Faktor Penyebab Darah Tinggi yang Tiba-tiba Naik Drastis dan Cara Mengatasinya

Komentar
Darah tinggi via slideserve.com

Kenali penyebab darah tinggi naik dan cara mengatasinya. Banyak orang yang terkena darah tinggi, namun mereka tidak tahu penyebabnya, sehingga mereka tahu ketika darahnya sudah naik drastis.

Faktor Penyebab Darah Tinggi Dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami menjadi fenomena tersendiri yang kini banyak muncul. Hipertensi atau darah tinggi adalah penyakit yang menyerang banyak orang. Faktor dari penyebab tekanan darah tinggi hipertensi menjadi sebuah peringatan dini terhadap kewaspadaan serangan yang bisa muncul secara mendadak. Kenali penyebab darah tinggi naik dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Darah Tinggi Dan Penyembuhannya Dengan Cara Alami yang bisa dilakukan oleh setiap individu karena setiap tekanan darah meningkat tidak muncul tiba tiba tanpa adanya penyebab, pada dasarnya penyebab darah tinggi terjadi karena banyak sekali faktor. Seperti yang diketahui penyebab darah tinggi naik salah satunya karena faktor pikiran.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya jika terus kita biarkan, oleh karena itu ketahui penyebab darah tinggi dan cara mengatasinya dengan bahan alami sebagai pertolongan pertama.

Ciri-ciri dan gejala tekanan darah tinggi:

Penderita hipertensi biasanya tidak menunjukkan ciri apapun atau hanya mengalami gejala ringan. Namun, darah tinggi yang parah mungkin menyebabkan:
  1. Sakit kepala parah
  2. Pusing
  3. Penglihatan buram
  4. Mual
  5. Telinga berdenging
  6. Kebingungan
  7. Detak jantung tak teratur
  8. Kelelahan
  9. Nyeri dada
  10. Sulit bernapas
  11. Darah dalam urin
  12. Sensasi berdetak di dada, leher, atau telinga.



Penyebab darah tinggi via hellosehat.com

Penyebab Darah Tinggi:

1. Usia

Pertambahan usia adalah salah satu faktor pemicu tekanan darah tinggi. Artinya, semakin tua seseorang maka kemungkinan mengalami hipertensi pun semakin tinggi. Hal ini terjadi karena pembuluh darah cenderung mengalami pengerasan di usia tua.

2. Obesitas

Kelebihan berat badan alias obesitas bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Karena lemak yang bertumpuk pada tubuh akan mengganggu sirkulasi darah. Sebuah penelitian mengenai obesitas dan hipertensi pernah dilakukan dan melibatkan 100 ribu anak berusia 3-27 tahun.
Dari penelitian ditemukan bahwa anak dan remaja yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami  hipertensi dibanding mereka yang memiliki berat badan normal. Maka perlu untuk memastikan bobot tubuh tidak berlebihan agar terhindar dari tekanan darah tinggi.

3. Sensitif Terhadap Garam

Sejumlah ahli lewat berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi terlalu banyak garam bisa memicu hipertensi. Namun, tingkat sensitivitas terhadap garam biasanya berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Bisa jadi, penyebab tekanan darah seseorang naik secara drastis adalah karena ia sangat  sensitif dengan garam. Jika ini terjadi, maka penting untuk membatasi konsumsi garam yang masuk dalam tubuh.

4. Alkohol

Kebiasaan mengonsumsi alkohol ternyata tak hanya berbahaya bagi kesehatan seputar perut, namun juga bisa mengganggu tekanan darah. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah seseorang hingga dua kali lipat.

5. Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi tidak dianjurkan pada wanita yang memiliki riwayat hipertensi. Hal ini karena kontrasepsi biasanya mengandung hormon estrogen atau kombinasi dengan hormon estrogen, yang dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Sebuah penelitian menyebut pemakaian kontrasepsi seperti pil KB atau kontrasepsi oral lainnya memiliki risiko lebih besar dalam meningkatkan tekanan darah tinggi.

Sayangnya, naiknya tekanan darah tinggi sering tidak disadari sehingga menimbulkan dampak berbahaya. Kurang kesadaran dan pola hidup yang tidak sehat bisa menjadi penyebab darah tinggi naik drastis.

Untuk itu, jika telah mulai merasa gejala seperti lemas dan sakit kepala, segera cek tekanan darah kau. Bila tekanan darah sudah hampir selalu melebihi 120 mmHg pada tekanan sistolik dan lebih dari 80 mmHg pada diastolik, maka sudah saatnya untuk memperbaiki pola hidup. Sehingga kemungkinan hipertensi pun dapat dicegah.


