25 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar, Tertarik? No 25 Sangat Menarik

Komentar

peluang usaha via goukm.id

Hari-hari ini di tengah tren kenaikan harga kebutuhan barang-barang, mengandalkan gaji bulanan semata rasa-rasanya semakin tidak memadai.

Apa kamu, sedang cari peluang usaha kekinian biar enggak bergantung pada gaji bulanan? Coba saja merintis peluang usaha kekinian yang cocok tahun 2018.

Daftar peluang usaha yang menjanjikan 2018 ini luar biasa. Anda tinggal pilih mana yang cocok sesuai kemampuan atau bahkan hobby Anda. Rintis mulai sekarang sebelum terlambat.

Sebetulnya, cukup beruntung pada kemajuan teknologi seperti internet yang memberi banyak kemudahan, termasuk dalam mencari peluang usaha kekinian yang prospektif. Anda bisa meriset dan mencari tahu lebih banyak peluang-peluang usaha yang sekiranya menjanjikan.

Jangan terjebak dalam anggapan bahwa sebuah bisnis hanya bisa berjalan ketika diawali modal yang besar. Di bawah ini adalah peluang usaha rumahan modal kecil.

Selama bisnis dikelola dengan baik, maka peluang usaha yang semula hanya coba-coba bisa menjadi pekerjaan utama dengan penghasilan luar biasa.

Inilah 25 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Beberapa peluang usaha yang bisa kamu coba jalankan supaya penghasilan enggak cuma bergantung pada gaji bulanan saja:

1. Air Minum Isi Ulang

ilustrasi air minum isi ulang

Anda bisa memanfaatkan salah satu ruangan di area rumah untuk membuka bisnis air minum isi ulang.

Usaha ini menjanjikan karena banyak orang yang lebih tertarik pada hal ‘serba praktis’ termasuk air minum kemasan atau isi ulang dibandingkan dengan memasak air sendiri yang pasti menambah pekerjaan mereka.

Bisnis air minum isi ulang menjadi salah satu usaha menjanjikan karena kebutuhan air bersih di beberapa tempat terus mengalami penurunan.

2. Katering Harian

Padatnya aktivitas sehari-hari seseorang membuka peluang bagi penyedia jasa katering harian untuk memenuhi kebutuhan makanan pelanggannya.

Di samping waktu yang terbatas, mahalnya harga makanan di luaran sana juga menjadi alasan katering harian semakin diminati, baik oleh perseorangan, keluarga, hingga perusahaan yang memfasilitasi makanan untuk karyawannya.

Jika Anda gemar memasak dan bisa menyajikan makanan bercita rasa dengan olahan menu variatif, maka Anda boleh mempertimbangkan untuk membuka usaha katering.

Selain tidak membutuhkan modal besar, usaha katering harian berpotensi untuk berkembang menjadi penyedia makanan katering di acara-acara besar.

3. Laundry Kiloan

Mencuci baju bukanlah pekerjaan yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Selain karena memakan waktu, mencuci juga memerlukan tenaga untuk mengerjakannya.

Apakah ini peluang? Tentu saja! Anda bisa menjadi solusi kepada mereka yang ‘tidak sempat’ mencuci dengan memberikan layanan jasa laundry kiloan.

Jika lokasi rumah Anda berada di posisi strategis, misalnya dekat dengan kampus, perumahan atau apartemen, maka peluang usaha ini sangatlah menjanjikan apalagi di musim penghujan.

4. Konter Pulsa dan Paket Internet

ilustrasi usaha konter pulsa via pontianakpost.co.id

Smartphone telah menjadi kebutuhan hidup di zaman modern saat ini. Selain sebagai alat komunikasi, juga menjadi gaya hidup dan gerbang informasi yang luas dan mudah diakses.

Karenanya, peluang usaha untuk menjual pulsa dan kuota internet menjadi angin segar yang menggiurkan. Apalagi bisnis pulsa dan kuota bisa bekerja sama dengan provider di Indonesia.

5. Penjahit Pakaian

Salah satu usaha yang tidak mengalami pasang surut dalam dunia bisnis adalah penjahit, karena kebutuhan akan pakaian sangat tinggi seiring dengan perkembangan fashion yang selalu mengalami perubahan.

Dengan bermodalkan keahlian dan keterampilan dalam menjahit dan desain, usaha ini memiliki prospek cerah di masa depan.

6. Snack Kemasan

Siapa sih yang tidak kenal makanan ringan olahan singkong atau disebut ‘keripik’ dengan level pedasnya? Pasti Anda tidak asing lagi ‘kan mendengarnya?

