Penyebab Cacar Air Pada Orang Dewasa dan Cara Mengobati Agar Tak Berbekas

Komentar

sehatfresh.com

Hampir semua orang dewasa yang pernah mengidap cacar air tidak akan tertular, penyebab cacar air ditandai dengan kemunculan ruam pada kulit sebagai gejala utamanya.

Orang dewasa juga bisa terserang penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini. Cacar air dewasa lebih mungkin terjadi pada wanita hamil dan orang yang kekebalan tubuhnya rendah.

Perawatan cacar air pada orang dewasa dan anak anak yang wajib anda ketahui, penyebab cacar air adalah sebuah infeksi virus yang bernama virus varicella zoster. Cacar air memang lebih sering terjadi pada anak-anak. Tapi, bukan berarti cacar air dewasa tidak bisa terjadi.

Bila tidak mendapatkan penanganan tepat, cacar air pada orang dewasa dapat menimbulkan komplikasi. Hal ini disebabkan penyakit cacar air pada orang dewasa memiliki tingkat keparahan yang lebih besar dibandingkan pada anak-anak.

Berikut ini kita akan membahas penyebab cacar air pada orang dewasa dan cara mengobatinya, mari kita simak bersama-sama...


gedubar.com

Cacar air atau jika secara medis disebut dengan varisela yang pada umumnya penyakit ini akan di derita oleh anak- anak yang memiliki usia di bawah 10 tahun. Akan tetapi, sebenarnya cacar air ini juga dapat menyerang orang dewasa dan biasanya gejala yang akan muncul lebih berat daripada gejala cacar air pada anak-anak. Dan penyakit cacar air ini adalah penyakit yang akan datang sekali dalam seumur hidup dan jika seseorang sudah pernah terkena sekali maka ia tidak akan bisa tertular cacar air dari orang lain.

Lalu apa saja penyebab cacar air pada orang dewasa, gejala cacar air yang dialami oleh orang dewasa, dan cara mengobatinya. Inilah penyebab cacar air pada orang dewasa beserta gejala dan cara mengobatinya.


Penyebab Cacar Air Pada Orang Dewasa:

1. Karena belum pernah terkena cacar air
2. Tidak menjaga kebersihan tubuh
3. Tidak menjaga kebersiahan dari lingkungan
4. Tidak melakukan vaksin
5. Terinfeksi virus cacar air


Gejala- gejala dari penyakit cacar air pada orang dewasa:

1. Bertambah parah jika digaruk

Untuk gejala yang pertama adalah cacar air ini akan semakin parah jika penderitanya menggaruknya. Banyak dari penderita yang tidak tahan dengan rasa gatal dari cacar air itu sendiri sehingga melanggar pantangan unuk tidak menggaruknya.

Kenapa cacar air akan tambah parah, karena jika di garuk akan membuat cairan cacar air akan pecah dan menyebar sehingga akan menambah jumlah bintil- bintilnya.

2. Nyeri dada

Untuk gejala cacar air pada orang dewasa memang akan lebih parah dari pada cacar air pada anak- anak. Karena gejala yang selanjutnya adalah penderita akan mengalami nyeri pada dada dan juga di sertai sesak nafas.

Untuk gejala ini memang akan dapat semakin parah jika pendrita cacar air ini memiliki riwayat anemia karena dapat terjadi komplikasi.

3. Urin sedikit

Untuk gejala yang selanjutnya adalah penderita akan mengalami urin yang keluar sedikit. Dan ini menandakan bahwa ginjal dari penderita cacar air ini mengalami masalah dan terganggu fungsinya.
Dan inilah yang mengakibatkan proses dari pengeluaran urin pun tidak dapat dengan maksimal. Dan inilah gejala dari komplikasi dari cacar air.

4. Urin berubah warna

Gejala yang selanjutnya adalah urin dari penderita akan mengalami perubahan warna dan perubahan warnanya pun seperti warna merah ataupun kuning keruh. Dan inilah salah satu dampak dari virus cacar air dan jika sudah seperti ini Anda harus segera memanggil doter untuk segera memeriksa keadaan Anda.