Mengatasi darah tinggi via deherba.com

Cara Mengatasi Darah Tinggi dengan Bahan Alami:

Terdapat sejumlah ramuan alami, untuk mengatasi tekanan darah tinggi seperti berikut :

1. Bawang Putih

  • Bahan : Bawang putih dikupas kulitnya sebanyak 2 biji
  • Cara pemakaian : Bawang putih dikunyah sampai halus lalu ditelan dan minum air hangat sebanyak 1 cangkir. Lakukan 3 kali sehari.

2. Buah mengkudu

  • Bahan : Buah mengkudu telah masak 2 buah
  • Cara pemakaian : Buah dicuci bersih kemudian diparut lalu peras dan saring airnya untuk diminum lakukan 2-3 kali sehari.
  • Catatan : Cara mengatasi darah tinggi yang disertai kencing manis sangat cocok memakai resep ini.

3. Bunga dan Daun Jeruk Nipis

  • Bahan : Bunga jeruk nipis sebanyak 20 kuntum, Bunga jeruk nipis sebanyak 2 kuntum, Daun jeruk nipis sebanyak 30 kuntum
  • Cara pemakaian : Bahan-bahan tersebut dicuci kemudian dipotong-potong sesuai kebutuhan. Masukkan kedalam panci dan rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 seperempat gelas. Setelah dingin lalu disaring dan dibagi 3 untuk diminum. Bisa ditambahkan sedikit madu dan lakukan setiap hari.

4. Pisang

  • Bahan : Pisang sebanyak 3-5 buah
  • Cara pemakaian : Dimakan sebagai buah segar
  • Catatan : Jenis pisang yang memiliki khasiat sebagai  makanan penurun darah tinggi adalah musa basyoo sieb dan musa sapientum L. buah ini digunakan untuk mengurangi pengerasan yang terjadi pada pembuluh darah.

5. Daun meniran

  • Bahan : Daun meniran seperempat genggam
  • Cara pemakaian : Daun dicuci sampai bersih kemudian digiling sampai halus. Tambah setengah cangkir air matang dan saring, lalu airnya diminum. Hal ini dapat melakukan 2 sampai 3 kali dalam sehari
  • Catatan : Cara mengatasi darah tinggi yang disertai pembengkakan kaki dianjurkan dengan resep ini. Namun jika terlalu banyak menggunakan meniran akan menyebabkan lemah syahwat.

6. Mentimun

  • Bahan : Buah mentimun 2 buah
  • Cara pemakaian : Buah sehat ini, dicuci sampai bersih kemudian diparut. Lalu diperas dan disaring airnya diminum, lakukan 2-3 kali sehari.

7. Daun pegagan

  • Bahan : Daun pegagan sebanyak 20 lembar
  • Cara pemakaian : Daun telah dicuci sampai bersih, kemudian masukkan kedalam panci dan rebus dengan 3 gelas air. Sampai tersisa 2 seperempat gelas. Setelah dingin dapat disaring dan dibagi menjadi 3 untuk minum. Minum bisa dengan air gula secukupnya dan dapat dilakukan setiap hari.

8. Daun seledri

  • Bahan : Daun seledri utuh sebanyak 16 batang
  • Cara pemakaian : Seledri dicuci lalu dipotong-potong kasar, masukkan kedalam panci. Rebus dengan 2 gelas air putih sampai tersisa air rebusan sebanyak setengahnya. Kemudian air dibagi menjadi 2 dan diminum, seledrinya dimakan.

9. Belimbing Manis

  • Bahan : Buah belimbing manis yang telah masak sebanyak 2 buah
  • Cara pemakaian : Kunyah sehabis makan pada waktu pagi dan sore

10. Belimbing Wuluh

  • Bahan : Belimbing wuluh sebanyak 3 buah
  • Cara pemakaian : Buah belimbing wuluh dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya kemudian disaring dan dapat diminum setelah sarapan.
  • Catatan : Penderita hipertensi yang air kencingnya mengandung kristal oksalat tidak boleh memakai resep belimbing manis dan belimbing wuluh, karena belimbing mengandung asam oksalat. Jika penderita rentang mengalami asam lambung naik, dilarang memakai resep belimbing wuluh ini karena rasanya sangat asam.

11. Daun Alpukat

  • Bahan : Daun alpukat sebanyak 3 lembar
  • Cara pemakaian : Daun alpukat dicuci hingga bersih, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas setelah dingin diminum langsung semua
  • Catatan : Cara mengatasi hipertensi ini juga bisa ditambah dengan buahnya, yang dapat dimakan untuk mengobati kencing manis.

Nah, itulah Penyebab Darah Tinggi Naik Drastis dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami. Demikian informasi ini kami sampaikan semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya.
Top