Pengertian Agama dan Asal-usul Agama Menurut Para Ahli

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 25 Jul 2018


Pengertian Agama dan Asal-usul Agama Menurut Para AhliAgama via pendoe.blogspot.com

Bacalah pengertian agama ini menurut para ahli, karena dengan membaca artikel ini maka pengetahuan kita bisa bertambah, serta kia menjadi tahu asal usul agama.

Dalam pengertian agama terdapat 3 unsur, ialah manusia, penghambaan dan Tuhan. 

Maka suatu paham atau ajaran yang mengandung ketiga unsur pokok yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Agama merupakan sebuah kepercayaan yang dianut oleh seseorang. 

Pengertian agama adalah sebuah ajaran atau sistem yang mengatur tata cara peribadatan kepada Tuhan dan hubungan antar manusia.

Agama, adalah sistem yang mengatur tata keimanan serta peribadatan kepada Tuhan. 

Agar lengkap mari kita simak pengertian agama menurut para ahli berikut.

Pengertian Agama

Secara Umum adalah setiap orang memiliki keyakinannya masing-masing. Keyakinan tersebut datang berdasarkan diri sendiri. Para pakar memiliki beragama pengertian agama. 

Secara etimologi, kata “agama” bukan berasal dari bahasa Arab, melainkan diambil dari istilah sansekerta. Unruk lebih lengkapnya mari kita baca bersama.


Pengertian Agama dan Asal-usul Agama Menurut Para AhliPengertian agama via youtube.com

Pengertian Agama

Para pakar memiliki beragama pengertian tentang agama. Secara etimologi, kata “agama” bukan berasal dari bahasa Arab, melainkan diambil dari istilah bahasa Sansekerta yang menunjuk pada sistem kepercayaan dalam Hinduisme dan Budhisme di India.

Agama terdiri dari kata “a” yang berarti “tidak”, dan “gama” berarti kacau. 

Dengan demikian, agama adalah sejenis peraturan yang menghindarkan manusia dari kekacauan, serta mengantarkan menusia menuju keteraturan dan ketertiban.

Agama adalah suatu aturan terorganisir yang terdiri dari kepercayaan, sistem budaya, serta pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan/perintah dari kehidupan. 

Beragam agama memiliki catatan, simbol, dan kesucian yang mana digunakan untuk menjelaskan makna dari hidup itu sendiri dan menjelaskan asal usul kehidupan, manusia dimasa yang lalu ataupun terciptanya alam semesta.

Dari keyakinan mereka tentang kosmos dan sifat manusia, setiap orang memperoleh moralitas, etika, hukum agama atau gaya hidup yang disukai. 

Menurut beberapa perkiraan, ada sekitar 4.200 an agama di dunia.Tapi agama yang terkenal di Indonesia cuma ada 6 agama yaitu: Islam, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Asal-usul Agama

Terbentuknya suatu Agama (Kristen, Yahudi, dan Islam) memiliki sejarah atau asal usul yang sama yaitu dari asal usul Bangsa Semit.

"Bangsa Semit berasal dari Jazirah Arab". Kata Arab yang pertama kali muncul pada abad ke-9 sebelum masehi. 

Bangsa Arab tidak semua terdiri oleh orang-orang Islam, tapi juga ada orang Kristen dan orang Yahudi. 

Beberapa buktinya adalah adanya perabadan Nabath yang didirikan oleh bangsa Arab beragama Kristen.

Kristen, Yahudi, dan Islam mempunyai latar belakang yang sama, dapat dibuktikan dari adanya Kitab Agama Islam, Kitab Agama Kristen (Perjanjian lama), ditulis dalam suatu rumpunan yang sama yaitu dari bahasa Semit. 

Salah satu isi dari perjanjian lama kata "Tuhan" yang mempunyai arti yang sama dengan kata "Allah" yang di maksud oleh kaum Muslim (kata "Allah" berarti Tuhan).

Bangsa Indo - Eropa percaya ada banyak Dewa pada masa itu. Sementara Bangsa Semit juga menjadikan ciri khas Bangsa Semit disatukan dengan kepercayaan satu Tuhan (Monoteisme). 

Agama Islam, Yahudi, dan Kristen mempunyai gagasan dasar yang sama yaitu percaya kepada satu Tuhan (Monoteisme).

Bangsa Semit mempunyai pandangan yang Linier terhadap sejarah, seperti sebuah garis lurus dimana garis itu merupakan lambangan terciptanya Dunia adalah awal dari kehidupan dan kiamat sebagai akhir dari kehidupan.

Di Zaman sekarang kota jerusalem adalah kota yang dianggap penting bagi ketiga agama tersebut. ini juga merupakan suatu bukti bahwa ketiga agama tersebut berasal dari satu asal yang sama. 

Di kota jerusalem tersebut terdapat berbagai Sinagog (Yahudi), Greja ( Kristen), dan juga Mesjid (Islam) yang terkemuka atau terkenal.

Oleh karena itu sungguh disayangkan bahwa kota jerusalem menjadi tempat sumber pertikaian dimana semua orang saling membunuh satu dengan yang lain serta berlomba-lomba untuk memperebutkan kota bersejarah ini. 

Agar lebih lengkap mari kita baca pengertian agama menurut para ahli.

Pengertian Agama dan Asal-usul Agama Menurut Para AhliPerbedaan via bibil-bil.blogspot.com

Pengertian Agama Menurut Para Ahli 

1. Prof Dr.m. Drikarya

Agama adalah suatu kenyakinan karena adanya kekuatan supranatural yang mengatur serta menciptakan alam dan seisinya.

2. Émile Durkheim

Agama adalah suatu sistem yang terdiri dari kepercayaan serta praktik yang memiliki keterhubungan dengan hal yang suci dan juga menyatukan semua penganutnya dalam suatu komunitas moral yang di sering disebut dengan umat.

3. H. Moenawar Chalil

Agama adalah perlibatan tingkah laku manusia dalam melakukan hubungan dengan kekuatan supranatural sebagai konsekuensi atas pengakuannya.

4. Jappy Pellokild

Agama adalah percaya dengan adanya tuhan yang maha esa serta mempercayai hukum-hukumnya

5. Hendro Puspito

Agama adalah suatu sistem nilai yang mengatur hubungan antara manusia dengan alam semesta yang memiliki keterkaitan dengan keyakinan.

6. KBBI

Agama adalah suatu sistem yang mengatur semua tata keimanan atau kepercayaan dan peribadatan hanya kepada Tuhan yang maha kuasa beserta kaidahnya-kaidahnya yang berkaitan dengan pergaulan manusia.

7. Luckmann

Agama adalah suatu kemampuan organisme yang dimiliki oleh manusia agar mampu untuk mengangkat alam biologisnya, dapat dilakukan melalui cara pembentukan alam-alam maknawi yang objektif, dan mempunyai daya ikat moral serta melingkupi.

8. Anthony F.C . Wallace

Agama adalah suatu perangkat upacara yang diberikan rasionalisasi melalui adanya mitos dan juga menggerakkan sebuah kekuatan supranatural dengan maksud agar mampu tercapai perubahan kondisi pada alam dan manusia.

9. Parsons dan Bellah

Agama adalah suatu tingkatan yang paling tinggi dan paling umum dari kebudayaan manusia.

Pengertian Agama dan Asal-usul Agama Menurut Para AhliAsal usul agama via mudanews.com

Baiklah, dengan demikian maka selesai sudah pembahasan kita mengenai arti atau pengertian agama dan asal-usul agama, semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan bisa bermanfaat bagi Anda.

SHARE ARTIKEL