Beberapa Hal ini Bisa Menjadi Penyebab Telat Haid

Komentar

penyebab telat haid via hellosehat.com

Telat haid atau datang bulan sering dialami wanita, secara umum penyebab telat haid pada wanita satu dan wanita yang lain tidak selalu sama. Namun bukan berarti jika tidak haid atau menstruasi terlambat, seorang wanita dapat dikatakan hamil. Haid terlambat juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti stres, merokok, penyakit tertentu, hingga efek samping kontrasepsi hormonal.

Lantas Apa Saja yang Menyebabkan sering Telat Haid? Inilah Penyebab Telat Haid Yang Perlu Wanita Ketahui


Bagi yang masih belum menikah, penyebab telat haid bisa karena terlalu lelah. Contohnya, belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat. Belum seimbangnya hormon dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab telat haid pada remaja. Fenomena remaja telat haid memang sering terjadi.

Sebaliknya, penyebab telat haid juga terjadi pada mereka yang biasa berolahraga dan menghentikan kebiasaannya secara tiba-tiba. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres. Atau bisa jadi badan kurus jadi gemuk. Intinya, setiap ada perubahan berat badan mencolok bisa menjadi penyebab telat haid pada remaja, hal ini juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Tidak dapat disangkal bahwa salah satu petunjuk atau ciri-ciri permulaan kehamilan adalah haid yang telat. Walaupun tak semua wanita yang mengalami haid yang telat dapat diistilahkan sebagai situasi hamil. Oleh sebab itu, apabila kamu cemas apakah penyebab telat haid yang kamu alami merupakan pertanda hamil atau bukan, lebih baik pastikan dengan menjalankan percobaan urine memakai test pack. Kalau kamu telat haid selama dua pekan dan saat dites air kemih berhasil negatif, kemungkinan besar kamu memang tidak sedang hamil.

Namun, jenis-jenis obat tertentu juga bisa penyebab telat haid pada wanita , terutama obat-obatan yang mengandung hormon. Contohnya, obat untuk mengatasi gatal-gatal atau obat sakit telinga. Begitu pula obat-obatan KB atau suntik KB. Baru setelah berhenti minum obat, haid akan kembali lancar.

Keterlambatan haid lebih sering dialami mereka yang masih gadis, karena pola ovulasinya belum teratur. Hanya saja, kalau sudah terbiasa haid kemudian haidnya tidak ada, harus bertanya pada diri sendiri. Jangan-jangan pernah minum obat tertentu yang bisa memicu efek fisiologis jadi sering telat haid.

Inilah Cara Mengatasi Telat Haid

Menggunakan Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis via duta.co

Seperti yang mungkin telah kamu ketahui sebelumnya, jeruk nipis ini menaruh betul-betul banyak manfaat. Di dalam jeruk nipis dikenal mempunyai kandungan asam askrobat, kalsium, kalori, mineral, dan fosfor.

Nah, untuk membikin obat telat datang bulan dari jeruk nipis, cukup seduh perasan jeruk nipis dan madu murni dengan secangkir air hangat. Minum setiap hari dan rasakan perubahannya.

Menggunakan Daun Papaya

ilustrasi daun pepaya via intisari.grid.id

Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan khasiat daun pepaya. Walaupun rasanya agak pahit dan tidak enak jika dibandingkan dengan jeruk nipis, tetapi daun pepaya cukup berkhasiat untuk mengatasi masalah telat haid ini.

Metode menuntaskan telat datang bulan dengan daun pepaya ini cukup gampang, yakni dengan merebus daun pepaya yang masih muda dengan 2 gelas air bersih. Campurkan juga asam, garam dan sedikit gula. Aduk hingga betul-betul merata dan rebusannya ditunggu hingga mendidih. Selanjutnya diamkan beberapa menit sampai hangat, lalu minum ramuan tradisional tersebut 2 kali sehari hingga siklus haidmu kembali normal.

Rutin Berolahraga

ilustrasi olahraga via gulalives.co

Kalau kamu tak ingin meminum ramuan-ramuan tradisional untuk menyelesaikan penyebab telat haid yang demikian, ada satu metode yang lebih praktis, ialah dengan berolahraga. Lakukan olahraga secara teratur tiap-tiap minggunya supaya hormon dan siklus menstruasi lebih stabil.

Jangan lupa juga untuk senantiasa mendapatkan waktu istirahat yang cukup tiap harinya. Jangan biasakan tidur malam atau begadang sebab dapat mempengaruhi siklus haid, kesehatanmu bahkan akan turut terganggu.

Jika kamu mengalami gangguan telat haid, kamu bisa melakukan cara di atas. Jadi, sesudah mengetahui berbagai penyebab telat haid atau terlambat datang bulan, seharusnya kamu tidak perlu merasa cemas lagi. Jangan panik, karena yang paling penting ialah kamu tahu apa penyebab telat haid dan bagaimana cara menuntaskannya. Semoga bermanfaat.
Top