Itulah salah satu contoh pengusaha muda sukses yang menekuni usaha snack kemasan.

Walaupun awalnya meragukan karena banyak produk serupa yang telah dipasarkan lebih dulu, tapi selama Anda cerdik dan bisa menggali kreativitas berbisnis, maka peluang gemilang dalam usaha snack kemasan bisa Anda raih.

Caranya? Selain menawarkan cita rasa variatif, Anda juga bisa mengeksplor kreativitas dari kemasannya yang menarik perhatian konsumen dan memiliki nilai jual lebih.

Tak jarang snack kemasan berpenampilan ‘cantik’ menjadi buah tangan dan makanan ciri khas daerah tersebut.

So, jangan takut untuk mengawali usaha snack kemasan karena selama masyarakat Indonesia masih hobi ‘ngemil’ maka peluang bisnis tersebut terus mengalami perkembangan.

7. Jasa Potong Rambut

ilustrasi jasa potong rambut via caragigih.id

Selama rambut manusia masih tumbuh di kepala, maka jasa potong rambut tidak akan pernah mati.

Pasalnya, peluang usaha ini memberi keuntungan menjanjikan terutama bagi Anda yang memiliki keahlian menata rambut, menjadi nilai tambah untuk mengembangkan prospek bisnis.

Saat ini, banyak berkembang jasa potong rambut khusus anak-anak. Dengan mendesain area tempat potong rambut menjadi lebih ‘menggemaskan’, berpotensi meningkatkan nilai keuntungan yang jauh lebih tinggi dan tentunya sesuai harapan.

8. Usaha Dropship

Mengulas dari Idntrepreneur.com, apakah Anda ingin membuka usaha yang bisa menawarkan berbagai produk kepada konsumen? Pilihlah usaha dropship.

Saat ini semakin banyak supplier yang membuka peluang usaha melalui dropship karena Anda bisa menjual produk supplier tanpa harus mempunyai stok barang dan mengurus pengiriman sendiri. Tentunya, supplier tersebut sudah bekerja sama dengan Anda ya.

Meskipun rata-rata keuntungan dropship lebih kecil dibandingkan reseller, namun jika Anda mampu menjual barang di angka yang besar, maka bisnis dropship dapat menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan.

Selain tidak memerlukan stok barang, usaha dropship dapat dijalankan di mana saja dengan memanfaatkan online marketplace, media sosial, aplikasi chat, dan website.

9. Penulis Online

ilustrasi penulis online via juridicamarketing.jusbrasil.com.br

Usaha yang tidak memerlukan modal besar selanjutnya adalah menjual jasa sebagai penulis artikel online.

Modal utamanya yaitu keterampilan dalam menulis artikel yang unik dan mampu menarik minat pembaca atau pemilik website yang bersangkutan.

Selain perorangan, saat ini juga banyak bisnis dan perusahaan yang mencari jasa tersebut seiring perkembangan internet sebagai gerbang informasi maka semakin tinggi pula kebutuhan konten yang berkualitas.

10. Pembuatan Website

Selain menjadi penulis online, jasa pembuatan website bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membuka usaha bermodal kecil.

Hanya saja, rata-rata orang yang menekuni profesi ini adalah mereka yang menguasai bidang pemrograman.

Selain menjadi bagian dari identitas bisnis dan perusahaan untuk memperkenalkan image-nya ke khalayak umum, keberadaan website di era teknologi juga sebagai sarana pemasaran produk untuk menjangkau masyarakat secara luas.

Karenanya, daya kreativitas untuk mendesain website juga dipertaruhkan dalam bisnis ini karena bagaimanapun juga desain menjadi modal agar menarik banyak jaringan dan relasi untuk berkerja sama baik secara perorangan ataupun atas nama bisnis dan perusahaan.

11. Pencucian Kendaraan Bermotor

ilustrasi cuci motor via usahasampingan01.blogspot.com

Bermodalkan mesin kompresor atau selang air dan sabun, Anda sudah bisa membuka usaha pencucian kendaraan bermotor.

Apalagi jika lokasi rumah Anda berada di posisi strategis salah satunya pinggir jalan raya maka usaha ini memiliki prospek yang menggiurkan.

Selain melayani jasa pencucian kendaraan bermotor, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka usaha lain seperti menyediakan makanan dan minuman ringan sehingga para konsumen tidak merasa bosan saat menunggu kendaraannya sedang dicuci.

