Berikut Solusi Tepat Mengobati Bila Tahu Penyebab Sakit Gigi yang Sedang Dialami

Komentar

Gigi sakit via satujam.com

Apa saja penyebab sakit gigi? Mari kita simak bersama penyebab dan solusi mengatasi sakit gigi, agar kita bisa mencegahnya.

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat, yang menyebabkan kita sulit untuk menjalani aktifitas kita.

Sakit gigi berlubang dapat diatasi dengan penanganan tepat sesuai tingkat keparahannya. Salah satu penyebab sakit gigi adalah plak, yaitu zat lengket. Tetapi penyebab sakit gigi paling umum adalah gigi berlubang dan gigi yang akan lepas.

Ketahuilah beberapa hal yang menjadi penyebab sakit gigi dan solusi terbaik untuk mengatasi sakit gigi berikut ini. Karena dengan mengetahuinya akan memudahkan kita untuk mencegahnya.

Penyebab Sakit Gigi:

1. Sakit gigi karena ada lubang pada gigi

Lubang pada gigi disebabkan oleh pembusukan dari sisa makanan di gigi Anda. Awalnya gigi berlubang mungkin tidak menimbulkan gejala appau, namun pada akhirnya bisa menyebabkan sakit gigi. Terutama jika lubang pada gigi menjadi sangat besar dan dekat dengan saraf di dalam gigi.

"Pasien biasanya merasakan sesuatu, mungkin beberapa bulan sebelumnya, tapi mengabaikannya. Hingga akhirnya rasa sakit pada gigi benar - benar tak tertahankan," kata Mazen Natour, seorang dokter gigi dari Manhattan, New York.

Lubang pada gigi yang parah biasanya menyebabkan rasa sakit yang cukup tajam dan mengganggu, bahkan saat Anda tidur. Jika lubang gigi masih kecil, maka umumnya dokter akan menyarankan perawatan saluran akar gigi.

2. Anda memiliki abses 

Abses disebabkan jika seseorang terus mengunyah makanan walau dalam keadaan gigi berlubang. Maka makanan yang dikunyah akan terus terdorong lebih jauh ke dalam gusi.

"Seiring berjalannya waktu, terdorongnya makanan terus ke dalam gusi menyebabkan peradangan dan rasa sakit," kata Natour.

Sisa makanan yang berada di gusi juga jika tidak dibersihkan akan menyebabkan infeksi yang terus berkembang biak. Bahkan akan terlihat nanah muncul dari tempat abses.

3. Gigi Anda retak 

Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh masalah gigi retak atau gigi patah. Ini umum terjadi jika Anda mengunyah suatu hal yang keras tanpa jeda.

"Biasanya bukan keseluruhan gigi, tapi satu gigi," kata Natou. "Jika terus dipakai menggigit, keretakan akan menciptakan rasa sakit," lanjutnya.

Sakit gigi dalam kasus ini bergantung pada tingkat keretakannya. Mengatasinya dibutuhkan mahkota untuk membungkus gigi yang rusak.

4. Gusi Anda terinfeksi 

Infeksi gusi atau radang gusi dalam bentuk ringan dikenal dengan gingivitis. Dalam kasus ini, gusi akan terlihat memerah dan bengkak. Ini akan sangat mengganggu kenyamanan Anda.

"Tubuh mengalami kesulitan membedakan sakit gigi akibat sakit gusi," kata dokter Messina yang tergabung dalam American Dental Association. Jika masalah infeksi gusi tidak diobati, maka akan terbentuk periodontitis atau bentuk penyakit gusi yang lebih serius yang menciptakan kantong ruang di gusi yang terinfeksi, sama seperti abses gigi.

5. Sinus 

Sakit gigi juga berkaitan dengan masalah penyakit sinusitis. Umumnya sakit gigi karena hal ini biasanya muncul pada bagian atas. Sakit gigi karena sinusiti juga terjadi hanya pada satu gigi. Dalam hal ini yang harus dilakukan adalah membersihkan infeksi gigi Anda.

Solusi Mengatasi Sakit Gigi:

1. Berkumur dengan air hangat. 

Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa mulut Anda bersih dan tidak ada potongan-potongan atau sisa makanan yang mengganggu bagian gigi yang sakit. Air yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa melukai mulut Anda, jadi pastikan menggunakan air suam-suam kuku atau air hangat.
  • Bersihkan sela-sela gigi Anda dengan benang perlahan-lahan. Flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi akan menghilangkan makanan dan bakteri yang masih tertinggal di mulut Anda. Hindari flossing terlalu keras di sekitar daerah yang sakit karena bisa menyebabkannya lebih sakit dan berdarah.

2. Gunakan obat penghilang nyeri yang bisa dibeli secara bebas di apotek tanpa perlu resep dokter.

Kadang-kadang cara terbaik untuk mengatasi rasa sakit adalah untuk meredakannya dengan obat penghilang rasa sakit sampai Anda bisa mengunjungi dokter gigi. Sebagian besar obat yang bisa dibeli di apotek akan bekerja dengan baik untuk meredakan sakit gigi Anda. Dan jika sakit gigi Anda sangat parah sehingga obat tidak mampu mengatasinya, Anda harus segera menemui dokter gigi.
  • Aspirin sangat membantu untuk meredakan masalah gigi pada bagian rahang pada orang dewasa.
  • Parasetamol (bukan aspirin) boleh digunakan untuk anak-anak dan remaja.

3. Tempelkan kompres dingin di luar mulut atau pada pipi. 

Ini akan membantu meringankan sakit gigi dengan mematikan rasa sakit. Menggunakan cara ini bersamaan dengan obat yang Anda beli di apotek bisa membantu meringankan rasa sakit Anda dulu sebelum obat penghilang rasa sakit mulai bekerja.

4. Berkumur dengan air garam.

Air garam bisa membunuh bakteri dan membuat sakit gigi Anda terasa lebih baik. Ini juga dapat meredakan sakit gigi sehingga tidak sampai terinfeksi. Campurkan 1 sdt (5 gr) garam dengan segelas air hangat dalam gelas ukuran sedang (240 ml).
  • Kumur-kumur air dalam mulut Anda dan keluarkan air. Pastikan Anda tidak menelannya.

5. Tempelkan teh celup hangat ke area yang sakit. 

Zat tanin alami yang terkandung dalam teh dapat membantu mematikan rasa sakit. Ini sangat baik untuk meredakan pembengkakan atau iritasi gusi Anda. Pastikan teh celup tidak terlalu panas, kalau tidak anda hanya akan melukai area lainnya.
  • Penggunaaan teh secara terus-menerus dapat menodai gigi, jadi gunakan seminimal mungkin.



Penyebab sakit gigi via blogcampur.com

Nah, itulah penyebab sakit gigi dan solusi untuk mengatasi sakit gigi. Sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan gigi kita, karena jika gigi kita sakit maka akan mempengaruhi aktifitas kita. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda dan beranfaat bagi Anda.
Top