5. Batuk dan hidung berair

Untuk gejala yang selanjutnya adalah penderita akan mengalami flu dengan batuk dan juga higung yang juga berair. Karena tubuh terserang virus yang itu artinya tubuh pun akan banyak menerima virus yang masuk dan membuat penderita cacar air akan mengalami batuk dan juga hidung pun berair.

6. Kulit bengkak

Kemudian gejala yang selanjutnya adalah pendrita akan mengalami pembengkakan pada kulit. Kondisi yang satu ini di karenakan oleh virus dari cacar air yang sudah menyebar sehingga kulit penderita pun akan mengalami infeksi dan juga mengalami peradangan.

7. Kulit sakit jika tersentuh

Penderita juga akan merasakan sakit pada kulit dan ini adalah factor dari kulit yang mengalami pembengkakan. Karena bengkak yang ada pada kulit inilah sehingga kulit akan terasa sakit bahkan untuk di sentuh saja juga akan merasakan sakit.

8. Nafas berbunyi

Gejala yang berikutnya ini adalah penderita akan memiliki nafas yang akan berbunyi. Untuk kasus ini penderita ini memiliki gejala yang sangat mirip dengan ciri- ciri dari penderita penyakit asma. Ini di karenakan badan penderita akan demam sehingga paru- paru juga akan mengalami kesusahan pada saat mengambil nafas.

9. Leher yang mengeras

Kemudian penderita cacar air juga akan mengalami leher akan terasa keras dan juga kaku dan itu adanya meningitis yang ada di kepala. Kondisi ini di karenakan karena virus masuk ke kepala dan menyerang otot syaraf pada tulang belakang kepala.

10. Pingsan

Penderita juga akan mengalami pingsan karena virus yang sudah masuk ke dalam syaraf kepalanya.

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab cacar air pada orang dewasa dan gejala cacar air yang dialami orang dewasa, sekarang kita akan segera mengetahui cara mengobati cacar air pada orang dewasa, berikut cara mengobati cacar air.


go-dock.com

Cara Mengobati Cacar Air Pada Orang Dewasa:

  • Jangan menggaruk daerah kulit yang merah dan ruam. Menggaruk kulit hanya akan membuat kulit menjadi panas sehingga lebih baik jika diberikan salep untuk meringankan rasa gatal dan panas.
  • Jangan memencet atau menggaruk benjolan kecil yang sudah menjadi cacar. Hal ini untuk mengurangi resiko infeksi, penyebaran cacar ke orang lain dan bekas cacar yang tidak bisa hilang.
  • Sebaiknya potong kuku agar tidak menyebabkan luka atau infeksi pada cacar air saat tidak sengaja menggaruk bekas luka.
  • Gunakan sarung tangan dan pakaian yang tertutup agar cacar air segera bisa keluar.
  • Penderita juga bisa mandi air soda untuk mengurangi rasa gatal. Campur sedikit baking soda dalam air mandi dan gunakan untuk mandi.
  • Dilarang untuk memberikan obat sakit kepala karena bisa menyebabkan demam dan sakit yang lebih serius.
  • Gunakan pelembab pada kulit agar kulit yang terkena cacar tidak terlalu kering. Biasanya dokter akan memberikan pelembab berupa salep.
  • Gunakan pakaian yang ringan dan tidak membuat kulit menjadi lebih gatal atau panas.
  • Berikan makanan yang lembut dan hangat agar penderita cacar air tetap nyaman dan tubuh tidak terlalu lemah.
  • Pada beberapa kondisi tertentu perawatan cacar air membutuhkan beberapa jenis obat-obatan yang hanya bisa diberikan oleh dokter. Biasanya ibu hamil, orang lanjut usia dan bayi memerlukan perawatan di rumah sakit.
Itulah Penyebab Cacar Air beserta Gejala dan Cara Mengobati Cacar Air Pada Orang Dewasa. Semoga bisa bermanfaat dan sangat membantu bagi Anda yang telah membaca artikel ini.
Top