kalian Tak Akan Sanggup

Oleh karena itu, penting abagi kita memilih-milih rumah.

Sebagai contoh, Betapa bahagianya jika kita tinggal di lingkungan yang Islami di mana tetangga-tetangga kita adalah penuntut ilmu yang menerapkan sunnah.

Kita bisa saling menasehati, saling tolong menolong, saling mengambil teladan dan bersaing mengenai akhirat.

Rumah seperti inilah yang kelak akan membawa kebaikan dunia dan akhirat bagi pemiliknya. semoga rumah kita termasuk diantaranya, Aamiin.
Top