5 Hal yang Menjadi Penyebab Sering Sakit Kepala

Komentar

penyebab sering sakit kepala via bodrex.com

Banyak orang mengalami sakit kepala dalam intensitas yang tergolong sering.  Kalau sering sakit kepala, tentu akan sangat mengganggu aktifitas Anda, bukan? Penyebab sakit kepala yang terasa terus-menerus mungkin tidak sama antara setiap orang. Informasi penyebab sakit kepala yang sering kamu alami.

Penyebab sering sakit kepala mungkin tidak sama antara setiap orang. Banyak jenis penyakit yang menunjukkan gejala seperti sakit kepala. Jika ternyata mual atau sakit kepala terjadi dalam waktu yang lama, Anda harus mulai untuk berhati-hati.

Menjadi hal yang biasa saja ketika kita mengalami sakit kepala yang berlangsung beberapa saat dalam hitungan menit sampai jam, hal yang biasa juga ketika demam atau flu disertai dengan sakit kepala.

Namun menjadi kondisi yang perlu perhatian khusus apabila sering sakit kepala, dalam hal ini kita perlu mencari penyebab sering sakit kepala itu agar dapat diatasi dan tidak terulang lagi.

Setiap orang pasti pernah mengeluhkan sakit kepala. Sakit kepala merupakan perasaan sakit atau nyeri yang dirasakan di bagian sekitar kepala.

Perasaan sakit yang dirasakan dapat terjadi secara tiba-tiba, muncul perlahan – lahan, semakin lama semakin bertambah berat, dan dapat dirasakan selama kurang dari satu jam, beberapa jam atau bahkan sampai beberapa hari.

Pada umumnya sakit kepala bukanlah suatu bentuk gejala sakit yang serius yang bisa segera diatasi dengan menggunakan obat pereda sakit seperti parasetamol, ibuprofen, dan aspirin, serta istirahat yang cukup.

Namun jika Anda mengalami sering sakit kepala, maka hal ini perlu diwaspadai dan memerlukan pengobatan lebih lanjut karena penyebab sering sakit kepala bisa saja merupakan suatu penyakit serius yang dapat membahayakan nyawa.

Gejala sakit kepalapun dapat beragam, ada yang sakit sebelah (migrain), sakit kepala bagian belakang, depan, dan sebagainya.

Berikut ini kami rangkum 5 penyebab sering sakit kepala yang sering kamu alami. Kamu yang mengalami hal ini, harus selalu waspada ya!

1. Kamu mengalami stres yang berlebihan

stress yang berlebihan via unsplash.com

Alasanmu sering sakit kepala yang pertama itu bisa jadi karena kamu stres. Walau bukan murni karna stres, ini bisa disertai juga dengan kurang gizi dan kurang tidur.

Saat stres, kamu pasti tidak akan memikirkan lagi untuk makan dan memiliki jadwal yang teratur untuk istirahat. Hal inilah yang awalnya akan memicu bagaimana kesehatanmu.

2. Ada terlalu banyak kandungan kafein dalam tubuhmu


kandungan kafein via unsplash.com

Kelebihan kafein akan menyebabkan sakit kepala yang tak tertahankan. Umumnya, kadari kafein normal dalam tubuh adalah 50 sampai 100 mg.

Tapi kalau sudah melebihi 150 maka kamu pasti akan pusing sekali. Kalau kamu mau pusingmu berkurang, maka kurangi juga kafein.

3. Kamu mengalami dehidrasi sehingga sering pusing

dehidrasi sehingga sering pusing via pedomanbengkulu.com

Karena sebagian besar tubuh mengandung cairan, maka jika kamu tidak minum cukup air, dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala.

Hal ini menyebabkan darah menebal dan mempengaruhi sirkulasi darah ke otak yang merupakan penyebab utama terjadinya sakit kepala. Selain itu saat dehisrasi, tubuh akan mengalami ketidak seimbangan sehingga saraf menjadi lebih sensitif.

4. Kamu memakai kacamata yang salah atau tidak sesuai

Khusus buat kamu yang menggunakan kacamata, kalau kamu sering mengalami pusing tapi tidak tahu jelas penyebabnya, itu bisa jadi karena pengaruh kacamata yang kamu gunakan.

Bisa jadi rabun jauh atau dekatmu bertambah dan menyebabkan kamu langsung pusing saat memakai kacamata atau melihat layar komputer.

5. Kamu mengalami infeksi sinus

infeksi sinus via nycfacemd.com

Infeksi sinus memang bukan penyebab sering sakit kepala yang di alami seseorang, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa ini adalah penyebabnya.

Untuk mengidentifikasinya, selain dengan sakit kepala yang kamu alami, bisa juga dengan cairan kental berwarna hijau yang keluar dari hidungmu. Kalaupun sinus, harus diperiksa lebih lanjut apakah itu karena bakteri atau virus karena keduanya ditangani dengan cara yang berbeda.

Pentingnya peka terhadap kesehatan sendiri akan membawa dampak yang baik juga pada tubuhmu. Walau cuma sakit kepala tapi kalau terjadinya sering, kamu gak bisa juga lho anggap enteng.
Top