Wanita Wajib Tahu! Ternyata ini Penyebab Haid Tidak Lancar

Komentar
Penyebab haid tidak lancar dan solusinya via podukwish

Siklus haid pada wanita umumnya terjadi setiap 28 hari. Namun begitu, siklus haid dengan rentang waktu antara 21 hingga 25 hari pun masih dianggap normal.

Tidak semua wanita memiliki siklus haid normal, kadang ada pula wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur dan tidak dapat diprediksi. Penyebab haid tidak lancar bisa banyak hal, ada yang dianggap wajar ada pula yang dianggap sebagai tanda munculnya penyakit tertentu.

Untuk itu, yuk kenali dulu penyebab haid tidak lancar berikut ini:

1. Stres 

stres via raowellness.com

Hipotalamus yang terdapat dalam otak manusia berfungsi untuk mengatur hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu estrogen dan progesteron. Dalam keadaan stres atau tertekan secara mental, maka produksi estrogen dan progesteron akan terganggu dan tidak seimbang sehingga menyebabkan kacaunya siklus haid.

Untuk menghindarinya, sering-seringlah berolahraga untuk menambah stamina tubuh dan menghindari stres. Meditasi dan yoga bisa menjadi alternatif karena dapat menenangkan pikiran dan mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik.

2. Berat Badan Turun Secara Drastis

berat badan menurun via manjadda.com

Kondisi berat badan yang turun secara drastis akibat gangguan pola makan serius, seperti pada anorexia dan bulimia bisa menjadi penyebab haid tidak lancar.
Sedangkan penurunan berat badan akan menyebabkan gangguan haid. Gangguan ini dipengaruhi oleh kebutuhan lemak yang berkurang saat pembentukan hormon haid.

3. Hormon tidak seimbang 

Kemungkinan besar dari penyebab haid tidak lancar adalah hormon yang tidak seimbang. Dalam tubuh wanita, hormon estrogen, yang mempengaruhi kesuburan dan siklus haid, bersama dengan hormon progesteron saling membantu sama lain untuk mengatur sistem reproduksi dalam mempersiapkan terjadinya kehamilan, termasuk mengatur siklus haid.

Jika salah satu atau kedua hormon tersebut bermasalah, maka siklus haid dan kesuburan akan terpengaruh juga. Untuk mengatasi hal ini, konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti buah, sayur, atau kacang-kacangan. Hindari makanan cepat saji dan minuman tidak sehat karena asupan-asupan tersebut sangat mempengaruhi hormon tubuh.

4. Aktivitas Berlebihan

aktivitas berlebih viakopitop.com

Aktivitas yang berlebih yang menimbulkan rasa capek akan berpengaruh pada kelenjar hipotalamus, yang nantinya juga mempengaruhi hormon menstruasi.

Hal ini dapat mempengaruhi pelepasan LS dan FSH, yaitu hormon hipofisis yang memicu ovulasi (pelepasan sel telur). Ovulasi ini akan berpengaruh pada haid yang tidak lancar.

Untuk mengatasi penyebab haid tidak lancar ini, dapat dimulai dengan memporsi aktivitas yang menjadi prioritas utama. Kurangii jika memungkinkan, hindari jika tida merepotkan.

5. Kehamilan

kehamilan via sehatfresh.com

Alasan paling umum dari siklus menstruasi yang tidak teratur dalam kelompok usia reproduksi berhubungan dengan kehamilan.

Jika periode haid terlewati, tes kehamilan menjadi sebuah keharusan.

Kadang-kadang kehamilan juga bisa terjadi pada pasien perimenopause (dekat menopause).
Sementara jika perdarahan melampaui batas waktu, bisa jadi tanda dari kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim).

Siklus yang tidak teratur juga merupakan tanda umum yang sering terjadi pasca kehamilan.
Sementara itu, pemberian ASI juga dapat menyebabkan waktu menstrusi Anda terhambat. Hal ini normal dan tidak menjadi masalah.

6. Gangguan Pada Organ Kandungan

Adanya kelainan pada organ kandungan (misalnya Myoma Uteri, Polip) juga bisa memberikan keluhan perdarahan di luar haid.

Hal ini bisa saja berimplikasi pada haid yang tidak normal, bahkan dapat membahayakan. Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gangguan ini.

7. Jamur atau Penyakit

Beberapa jenis penyakit bisa menjadi penyebab haid tidak lancar, di antaranya adalah kondisi kelainan rahim, kista, maupun diabetes.
Penyakit tersebut akan semakin memperburuk kondisi tubuh bilamana tidak diatasi sesegera mungkin.

Kunjungi dokter spesialis, jika penyebab lain tidak ditemukan saat menstruasi Anda tidak lancar. Karena bisa saja hal itu dipicu oleh penyakit tertentu.

Masalah siklus haid yang tidak teratur ini beberapa merupakan hal yang wajar terjadi. Namun beberapa juga disebabkan alasan medis. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi pada dokter mengenai siklus haid. Pemeriksaan rutin kesehatan rahim pun sebaiknya dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Alami Mengatsi Siklus Menstruasi Tidak Teratur 

Selain menghindari Penyebab Haid tidak lancar di atas, Anda juga dapat mengikuti beberapa tips alami berikut ini:

1. Jus wortel

jus wortel via acehimage.com

Minum ini secara teratur yang akan membantu untuk mengatur proses dan siklus menstruasi kembali teratus.

2. Jahe

jahe via hellosehat.com

Jahe dengan madu akan memudahkan anda menghindari siklus haid yang tidak teratur.

3. Makanan Sehat

makanan sehat via hellosehat.com

Memperhatikan makanan yang anda konsumsi sperti makanan yang kaya dengan protein seperti labu (labu pahit), pepaya, mentimun dll.

Buat kamu yang mengalami haid tidak lancar cobalah untuk berpikir positif, lebih bersikap santai dan jangan terlalu membebani diri dengan pikiran yang berat.

Lakulan Perbaikilah pola makan, usahakan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang yang menyehatkan dan yang terakhir Lakukanlah olahraga secara teratur agar metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.
Top