Ngeri! Inilah 5 Penyakit Kulit Langka di Dunia

Komentar

penyakit kulit via obatantibiotik.com

Dalam istilah dermatologi, dikenal beberapa kelainan genetis langka yang mengakibatkan kulit mengalami deformitas fisik. Berbagi informasi penyakit kulit aneh ataupun langka di dunia. Inilah beberapa penyakit kulit langka dan aneh yang ada di dunia.

Sebagian besar orang tentunya pernah mendengar mengenai penyakit jamur, kudis/kurap/kadas, panu, dan sebagainya. Reaksi alergi pada kulit yang dapat menyerang kapan saja dan siapa saja tentu akan menganggu kenyamanan dan penampilan.

Bahkan pada beberapa kasus alergi kulit dan penyakit kulit dapat terjadi secara permanen. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata di dunia ini terdapat beberapa macam penyakit kulit langka yang jarang dijumpai?

Seperti psoriasis, penyakit kulityang dapat terjadi di beberapa bagian tubuh menghasilkan kerak atau plak dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penyembuhannya. Di bawah ini Anda dapat melihat 5 jenis penyakit kulit paling langka di dunia.

Baca Juga : Menantu Hatta Rajasa Meninggal Karena Kanker Kulit, Berikut 6 Ciri Penyakit ini

1. Argyria

agryria via reportshealthcare.com

Orang yang bekerja di penyulingan, pemurnian atau pertambangan perak, biasanya akan mengalami kondisi kulit yang disebut dengan Argyria. Kontak kulit dengan perak yang terlalu lama, akan merubah warna kulit menjadi biru atau abu-abu.

Menurut Medscape, argyria dapat diobati dengan depigmentasi, tapi cara tersebut masih kurang efektif. Agar terhindar dari kondisi tersebut, para pekerja disarankan untuk menggunakan tabir surya sebelum bekerja.

2. Morgellons

morgellons via sfgate.com

Jenis penyakit kulit satu ini tergolong misterius. Sebab, rasa gatal dan luka pada kulit terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui asal muasalnya.

Studi 2012 terkait morgellons, tidak menghasilkan jawaban dan penjelasan apa sebenarnya penyebab dari penyakit kulit ini. Bahkan banyak dokter percaya kemungkinan besar kondisi ini terjadi akibat kondisi kejiwaan.

Puluhan laporan mengalami gejala-gejala yang meliputi gatal, sensasi gigitan dan menyengat pada kulit; lesi kulit, ruam atau luka; dan stres.

3. Protoporphyria erythropoietic

Protoporphyria erythropoietic via wikipedia.org

Jenis penyakit kulit yang dikenal dengan EPP adalah penyakit yang disebabkan oleh paparan cahaya. Pasien biasanya merasakan sensasi terbakar, kemerahan, dan pembengkakan. Mereka yang mengalami EPP harus melindungi permukaan kulit dari sinar matahari.

4. Blau syndrome

blau syndrome via wikipedia.org

Kondisi kulit yang langka ini ditandai dengan ruam kulit, radang sendi, dan bengkak di mata. Penyebab dari jenis penyakit ini terjadi karena mutasi genetik.

Biasanya individu yang mengalami blau syndrome ini memiliki cairan berlebih di sendi. Ironisnya, mereka tidak dapat disembuhkan.

5. Dermatografia

dermatografia via hipwee.com

Gangguan kulit yang satu ini memang sangat jarang, tetapi biasanya tidak membahayakan jiwa penderitanya. Pada dermatografia, penderitanya biasanya memiliki kulit yang sangat sensitif, di mana luka sekecil apapun dapat membuat kulit kemerahan dan bengkak. Penderita biasanya juga akan merasa gatal.

Sahabat kejadiananeh.com itulah beberapa contoh penyakit kulit aneh dan langka pada manusia yang sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya. Terdengar pesimis bila kita menganggap penyakit-penyakit langka tersebut mustahil untuk disembuhkan. Karena saya yakin, suatu hari nanti perkembangan dalam medis kedokteran akan segera menemukan pengobatannya.
Top