12. Youtuber

Jadi youtuber? Why not? Jika Anda memiliki ketertarikan untuk membuat video yang sifatnya menghibur, informatif, atau mengedukasi, tidak ada salahnya Anda mengambil langkah menjadi seorang youtuber.

Walaupun tidak ada jaminan sukses, jika channel youtube yang Anda miliki secara konsisten diisi dengan video menarik, tentu Anda memiliki potensi besar untuk menghasilkan pendapatan yang luar biasa.

Faktanya, bintang youtuber di Amerika Serikat saja mempunyai penghasilan sampai puluhan juta dolar AS pertahun. Menggiurkan bukan?

Jika Anda mempunyai hobi membuat video menarik, salurkan hobi Anda menjadi youtuber, dan nikmati keuntungan dari hobi yang dibayar.

13. Jasa Manajemen Media Sosial

ilustrasi jasa manajemen media soaial via kekitaan.com

Siapa yang saat ini tidak mengetahui media sosial? Hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki akun media sosial, bahkan tidak hanya satu tapi beberapa.

Tercatat saat ini terdapat 1,97 miliar pengguna aktif Facebook di seluruh dunia, dan di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 88 juta orang pengguna Facebook.

Dengan besarnya jumlah pengguna tersebut, media sosial menjadi salah satu media yang efektif untuk melakukan marketing. Terlebih jika Anda memiliki pengalaman dalam membuat kampanye marketing media sosial yang sukses,

Itulah celah Anda untuk meraih keuntungan dengan memberikan jasa manajemen media sosial baik kepada berbagai organisasi, perusahaan, atau bahkan publik figur.

14. Agen Pembayaran Resmi atau PPOB

Peluang usaha rumahan yang juga menjanjikan keuntungan adalah menjadi agen pembayaran resmi atau PPOB yaitu Payment Point Online Banking.

Tidak hanya melayani pembayaran tagihan listrik, Anda bisa memfasilitasi masyarakat untuk melakukan proses pembayaran seperti yang banyak dilakukan saat ini.

Misalnya pembayaran tagihan PDAM, TV berlangganan, kredit, tagihan telepon rumah dan internet, BPJS, hingga pembelian tiket Kereta Api.

Semua ini bisa Anda lakukan di rumah tanpa perlu menyewa toko atau tempat khusus.

Perlu diperhatikan, Anda tetap harus mempelajari dan memahami beberapa ketentuan yang telah diatur dalam membuka bisnis PPOB guna mengindari terjadinya modus-modus penipuan.

15. Jasa Service Elektronik

ilustrasi jasa service elektronik via kendariservicetv.blogspot.com

Barang rusak tidak selamanya harus diganti dengan yang baru ‘kan? Karenanya, jika Anda mempunyai keterampilan dalam memperbaiki barang khususnya elektronik, maka peluang usaha ini cocok untuk Anda tekuni!

Jika jasa service yang akan berikan ‘memuaskan’ konsumen, siap-siap Anda akan direkomendasikan ke banyak orang.

Walaupun jasa seperti ini banyak ditemui, tapi rata-rata masyarakat lebih percaya pada tempat yang direkomendasikan orang lain dibandingkan mencari sendiri. Sehingga, jika service Anda sesuai harapan, otomatis Anda akan mendapati banyak konsumen dan mengembangkan bisnis Anda.

16. Fotografer

Memiliki keahlian di bidang fotografi adalah peluang emas bagi Anda untuk mengawali usaha menjadi seorang fotografer, di mana jasa ini biasanya dibutuhkan oleh banyak bidang, misalnya fotografer produk/brand, fotografer untuk acara personal seperti pernikahan, maupun event besar lainnya.

Hanya bermodalkan kamera dan peralatan penunjang yang notabene bisa disewa, Anda bisa meraih keuntungan melalui keahlian yang Anda miliki.

17. Guru Privat

Jika Anda memiliki kemampuan menguasai suatu mata pelajaran dan bisa mentransferkan ilmunya dengan baik kepada orang lain, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjadi guru privat.

Penghasilan sebagai guru privat yang berpengalaman dapat memberikan keuntungan cukup besar, kemudian Anda pun dapat mengembangkan pengalaman tersebut dengan merekrut calon guru privat pemula dan mengajari mereka cara mengajar yang baik serta mencarikan mereka murid.

18. Konsultan SEO

ilustrasi jasa konsultasi online via rcccgirls.wordpress.com

Saat ini banyak perusahaan atau bisnis yang mencari jasa Search Engine Optimization (SEO) berkualitas dan dapat diandalkan. Hal ini dikarenakan SEO memiliki peran yang berpengaruh besar dalam pemasaran online.

Jika Anda mempunyai rekam jejak yang cukup dalam meningkatkan peringkat suatu website di halaman pencarian Google, Anda dapat memberikan jasa konsultan SEO kepada mereka.

Namun, sebelum memulai bisnis jasa konsultan SEO, terlebih dulu Anda harus mempelajari aspek-aspek SEO dan membangun rekam jejak secara personal, salah satunya melalui  pembuatan blog dan meningkatkan peringkat blog Anda di search engine sebagai contoh hasil kerja Anda.

19. Jasa Pembukuan UMKM

Tidak sedikit para pengusaha UMKM yang mengabaikan pembukuan keuangan yang baik.

Salah satu sumber masalahnya terletak pada ketidakmampuan pengusaha UMKM untuk mempekerjakan pengawai keuangan secara khusus.

Jika Anda mempunyai pengetahuan dan keahlian di bidang pembukuan dan keuangan, Anda bisa memberikan jasa pembukuan untuk UMKM sebagai solusi dari masalah pengusaha UMKM tersebut.

20. Jasa Pengetikan

ilustrasi jasa pengetikan via aikonomi.com

Layanan jasa pengetikan adalah peluang bisnis yang besar apalagi jika Anda mempunyai lokasi di area kampus dan perkantoran.

Tidak hanya menawarkan jasa tersebut, bisnis pengetikan bisa ditunjang dengan penjualan perlengkapan ATK yang mendatangkan keuntungan besar.

21. Jasa Editing dan Proofreading

Layanan jasa ini termasuk jenis usaha yang banyak dibutuhkan. Selama tersedia tulisan untuk diperiksa dan dikoreksi, maka selalu ada permintaan untuk jasa editing dan proofreading.

Skripsi dan naskah buku hanyalah sebagian kecil dari contoh tulisan yang biasanya membutuhkan jasa editing dan proofreading.

Mempunyai latar belakang pendidikan di bidang bahasa atau jurnalistik dapat membantu Anda dalam menekuni jasa ini.

Akan tetapi, selama Anda mempunyai ketelitian dan tata bahasa yang baik, Anda tetap dapat menawarkan layanan jasa editing dan proofreading kepada mereka yang memerlukannya.

22. Penerjemah Bahasa

ilustrasi penerjemah bahasa via situspenerjemah.com

Semakin global dan terkoneksinya dunia maka kebutuhan akan jasa penerjemah semakin dibutuhkan.

Jika Anda menguasai dua atau tiga bahasa, maka kemampuan bahasa asing yang Anda miliki dapat menjadi sumber penghasilan menggiurkan.

23. Penulis Ebook

Kemas tulisan yang dituangkan dari pengetahuan Anda dalam sebuah ebook.

Ebook tersebut bisa memberikan manfaat kepada pembacanya dalam mempelajari keahlian baru, mengembangkan karier mereka, menyelesaikan suatu masalah dan bahkan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Agar sukses menjadi seorang penulis ebook, tidak cukup jika Anda hanya memiliki kemampuan menulis, tetapi perlu di dukung dengan kemampuan pemasaran online agar orang mengetahui dan membeli karya Anda.

24. Pembuatan Tanaman Artifisial

ilustrasi usaha tanaman artifisial via jualbungaplastik.com

Tanaman artifisial adalah salah satu dekorasi yang banyak digunakan di rumah, kantor atau untuk sebuah acara.

Terdapat pasar dan permintaan yang besar untuk bunga dan tanaman artifisial yang dibuat dengan baik dan berkualitas.

Jika Anda mempunyai perhatian terhadap detail, jiwa seni dan kreativitas yang tinggi, maka Anda dapat membuat dan menjual bunga serta tanaman artifisial tersebut dan menjadikannya usaha rumahan yang menguntungkan.

25. Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Memberikan perawatan kepada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

Banyak pemilik hewan peliharaan yang memilih untuk menyerahkan tugas tersebut kepada jasa perawatan hewan peliharaan yang profesional.

Usaha rumahan ini sangat cocok untuk Anda yang mencintai hewan peliharaan dan dapat memberikan perawatan yang baik kepada hewan peliharaan.

Sudah mantap dengan pilihan peluang usaha kamu? Jangan lupa untuk mempersiapkan modal peluang usahamu. Lakukan dengan konsisten dan sukses untuk kedepannya. Semoga bermanfaat.
Top